Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DEPAN > Kritik, Saran dan Pertanyaan
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 01-02-2014, 01:21 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Lightbulb Proyek Mimpi Kemudian

Permulaan
Katanya, semua berawal dari mimpi. Entahlah itu mimpi basah atau mimpi di siang bolong. Lalu katanya juga berani bermimpi itu baik. Setidaknya seseorang telah mencoba membuat suatu gambaran bagi kehidupannya sendiri. Melalui mimpi tersebut. Namun cara terbaik mewujudkan mimpi adalah bangun dari tidur. Kita bicara tahap demi tahap yang harus dilalui dengan mewujudkannya. Lalu tahap-tahap seperti apa?

Berawal dari aktivitas saya di forum, 2008 menjadi tahun pertama saya ditunjuk oleh Paduka Admin untuk menjawab berbagai pertanyaan Kemudianers. Itu yang menjadikan saya disebut sebagai moderator atau kerennya disingkat jadi momod. Tugas saya tak lebih sebagai orang yang memberikan jawaban, dengan maksud memberikan pengertian, atas beberapa masalah yang kerap dihadapi member Kemudian. Member bertanya atau melaporkan error yang mereka temukan di situs, maka saya memberikan jawaban atau solusinya. Beberapa permasalahan bisa saya atasi. Namun beberapa di antaranya harus menunggu Paduka Admin turun tangan. Hal-hal itu biasanya teknis, yang berkaitan dengan situs. Momod saya perankan sampai 2013. September, kalau nggak salah, saya memutuskan mundur dengan alasan pribadi.

_____________

Genapkan saja sebagai lima tahun yang menyenangkan bersama situs hijau ini, saya merasa menemukan rumah yang lain. Di situs ini saya berteman dengan banyak orang dengan ketertarikan yang sama, yakni dunia menulis. Kemudian.com juga membantu perkembangan menulis saya, dari yang biasa-biasa saja, menjadi lebih baik dari biasa-biasa saja. Saya mengakuinya. Lima tahun yang menyenangkan itu, saya lewati dengan interaksi yang cukup. Perlu diketahui menjadi moderator itu hanya membutuhkan akses internet dan ketertarikan di bidang itu. Namun fungsi saya sebagai momod rasanya bisa lebih baik lagi. Namun karena keterbatasan ruang-gerak, saya hanya bisa membantu via internet. Dari kamar kos saya di Medan, saya sebisa mungkin mendorong kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan situs ini. Salah satunya adalah lomba menulis. Maka di tahun-tahun terakhir, dengan bantuan beberapa Kemudianers sebagai penyelengara bahkan donatur, Kemudian mengadakan beberapa lomba menulis. Catatannya bisa dilihat di forum atau postingan saya. Itu merupakan program yang bisa saya (kita) lakukan. Saya sebut sebagai upaya mengembangkan situs ini menjadi komunitas penulis yang lebih menarik lagi. Kita bicara tahap-tahap mewujudkan mimpi. Berikutnya, ada Arisan Buku atau Kemudian Arisan yang digagas beberapa Kemudianers Jakarta. Kegiatan offline tersebut sudah berjalan beberapa kali, dengan saya juga menghadirinya. Sesungguhnya ada banyak model kegiatan, baik online maupun offline, bisa dilakukan. Namun tentu saja kita butuh lebih dari sekadar dukungan moral.

Kembali ke mimpi, saya punya mimpi dengan situs hijau ini. Sudah saya diskusikan dengan Paduka Admin via email, dan itu harus berlanjut. Dan karena ingin menuju tahap selanjutnya, saya memutuskan mencoba dari Yogyakarta, sebagai rumah situs kita. Mimpi saya adalah melihat situs Kemudian.com ini menjadi lebih besar. Katakanlah sebagai penerbit, toko buku, komunitas penulis yang membantu member-membernya dengan menerbitkan buku mereka, dan menjualnya. Apakah ini terbaca sebagai mimpi basah atau mimpi di siang bolong? Namun bila kita bicarakan itu, maka benarlah ini tentang membangun sebuah perusahaan. Tentu saja sebuah perusahaan membutuhkan elemen-elemen penunjang dan terlebih lagi dukungan dana yang tak sedikit. Untuk itulah saya perlu menyusun konsep ini dengan detil, bertahap, dan meyakinkan. Tahapan awal adalah mengadakan event menulis, membuatnya menjadi agenda rutin sepanjang tahun. Itu termasuk mengadakan seminar atau diskusi soal kepenulisan. Berikutnya adalah mengumpulkan tulisan-tulisan member, yang sebagai tahap awalnya adalah menerbitkan mereka dalam dua kategori, yakni antologi puisi dan kumpulan cerpen. Saya mengharapkan kehadiran produk berlabel Kemudian ini nantinya bisa mendongkrak popularitas situs. Keadaan tersebut akan menguntungkan untuk situs agar bisa berbenah dari posisinya sekarang. Tahap lanjut dari ide mengenalkan produk Kemudian ini adalah menjadi penerbit, atau setidaknya membantu Kemudianers menerbitkan karya-karyanya dalam bentuk buku cetak. Ini mimpi saya sejak menjadi momod. Saya ingin bangun.

Diskusi dengan Paduka Admin menyimpulkan bahwa situs kita butuh dana secara berkala. Saya tidak bilang banyak, tapi yang penting itu berkala. Jujur saja, bisa dibilang Kemudian ini tanpa iklan. Keberadaannya hingga kini adalah semata karena niat Paduka Admin dan keluarga besar Kemudian.com untuk tetap menjadikannya ada bagi orang-orang yang menggemari kegiatan menulis, bukan soal keuntungan materi. Namun ketika saya bicara soal mimpi tadi, maka tak pelak ada sejumlah rupiah yang harus dicari sumbernya demi mewujudkan itu. Karenanya, Paduka Admin menyarankan saya mengirimkan proposal demi proposal ke mana yang nantinya beliau tunjukkan. Inilah yang saya sebut tahap awal, dan berharap Kemudianers lainnya turut mendukung.

_____________

Awal 2014 ini, saya akan terlibat lebih jauh dengan Kemudian. Selain karena saya mencintai komunitas ini, saya juga ingin Kemudian.com menjadi lebih besar dari sekarang. Saya yakin akan hal itu. Dan bilapun saya ragu, saya ingin membuktikannya lebih dulu. Kini hingga nanti, saya akan tetap butuh masukan dan saran-saran dari Kemudianers. Maka, jangan sungkan. Kita bangun dari tidur. Mengenai proyek mimpi ini, akan segera saya kabarkan setelah menemui Paduka Admin.
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #2  
Old 01-02-2014, 03:57 PM
Reborn Initial Reborn Initial is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2012
Posts: 23
Default

Cemungudh Kak!
Reply With Quote
  #3  
Old 02-10-2015, 04:37 PM
2rfp 2rfp is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2013
Location: bandar lampung
Posts: 40
Default

idenya bagus kak shin, dan menurut saya banyak tulisan di kekom ini yang sangat layak jual. saya pikir juga member disini kebanyakan sudah jatuh cinta terlalu dalam terhadap kekom (termasuk saya) dan saya siap membantu kekom dengan apapun kemampuan yang saya miliki
__________________
http://ceritapass.wordpress.com
Reply With Quote
  #4  
Old 03-11-2015, 11:00 AM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by 2rfp View Post
idenya bagus kak shin, dan menurut saya banyak tulisan di kekom ini yang sangat layak jual. saya pikir juga member disini kebanyakan sudah jatuh cinta terlalu dalam terhadap kekom (termasuk saya) dan saya siap membantu kekom dengan apapun kemampuan yang saya miliki
ayok, selesein naskah kalo begitu
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #5  
Old 03-11-2015, 11:38 AM
2rfp 2rfp is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2013
Location: bandar lampung
Posts: 40
Default

naskah apa? klo naskah novel... hahaha stuck berat
__________________
http://ceritapass.wordpress.com
Reply With Quote
  #6  
Old 03-11-2015, 01:15 PM
-tHe NanNy- -tHe NanNy- is offline
Anak Muda
Join Date: May 2008
Location: Bandung, Jakarta
Posts: 2
Default

Lama tidak buka kners benar-benar bikin saya sedih, sepertinya cerita-cerita disini sudah habis digigit tikus kalau ditulis dikertas dan ditumpuk di rumah saya yang lama ditinggal, haha...

Betul! Semua berawal dari mimpi, dan mimpi yang menjadikan kita berani. Berani melangkah walau harus meninggalkan 'rumah'.

Kangen juga dengan komunitas kners. Semangat Shinichi. Saya dukung abis mimpinya...
__________________
-tHe NanNy-
Reply With Quote
  #7  
Old 03-14-2015, 07:16 PM
arsenal mania's Avatar
arsenal mania arsenal mania is offline
Anak Muda
Join Date: May 2008
Location: Jakarta
Posts: 275
Send a message via Yahoo to arsenal mania
Default

baiklah, gimana kalau saya mau bantu? ahahaha saya nggak tau sih apa ini ide bagus apa nggak, tapi buat saya ide yang lumayan bego. oke gini.

adakah orang yang punya /dianggap memiliki kapasitas lebih dalam menilai karya yang bagus? kalau iya, silahkan kumpulkan karyakarya keren dari para penulis tersebut (yang sudah dianggap keren oleh penilai yang ditunjuk atau terserah lah gimana caranya pokoknya gitu), kumpulkan. nanti saya pasang badan deh jalan ke penerbit yang kirakira mau menerbitkan.

dana hasil penjualan (atau dana apapun yang menguntungkan darinya), silahkan salurkan ke situs hijau ini.

gimana?
Reply With Quote
  #8  
Old 03-14-2015, 07:32 PM
arsenal mania's Avatar
arsenal mania arsenal mania is offline
Anak Muda
Join Date: May 2008
Location: Jakarta
Posts: 275
Send a message via Yahoo to arsenal mania
Default

oh iya, ada sih satu lagi alternatif dari saia, tapi nggak yakin bisa jalan apa nggak.

saya punya beberapa klien, yang memang memasarkan produk mereka lewat internet. lebih tepatnya lewat situssitus tertentu. mungkin saya bisa menawarkan ke mereka untuk pasang iklan di sini?

cuma ya itu tadi, saya bilang nggak yakin karena:
1. saya cuma designer, jarang berhubungan langsung dengan klien yg jabatannya tinggi, jadi untuk di approve, saia musti pasang badan sama muka lagi

2. saia nggak tau apakah akan ada yang approve, tapi kalau yang mulia admin (sembahsembah) setuju, saya akan coba. (soalnya banyak dari mereka mempertimbangkan hubungan situs sama iklan mereka)

3. kalau ternyata ada yang approve, plis banget, saya lepas ke yang mulia admin (sembahsembah) buat ngurus yang selanjutnya.


..............

ini cuma opsi, maaf kalau opsi ini salah sasaran atau melanggar aturan. intinya saya mau bantu dengan yang saya bisa.
(kalau rumah nggak dijaga, nggak dirawat, nggak di kembangkan, kalau runtuh kita mau lari ke mana?)

Last edited by arsenal mania; 03-14-2015 at 07:37 PM.
Reply With Quote
  #9  
Old 03-14-2015, 08:10 PM
d.a.y.e.u.h. d.a.y.e.u.h. is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2010
Location: Bandung
Posts: 69
Default

Quote:
Originally Posted by arsenal mania View Post
adakah orang yang punya /dianggap memiliki kapasitas lebih dalam menilai karya yang bagus? kalau iya, silahkan kumpulkan karyakarya keren dari para penulis tersebut (yang sudah dianggap keren oleh penilai yang ditunjuk atau terserah lah gimana caranya pokoknya gitu), kumpulkan. nanti saya pasang badan deh jalan ke penerbit yang kirakira mau menerbitkan.

dana hasil penjualan (atau dana apapun yang menguntungkan darinya), silahkan salurkan ke situs hijau ini.

gimana?
setuju. seingat saya, entah kapan shinichi pernah bilang di sini banyak karya yang layak dibukukan (iya, kan, bang?), tapi entah kenapa juga gagasan itu kurang bisa diterapkan

coba bayangin di toko buku ada Kompilasi Cerpen Terbaik Kemudian.com vol. I, vol. II, vol. III, dst.... hasil pilihan dari database sini.

belum lagi ada kumpulan cerpen khusus karangan member tertentu yang emang udah banyak banget penggemarnya, apalagi kalau bekennya bukan cuman di K.com. (bisa lah ingat beberapa nama....)
__________________
pencomel, pemungut, dan pengulik-kata
Reply With Quote
  #10  
Old 03-14-2015, 10:20 PM
kemalbarca's Avatar
kemalbarca kemalbarca is offline
Anak Muda
Join Date: Mar 2010
Location: Bandung
Posts: 61
Default

wah mau bikin kompilasi cerpen?
saya setuju!!
coba kumpulin aja dulu
__________________
Membaca tulisan saya dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan janin jika anda membacanya sambil merokok
Reply With Quote
Reply

Tags
2014, kemudian, mimpi, proyek

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 04:45 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.