Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Puisi
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #11  
Old 12-15-2009, 11:47 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by someonefromthesky View Post
Saya pikir bukannya tidak terikat oleh aturan. Tapi semacam 'aturan yg diciptakan utk dilanggar'.
Seorang pemberontak butuh peraturan supaya dirinya bisa jadi pemberontak (atau pembaharu) kan? Jadi aturan dan standar harus tetap ada.
Saia sukak niy sama konsep bahwa pemberontak musti bertemu sebuah aturan untuk dilanggar. Maka ia telah menjadi "pemberontak". Ummm...
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #12  
Old 12-16-2009, 05:30 AM
just_hammam's Avatar
just_hammam just_hammam is offline
Kisanak
Join Date: Jul 2008
Location: sementara di Palu
Posts: 877
Send a message via Yahoo to just_hammam
Default

gyahahaha...aku jg suka. pemikiran yg bagus...
__________________
dadio migunani tumraping liyan
visit Penerbit Ndok Asin
Reply With Quote
  #13  
Old 12-23-2009, 10:28 AM
Vee_Violet's Avatar
Vee_Violet Vee_Violet is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Posts: 17
Default

Ah, saya mah lebih suka jenis puisi baru karena bentuknya lebih bebas daripada puisi lama, baik dalam segi jumlah baris, suku kata, maupun rima.
Reply With Quote
  #14  
Old 12-27-2009, 07:51 PM
pikue's Avatar
pikue pikue is offline
Anak Muda
Join Date: Jun 2008
Posts: 4
Default

Boss ikut nimbrung yee..sekedar bersua..

emang banyak sech..jenis puisi, tapi untuk masa sekarang puisi bebas lebih banyak diminati. mungkin karena salah satu bentuk ekspresi dari diri..
walaupun dalam Puisi bebas jauh dari segi rima, irama, jumlah baris, dan majas..tp yang terpenting adalah makna dari puisi itu sendiri ato kata lainya isi or menceritakan apa sech puisi tersebut...percuma kalo da memenuhi kaida per-puisian tp ga da maknannya cuma kata-kata kosong aja...
hehehehe...
Reply With Quote
  #15  
Old 03-23-2010, 06:06 PM
Fany Ijo's Avatar
Fany Ijo Fany Ijo is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Posts: 92
Default

hmmm..
aku pribadi c sukanya buat puisi berima..
tapi kalo lagi gak mau banyak mikir ya amburadul deeh..
karena ngebuat puisi itu suatu kesenangan tersendiri, jadi kalo rimanya bisa pas itu kesannya lebih enak dibaca...
hehehehe..
cuma puisiku masih kurang mendalam kata2nya..*menilai sendiri*
ehhehe...
Reply With Quote
  #16  
Old 03-23-2010, 09:10 PM
herjuno's Avatar
herjuno herjuno is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2010
Location: Jogja
Posts: 459
Default

Hayah...gitu aja kok repot

Pegang aja prinsip licentia poetica, Kalau pada belum tahu licentia poetica gampangannya adalah semcam "hak" /kebebasan yang dimiliki penyair untuk mengungkapkan segala hal lewat tulisan tanpa terlalu memperhatikan kaidah bahasa yang baku. Awal mulanya sih dari konsep seni, di mana seorang seniman bebas mengekspresikan segala hal yang ingin ia utarakan tanpa terpaku kaidah seni (perspektif, warna, anatomi, deb.). Kalau buat penyair mungkin hal-hal itu sama dengan tatabahasa, makna kata, sintaksis, dsb.

Yah, kita kan tahu kalau hanya puisi lama-lah (kalau Indonesia zamannya Balai Pustaka, sedang kalau Inggris, sekitar zaman2 pertengahan gitu deh) yang terikat aturan baku. Bahasa harus tertentu (kadang arkaik), rima, makna, dsb. dsb. Kalau puisi kontemporer mah bebas aja. Mau nulis "abcdefghijklmn" itu juga bisa disebut puisi kalau yang membuat memang memberikan makna.

Licensia Poetica @ Wiki:
http://en.wikipedia.org/wiki/Licentia_poetica
__________________
"Scribo Ergo Sum"

I Write, Therefore I Am
Reply With Quote
  #17  
Old 03-24-2010, 09:52 AM
just_hammam's Avatar
just_hammam just_hammam is offline
Kisanak
Join Date: Jul 2008
Location: sementara di Palu
Posts: 877
Send a message via Yahoo to just_hammam
Default

Om juno contoh kamu salah karena licensia peotica-pun masih dalam lingkup bahasa. Artinya masih harus merupakan bahasa manusia...hehehe
__________________
dadio migunani tumraping liyan
visit Penerbit Ndok Asin
Reply With Quote
  #18  
Old 03-24-2010, 10:42 AM
d757439's Avatar
d757439 d757439 is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2008
Location: Pelukan ibu pertiwi
Posts: 237
Default

Http://Makloempoeck.blogspot.com/200...nis-puisi.html
__________________
senyum lebar....
Reply With Quote
  #19  
Old 03-24-2010, 10:45 AM
d757439's Avatar
d757439 d757439 is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2008
Location: Pelukan ibu pertiwi
Posts: 237
Default

Kalau puisi lama dibedakan dari jumlah baris, tatanan dan lainnya, puisi baru dibedakan dengan isinya, walau tak memiliki aturan, tapi masih memiliki ciri
__________________
senyum lebar....
Reply With Quote
  #20  
Old 03-24-2010, 12:17 PM
Fany Ijo's Avatar
Fany Ijo Fany Ijo is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Posts: 92
Default

Quote:
Originally Posted by d757439 View Post
Kalau puisi lama dibedakan dari jumlah baris, tatanan dan lainnya, puisi baru dibedakan dengan isinya, walau tak memiliki aturan, tapi masih memiliki ciri
wooo...
brati ak masuk nya puisi baru yg romance n elegi (mayoritas)..
tapi ak suka pake rima lho..
entah itu a-a-a-a ato a-b-a-b ato a-b-b-a ato a-a-b-b
sudahlah makin tak jelas aku ini..
hahahhaa
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 06:33 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.