Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Belajar Menulis
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #11  
Old 02-24-2012, 12:48 PM
Putra Mahkota Putra Mahkota is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2011
Posts: 746
Default

Quote:
Originally Posted by Kona View Post
Thanks buat sarannya. Saya juga banyak banyakin browsing, riset dan segala macam. Tapi memang yang paling bener sih, datang ke tempatnya langsung, katanya bisa mempermudah penggambaran latar dalam isi cerita kita. Ntar deh, kapan kapan kalau saya pergi ke Daegu. Doain yah!
Thanks buat sarannya. Selain mengunjungi tempat yang bersangkutan dan googling, melakukan riset dan sebagainya, ada yang punya saran lain?
tanya sama temen2 yang udah pernah pergi ke sana. Ke Paris, Jerman, Korea atau Jepang..biar ya..paling ngga, bisa tau gambarannya. Hehe
Reply With Quote
  #12  
Old 02-24-2012, 01:05 PM
red_rackham red_rackham is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2011
Posts: 56
Default

Heum....emang paling manteb klo sudah pernah ke tempatnya langsung dan merasakan seluruh settingnya dengan seluruh panca indra (+ ambil bergiga2 foto referensi selagi disana).

Klo referensinya sebuah desa di Korea, mau ga mau harus riset. Entah dgn googling atau nonton drama Korea yg ambil setting di pedesaan. Klo ga...well...bisa sedikit menganalogikan desa di Korea dgn desa di Indonesia (agak2 mirip, hanya di Korea lebih rapih, bersih dan canggih?).

Btw...fanfiction memangnya bisa diterbitkan di penerbit ya? Soalnya kan cerita yg kamu buat itu mengambil karakter/tema yg sudah diterbitkan terlebih dahulu (/ copyrighted) oleh orang lain (klo terbit beneran, bisa bermasalah loh). Kecuali semua karakternya diganti, rasanya fanfic sulit terbit sebagai buku di penerbit lokal (kecuali klo mau indie, itu beda cerita).
Reply With Quote
  #13  
Old 02-24-2012, 02:05 PM
Kona Kona is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2012
Location: Samarinda, Kalimantan Timur
Posts: 15
Default

Hahaha benar. Tapi rata rata teman saya pergi ke Seoul, bukan desanya --' Sepertinya saya memang harus banyak membaca buku buku traveling, menonton video, dan mengembangkan ide sendiri
Masalah penerbitan fanfiction, walupun formatnya fanfict, tapi kan cerita yang saya buat orisinil hasil pemikiran sendiri, bukan dari karya penjiplakan atau plagiat. Watak watak yang dimiliki tokohnya diciptakan sendiri, karakter mereka juga Terima kasih sarannya ) saya terbantu sekali!
Reply With Quote
  #14  
Old 02-24-2012, 03:25 PM
Sam_Riilme's Avatar
Sam_Riilme Sam_Riilme is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2010
Location: Place where I could sleep as much as I want
Posts: 187
Default

Quote:
Originally Posted by Kona View Post
Masalah penerbitan fanfiction, walupun formatnya fanfict, tapi kan cerita yang saya buat orisinil hasil pemikiran sendiri, bukan dari karya penjiplakan atau plagiat. Watak watak yang dimiliki tokohnya diciptakan sendiri, karakter mereka juga Terima kasih sarannya ) saya terbantu sekali!
Heh? Mananya yang fanfic kalo semua orisinil?
__________________

"Everything will work out somehow"

Reply With Quote
  #15  
Old 02-24-2012, 04:03 PM
Kona Kona is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2012
Location: Samarinda, Kalimantan Timur
Posts: 15
Default

Saya ngambil genre Fanfic buat Kpopers Penyuka Korean Pop, gak ngambil dari manga, game online Jepang, dsb. Kalau Fanfic yang saya ambil itu, saya awalnya memakai nama nama personil boyband Korea yang saya sukai, kemudian menceritakan bagaimana karakter mereka dan kisah mereka dalam kehidupan biasa, bukan sebagai artis, lengkap dengan kehidupan dan lika liku kisah cintanya Hehehe saya juga jadi ragu deh, apakah hal seperti ini masih bisa dibilang kategori fanfic apa bukan -__-
Reply With Quote
  #16  
Old 02-24-2012, 05:13 PM
herjuno's Avatar
herjuno herjuno is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2010
Location: Jogja
Posts: 459
Default

Masih. Kecuali kalau kamu mau ganti namanya.
.
Btw, Honey Money karangan Debbie juga terindikasi fanfic dari TVXQ, hanya saja memang ada penyesuaian di sana-sini.
__________________
"Scribo Ergo Sum"

I Write, Therefore I Am
Reply With Quote
  #17  
Old 02-24-2012, 05:26 PM
Kona Kona is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2012
Location: Samarinda, Kalimantan Timur
Posts: 15
Default

Nah, format seperti itulah yang saya maksudkan! #toss
Masalah nama, saya sudah mengantinya dengan nama biasa kok, cuma yah permasalahannya itu tadi, pada latar dan setting yang saya buat.
Nanti, kalau ada waktu, saya akan coba postkan Fanfict saya yang sudah saya edit menyesuaikan dengan bahasa metropop
Oya, mohon komentarnya untuk first post saya. Masih butuh komentar untuk memperbaiki tulisan saya yang masih jauh dari sempurna. Thanks before
Reply With Quote
  #18  
Old 02-24-2012, 06:10 PM
joan of arc joan of arc is offline
Anak Muda
Join Date: May 2009
Posts: 32
Default

saran yang lain?

ambil kisah fiksi dari daerah tempat tinggalmu? legenda2 lokal gak kalah kok, daripada menulis sesuatu yang nggak pernah kamu tahu "bla, bla, bla, bla... bla" nya hanya buat gaya2an sok Luar Negeri
Reply With Quote
  #19  
Old 02-24-2012, 08:03 PM
Rea_sekar Rea_sekar is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2011
Posts: 238
Default

saran yang lebih lain lagi?

pake setting yang murni fiksi. kota fiksi. negara fiksi. bahkan dunia fiksi pun boleh-boleh aja kalo dikau sanggup. imajinasi dikau gak kalah kok, daripada menulis sesuatu yang susah kamu tahu "bla, bla, bla, bla... bla" nya hanya buat gaya2an sok Dalam Negeri atau sok Luar Negeri

~,~

becanda ding. eh tapi saia gak becanda mengenai setting fiksi. kalo dikau emang sampe pengen nyoba bikin kota fiksi atau bahkan dunia fiksi, saia bersedia membantu
__________________
Remember:
RIDICULOUSLY
BIG
SIGNATURE

=

small d*ck
Reply With Quote
  #20  
Old 02-25-2012, 12:01 AM
dansou's Avatar
dansou dansou is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2011
Location: Solo
Posts: 138
Default

Quote:
Originally Posted by joan of arc View Post
saran yang lain?

ambil kisah fiksi dari daerah tempat tinggalmu? legenda2 lokal gak kalah kok, daripada menulis sesuatu yang nggak pernah kamu tahu "bla, bla, bla, bla... bla" nya hanya buat gaya2an sok Luar Negeri
Salah ya pake setting luar negeri?
__________________
Can't you see that I am the one who understands you?

You Belong With Me

Kunjungi cerita saya di sini
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 10:36 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.