Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Menerbitkan Buku
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 07-24-2009, 03:11 PM
Anosuke Sagara Anosuke Sagara is offline
Anak Muda
Join Date: Aug 2008
Posts: 4
Post Kriteria penerbit untuk Sebuah Naskah

Naskah buku merupakan tulang punggung penerbitan. Sumber naskah buku tidak hanya berasal dari kiriman penulis, tapi bisa melalui beberapa cara alternatif, di antaranya penerbit menyusun draft tema buku yang akan dia terbitkan lalu memesannya ke penulis. Bisa juga dengan mencari hasil kajian ilmiah seorang pakar di bidang tertentu untuk diterbitkan, atau penerbit mengadakan sayembara penulisan, yang terbaik nanti diterbitkan.

Meski demikian tidak sembarang naskah bisa langsung diterbitkan, semua harus memenuhi persyaratan. Siapa yang menentukan persyaratan tersebut? Ya penerbit yang bersangkutan, tentunya. Pertimbangan utama penerbit biasanya faktor bisnis. Jika dibukukan, apakah akan laku dijual? Karena bila penjualannya jeblok, bagaimana bisa menutupi biaya produksi? Tapi idealnya, penerbit juga harus memilki rasa tanggung jawab moral untuk mencerdaskan masyarakat, tidak hanya sekedar bisnis.

Berikut ini beberapa kriteria yang biasa dijadikan acuan oleh penerbit saat mempertimbangkan sebuah naskah buku:

1. Kebutuhan
Apakah buku ini memang dibutuhkan masyarakat? Jika ya, mengapa?

2. Konsumen Sasaran
Siapakah pembaca buku ini: anak-anak, pelajar, mahasiswa, umum, dewasa, orang tua, atau hanya kaum ibu saja?

3. Kisaran Jumlah Pembaca
Berapa kira-kira jumlah pasarnya? Untuk menentukannya tentu tidak mudah, tetapi untuk buku-buku tertentu jumlah pembacanya bisa dikira-kira. Misalnya buku pelajaran, karena yang menggunakannya adalah para pelajar pada jenjang pendidikan tertentu.

4. Isi Naskah
Apakah isi naskah tidak menyinggung masalah SARA (suku, ras, agama, dan antar golongan/adat istiadat), tidak menentang ideologi negara, sudah sesuaikah dengan tingkatan pembacanya?

5. Alur Penyajian
Apakah naskah ditulis dengan susunan yang runut, apakah bahasa yang digunakan mudah dipahami, apakah ilustrasi atau gambar yang ada sudah mendukung uraian?

6. Kompetitor
Apakah sudah ada buku lain yang menjadi saingan buku tersebut? Bila ada, apa kekurangan dan keunggulan naskah buku ini dibanding saingannya itu?

7. Up to date
Apakah isi atau tema buku ini tidak terlalu ketinggalan zaman? Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan mengamati daftar pustaka yang ada pada naskah.

8. Copy right
Apakah ada bagian yang dikutip dari buku/sumber lain? Penerbit harus jeli, jangan sampai dituntut di kemudian hari karena dituduh menerbitkan buku jiplakan. Biasanya yang paling sering ditemukan adalah penulis (biasanya penulis pemula) langsung mengkopas (copy paste) mentah-mentah teks dari internet, misalnya saja dari wikipedia atau blog. Bagaimana pun itu plagiat, dan penulis seharusnya tahu itu tidak dibenarkan.

9. Kelayakan terbit
Apakah naskah buku tersebut memang sudah cocok untuk diterbitkan oleh penerbit yang bersangkutan? Sejumlah penerbit dikenal memiliki idealisme dan image tertentu, misalnya hanya menerbitkan buku-buku sastra, islam, sains, agama, atau pelajaran sekolah.

10. Penulis
Meski kriteria ini disimpan terakhir, bukan berarti tidak penting. Malah terkadang pertanyaan yang mempertanyakan siapa penulisnya menjadi pertanyaan awal yang dilayangkan manajer penerbitan kepada editor yang mungusulkan pemrosesan naskah. Mengapa ini penting? Karena sama dengan kegiatan bisnis lainnya, bagaimanapun menerbitkan buku itu intinya berjualan. Kasarnya: bagaimana mungkin ada yang beli kalau penulisnya tidak dikenal orang? Dan adalah tugas berat seorang editor untuk meyakinkan atasannya kalau penulis naskah yang diusulkannya itu punya potensi besar, meski belum banyak dikenal orang.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat buat teman-teman yang sangat ingin naskahnya diterbitkan. Memang menulis naskah yang baik itu tidak mudah, dan akan semakin tidak mudah bila kita tidak memulainya. Mari kita sama-sama berjuang! ^_^

Last edited by Anosuke Sagara; 02-18-2010 at 11:12 PM. Reason: Poin 10 baru saya tambahkan. Sekarang insya Allah kriterianya sudah lengkap. Sorry baru kepikiran setelah dibaca-baca lagi.
Reply With Quote
  #2  
Old 07-25-2009, 02:38 PM
panah hujan panah hujan is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2007
Location: Yogyakarta
Posts: 252
Talking

Lalu bagaimana dengan kriteria naskah untuk sebuah penerbit?
Penerbit yang bagus dan transparan, misalnya?
Penerbit yang tidak macam-macam?
Penerbit yang ada editornya dan pedulit pada editing kita yang kacau-balau?

Adakah jaminan? Surat kontrak, etc etc?
__________________
"kalau masih ada kesempatan untuk menepati janji, kenapa harus mengingkarinya?"

http://dewikharismamichellia.blogspot.com/
Reply With Quote
  #3  
Old 07-27-2009, 03:14 PM
itsjayuz itsjayuz is offline
Join Date: Dec 2006
Location: Yogyakarta
Posts: 0
Default

Quote:
Originally Posted by panah hujan View Post
Lalu bagaimana dengan kriteria naskah untuk sebuah penerbit?
Penerbit yang bagus dan transparan, misalnya?
Penerbit yang tidak macam-macam?
Penerbit yang ada editornya dan pedulit pada editing kita yang kacau-balau?

Adakah jaminan? Surat kontrak, etc etc?

menurut saya pertanyaan ini sulit dijawab, yang paling mudah adalah dengan mencari sebanyak mungkin referensi dari penulis-penulis yang sudah menerbitkan bukunya.
testimoni yang anda dapatkan ini lah yang pada akhirnya dijadikan pertimbangan.

untuk jaminan, sudah barang tentu jika penerbitnya kualified maka kerjasama anda akan tertuang dalan surat kontrak..
kl g ada, yah apa jaminannya...
hehehehe...
ntar naskah anda malah dibawa kaburr...
hheeeee
Reply With Quote
  #4  
Old 10-11-2009, 08:47 PM
smith61's Avatar
smith61 smith61 is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Tempat yang pantas untuk dihancurkan
Posts: 1,178
Default

Bang Anosuke sagara !! Halo !! Saya sa SMITH o
Reply With Quote
  #5  
Old 10-11-2009, 10:25 PM
dirgita's Avatar
dirgita dirgita is offline
Sesepuh
Join Date: Jan 2008
Posts: 1,466
Default

Khusus editor, menurutku mereka punya batasan sendiri sejauh mana "kekacauan" yang harus ditolong. Editor rasa-rasanya tidak akan mungkin memperbaiki tebaran kalimat ngawur atau ejaan yang tak benar di sepanjang novel setebal 300 halaman^^
__________________
Yaara mein kya karu?^^
Reply With Quote
  #6  
Old 10-12-2009, 10:31 AM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by dirgita View Post
Khusus editor, menurutku mereka punya batasan sendiri sejauh mana "kekacauan" yang harus ditolong. Editor rasa-rasanya tidak akan mungkin memperbaiki tebaran kalimat ngawur atau ejaan yang tak benar di sepanjang novel setebal 300 halaman^^
Ahak hak hak. Semoga kelak ada niy, Dirgita. Agar "menerbitkan buku itu gampang" menjadi benar2 "gampang"

Ahak hak hak
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #7  
Old 02-18-2010, 10:30 PM
Anosuke Sagara Anosuke Sagara is offline
Anak Muda
Join Date: Aug 2008
Posts: 4
Default

Quote:
Originally Posted by smith61 View Post
Bang Anosuke sagara !! Halo !! Saya sa SMITH o
Ya ya ya... welcome home, Sas eh SMITH
Reply With Quote
  #8  
Old 02-18-2010, 10:46 PM
Anosuke Sagara Anosuke Sagara is offline
Anak Muda
Join Date: Aug 2008
Posts: 4
Default

Quote:
Originally Posted by panah hujan View Post
Lalu bagaimana dengan kriteria naskah untuk sebuah penerbit?
Penerbit yang bagus dan transparan, misalnya?
Penerbit yang tidak macam-macam?
Penerbit yang ada editornya dan pedulit pada editing kita yang kacau-balau?

Adakah jaminan? Surat kontrak, etc etc?
Terus terang saya pernah berkecimpung di dunia penerbitan. Perlu diketahui bahwa tidak semua penerbit itu baik, juga tidak semua penerbit itu jahat. Ada penerbit yg sangat melindungi hak2 penulis, ada juga yg tidak. Ada yg transparan dalam penjualan, ada juga yg tidak. Kalau kita penulis, ya kita harus berani 'bertanya' tentang hak-hak kita, seperti royalti misalnya kita harus berani 'menagih' karena penerbit terkadang lupa atau 'pura-pura' lupa. Perihal kontrak ya wajib ada itumah, bahkan di penerbit kecil sekalipun. Masalah editor, jangan terlalu mengandalkannya. Karena pekerjaan editor itu banyak, tidak sebatas ngedit. Dia koordinator, katalisator, merangkap pekerja. Dia ibarat daging di tengah sandwich, dihimpit di sana sini, baik oleh atasan, partner (layouter atau ilustrator), atau bahkan penulis. Idealnya penulis tidak sebatas menulis, tapi juga harus menjadi orang yang pertama kali mengedit tulisannya. Ya minimal edit mekanik (tanda baca, titik koma, kesalahan huruf, dst). Sorry nih bagian terakhir ini saya jadi curhat deh....
Reply With Quote
  #9  
Old 02-18-2010, 10:57 PM
Anosuke Sagara Anosuke Sagara is offline
Anak Muda
Join Date: Aug 2008
Posts: 4
Default

Quote:
Originally Posted by dirgita View Post
Khusus editor, menurutku mereka punya batasan sendiri sejauh mana "kekacauan" yang harus ditolong. Editor rasa-rasanya tidak akan mungkin memperbaiki tebaran kalimat ngawur atau ejaan yang tak benar di sepanjang novel setebal 300 halaman^^
Sepengetahuan saya, naskah yg masuk pertama harus ditelaah kasar. Artinya editor membacanya secara sekilas sambil mengira-ngira semua kemungkinan, biasanya edit mekanik dikesampingkan dulu, dia lebih konsen ke isi dan nilai jual naskah. Dari screening awal saja dia sudah harus tahu naskah ini layak jual dan layak terbit. Bila yakin baru dia menyusun usulan pengerjaan naskah dan itu tidak cuma satu buku, dan itu pun harus diajukan lagi ke manajemen, belum tentu disetujui. O ya dan kalau terlalu banyak yang harus diperbaiki dari sebuah naskah, editor akan mengembalikan naskah disertai catatan kekurangannya apa. Begitu seharusnya. Tapi yaitu tadi kerjaan editor itu banyak sekali, sehingga memberikan catatan kekurangan pada naskah yg dikembalikan itu kadang suka terabaikan.
Reply With Quote
  #10  
Old 02-22-2010, 09:10 AM
nansee.disini. nansee.disini. is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2010
Location: Sunda Kelapa
Posts: 9
Question Lam knal !

Waduh, baca artikel2 ini kok jadi jiper ya?! hehehe..jadi agak ga yakin bisa pa ga nerbitin buku..huhuhu..bener2 awam banget nih sama dunia penulisan..kalo cuma bermodal bakat dan pede aja bisa ga ya??kira2 bakal nembus barisan para penulis ga ya?
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 04:53 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.