Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Menerbitkan Buku
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #11  
Old 07-08-2010, 07:15 AM
d757439's Avatar
d757439 d757439 is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2008
Location: Pelukan ibu pertiwi
Posts: 237
Default

naskah novelku ketelan virus...
ampun...
belum buat lagi...
__________________
senyum lebar....
Reply With Quote
  #12  
Old 07-17-2010, 03:41 PM
someonefromthesky's Avatar
someonefromthesky someonefromthesky is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2007
Location: Bandung
Posts: 627
Default

Oh ya, selain langsung mengirimkan ke penerbit, sekarang jg ada penyedia jasa "Author Management". Mereka tugasnya adalah ngurusin naskah kita, mulai dari nyari penerbit yang tepat, ngelobi penerbit tentang masalah royalti, editing tahap awal, sampai kepada tahap promosi seperti bedah buku dan launching. Tapi sebagai imbalannya, mereka akan mendapat beberapa persen dari royalti yang kita terima, tergantung perjanjian.
__________________
"Tinta itu hitam, Jenderal."
Reply With Quote
  #13  
Old 07-18-2010, 10:03 PM
herjuno's Avatar
herjuno herjuno is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2010
Location: Jogja
Posts: 459
Default

Ho...menarik

pernah erpikir untuk menggunakan jasa itu?
__________________
"Scribo Ergo Sum"

I Write, Therefore I Am
Reply With Quote
  #14  
Old 07-28-2010, 12:37 PM
Ari KPIN's Avatar
Ari KPIN Ari KPIN is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2010
Location: Paris van Java
Posts: 85
Default

sekarang ini ada beberapa penerbit (indie) yang bisa bantu nerbitin karya-karya Sob.. baik kumpulan puisi, cerpen, novel, atau lainnya. Ane gak tahu etis apa nggak kalo Ane taruh contoh penerbit tsb di sini.
__________________
Sedikit Corat-Coret
Reply With Quote
  #15  
Old 07-28-2010, 01:56 PM
herjuno's Avatar
herjuno herjuno is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2010
Location: Jogja
Posts: 459
Default

Ya gak pa2. Penguin aja obral nama, kok. Penerbit Ndokasin itu....
__________________
"Scribo Ergo Sum"

I Write, Therefore I Am
Reply With Quote
  #16  
Old 07-28-2010, 06:42 PM
Penguin's Avatar
Penguin Penguin is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Padang Kota Tercinta....
Posts: 1,670
Send a message via Yahoo to Penguin
Default

hah? saya bukan penerbit ndokasin....
__________________
"Apabila orang tidak percaya bahwa matematika itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya kehidupan ini" - Johny von Neuman (1903-1957)

"Apabila orang tidak percaya bahwa bermimpi itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa mudahnya mengkhayal" - Penguin (1991-sekarang)


Rumah Penguin sudah direnovasi! Rumah Penguin
Menghadapi kelamnya dunia, Penguin mendirikan The Order of The Penguin
Reply With Quote
  #17  
Old 07-28-2010, 07:19 PM
silencer's Avatar
silencer silencer is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2008
Location: kolam bersih,, trus ada teratainya gitu.. wah,, bebek suka disitu tuh..
Posts: 52
Default

Quote:
Originally Posted by Penguin View Post
karya saya tidak pernah dikembalikan sama penerbit karena saya belum pernah ngirim
hahaha,, sama klo gitu.. wkakakakk
__________________
== silencer ==
Reply With Quote
  #18  
Old 07-28-2010, 08:11 PM
Ari KPIN's Avatar
Ari KPIN Ari KPIN is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2010
Location: Paris van Java
Posts: 85
Default

Quote:
Originally Posted by herjuno View Post
Ya gak pa2. Penguin aja obral nama, kok. Penerbit Ndokasin itu....
kalo gitu, nih contohnya yang di Jogja :
http://indiebook.co.cc/
__________________
Sedikit Corat-Coret
Reply With Quote
  #19  
Old 07-28-2010, 08:39 PM
fhydha099imutzz's Avatar
fhydha099imutzz fhydha099imutzz is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2010
Location: Di Kota Bekasi yang indah nan bersih XD
Posts: 244
Unhappy

Quote:
Originally Posted by herjuno View Post
Buat para Kners, yuk bagi-bagi pengalaman yang berhubungan dengan penerbit! Misal kalau ditolak, sudah berapa kali ditolak, bagaimana bentuk penolakan itu, berapa lama sampai naskah ditolak, dan sebagainya. Kalau diterbitkan, apa yang harus dilakukan selanjutnya, bagaimana cara melakukannya, siapa yang terlibat, sistem royalti, dan sebagainya. Sertakan pula penerbit yang menolak atau menerbitkan karya Kners.

Btw, strategi mana yang paling bagus: langsung mengirim buku ke penerbit besar lalu menunggu meskipun lama (dan sering nggak pasti) dengan asumsi kalau tembus bakal langsung punya nama atau mengirim ke penerbit kecil dulu yang lebih pasti terbitnya tapi jaminan lakunya nggak ada?

Sama, menurut Kners, etiskah mengirim satu naskah ke dua penerbit dalam waktu bersamaan?

Thanks!
Tambahan: Pengalaman saya dengan penerbit adalah ditolak satu kali (Grasindo), dan kini tengah mencoba peruntungan di GPU
Aku pernah di tolak ama gramed, n Dar! Mizan ...
__________________
Bingung ngapain? buka:
1.Cerita dan unek-unek Nada
2.Blogspot Nada
3.Tumblr Nada
KINI FHYDHA TELAH BERUBAH MENJADI NADA!! HOHOHOHO ...
Reply With Quote
  #20  
Old 12-20-2010, 08:13 AM
stilldaydreaming's Avatar
stilldaydreaming stilldaydreaming is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2010
Location: Depok
Posts: 460
Default

Ikutan nimbrung yah. Pengalaman ditolak pernah ada. Sekitar tahun 2008 awal, saya mencoba peruntungan ke Terrant Books. Waktu itu sih bilangnya tunggu tiga bulandan sesuai janji, setelah tiga bulan, naskah saya dapat jawaban. Waktu itu saya ditelepon orang mereka dan ternyata naskah saya belum lolos. Soal tetek bengek kalo novel udah diterbitkan, saya kayaknya pernah baca di multiply yang dikelola Ken Terate. Nama multiplynya: klubsastra.multiply.com. Coba aja berkunjung, sepertinya mbak Ken banyak sharing gitu. Apalagi beliau kan udah dikenal penerbit macam GPU, hehe.

Kalo saya, entah kenapa tetep pengin kirim naskah saya ke penerbit macam Terrant, Gagas, GPU. Masih penasaran kali ya, hehehe.

Hmm, untuk kirim satu naskah ke beberapa penerbit, sepertinya kurang etis memang, dan kayaknya pernah baca artikelnya mbak Ken juga sebaiknya jangan. Kalo naskah yang berbeda sih sepertinya lain cerita, hehe.
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 02:13 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.