Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Menerbitkan Buku
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 08-21-2009, 11:20 AM
klungkun
Guest
Posts: n/a
Default WTA: hak pengarang terhadap penerbit.

hallo semua.

Saya baru bergabung. Semoga thread ini tempatnya benar.
Sebelumnya saya ceritakan sedikit latar belakang.

Mohon maaf sebelumnya kalau agak panjang.

================================================== ============
Ayah saya adalah seorang rohaniawan yang gemar mengajar. Pada suatu waktu ada seorang pekerja dari sebuah penerbit (sekarang sudah lama keluar dari penerbit tsb), yang menawarkan kepada ayah saya agar pelajaran2nya dibuat buku.

Sebagai seorang rohaniawan, tentu ayah saya menyambut baik usul itu dan singkat cerita, semua materi untuk buku diserahkan.

Lama tidak mendengar kabar, ternyata buku tsb sudah terbit dan dijual ditoko-toko buku rohani. Bahkan terakhir ayah saya tidak sengaja diberitahu seorang kenalannya bahwa buku ayah saya sangat baik dan lumayan laris karena sudah mencapai cetakan ke-4. Tentunya hal itu sangat mengagetkan.

Akhirnya ayah saya menceritakan hal ini kepada saya. (Saya sendiri pekerja seni dan saya mengerti bahwa segala bentuk hasil karya pasti ada perlindungan terhadap hak).

Selidik punya selidik, saya berhasil menemukan dan menhubungi orang pertama yang menawarkan ayah saya untuk membuat buku. Orang tsb mengatakan bahwa dia sudah lama keluar dari perusahaan tersebut karena ternyata perushaaan tersebut mmg tidak beres, dan pemiliknya pernah dipenjara untuk hal yang sama. Dan korbannya bukan hanya ayah saya saja.

Dia pun memberikan saya nomor telepon pemilik perusahaan tsb, beserta alamatnya.

================================================== ============
Nah yang ingin saya tanyakan,

1. Bagaimana sebuah penerbit bisa mengeluarkan buku tanpa sepersetujuan pengarangnya dan UU apa yang dilanggarnya.

2. Hak apa yang bisa kami claim dari perusahaan tersebut (meskipun benar2 tidak ada pernjanjian kontrak apapun).

3. Apakah kami sebagai pihak pengarang setidaknya dapat mencabut ijin beredarnya buku tersebut.

4. Bagaimana saran teman2 disini.

Saya sangat mohon bantuannya, karena sebelum menghubungi orang tersebut saya sangat ingin melakukannya dengan dasar yang benar.

Terimakasih sebelumnya.
Reply With Quote
  #2  
Old 08-21-2009, 04:02 PM
someonefromthesky's Avatar
someonefromthesky someonefromthesky is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2007
Location: Bandung
Posts: 627
Default

Wah, saya turut berduka cita. Sayangnya saya kurang mengerti soal hukum. Setahu saya seharusnya sebelum buku itu terbit harus ada perjanjian tertulis antara penulis dan penerbit. Kalau sudah begini, ini sih namanya penipuan. Apakah kamu punya soft copy dari naskah ayah kamu itu? Saran saya, sebarkan aja informasi ini ke dunia maya, berikut nama penerbit yg tidak bertanggung jawab itu, supaya orang-orang tidak ada yg jadi korban lagi.
__________________
"Tinta itu hitam, Jenderal."
Reply With Quote
  #3  
Old 08-22-2009, 10:41 AM
dirgita's Avatar
dirgita dirgita is offline
Sesepuh
Join Date: Jan 2008
Posts: 1,466
Default

Untuk pertanyaannya, sebagai berikut.
  1. Ini menyangkut tabiat dari pihak-pihak terkait. Jika tabiat mereka tak beres, ya, bisa-bisa saja.
  2. Hak yang bisa diklaim mungkin adalah hak cipta/royalti. Meskipun kemungkinannya sangat-sangat kecil karena tidak adanya bukti tertulis (kontrak). Mesti punya bukti kuat lainnya untuk bisa mengajukan klaim, misalnya soft copy maupun hard copy dari naskah. Meskipun aku juga nggak begitu ngerti soal hukum, ada kemungkinan yang dilanggar adalah UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.
  3. Bisa banget kalau poin sebelumnya terpenuhi.
  4. Aku ikut saran dari Kak someonefromthesky. Tapi, kita mesti hati-hati. Ntar, malah jadi kasus kayak Prita. Perlu bukti yang sangat-sangat kuat untuk ini.

Yah, sekadar saran dariku^^
Reply With Quote
  #4  
Old 08-22-2009, 10:48 AM
bob1985 bob1985 is offline
Join Date: Sep 2008
Location: Medan
Posts: 0
Default

sama dengan someone, turut prihatin dengan musibah yang dialami saudara klungkun.

Mungkin bisa dibaca di UU hak cipta no 12 tahun 2002 di http://id.wikisource.org/wiki/Undang..._19_Tahun_2002

salah satu cuplikannya;

Quote:
Pasal 9
Jika suatu badan hukum mengumumkan bahwa Ciptaan berasal dari padanya dengan tidak menyebut seseorang sebagai Penciptanya, badan hukum tersebut dianggap sebagai Penciptanya, kecuali jika terbukti sebaliknya.
Nah dalam hal ini, jika ayah anda bisa membuktikan bahwa isi tulisan tersebut adalah miliknya secara sah dan meyakinkan, tentunya hal ini bisa dikonsultasikan dengan ahli hukum. Jika memang terbukti maka perusahaan/lembaga tersebut mesti membayar yang menjadi hak pencipta tulisan tersebut.

Saya juga agak bertanya-tanya, apakah buku yang beredar itu mencantumkan nama ayah anda sebagai penulisnya? karena bisa saja hal itu terjadi, bahwa penerbit tak mengganti nama penulisnya (tapi tak juga membayarkan kewajibannya).

Tapi saya sarankan untuk berkonsultasi saja dengan pihak yang lebih mengerti UU. Trims..
__________________
Tanda tangan sekaligus Tanda kaki?
Reply With Quote
  #5  
Old 08-22-2009, 11:04 AM
dirgita's Avatar
dirgita dirgita is offline
Sesepuh
Join Date: Jan 2008
Posts: 1,466
Default

Yeps. Konsultasi sama orang yang lebih ngerti hukum/UU. Atau, teman-teman di Kners.com ada yang lebih ngerti soalnya ini?
Reply With Quote
  #6  
Old 08-22-2009, 02:56 PM
jayhawkerz's Avatar
jayhawkerz jayhawkerz is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2008
Location: jekardda
Posts: 569
Send a message via Yahoo to jayhawkerz
Default

Bacanya aja udah pusing, tambah lagi harus jawab pertanyaan. Haha! Keder saya!
__________________
"Berbagi waktu dengan alam, kau akan tau siapa dirimu yang sebenarnya. Hakikat Manusia."


About Me ~ Aksara Maya ~ Kemudian ~ Deviantart ~ Twitter ~ Goodreads ~ Rumah Sketsa
Reply With Quote
  #7  
Old 08-22-2009, 11:07 PM
someonefromthesky's Avatar
someonefromthesky someonefromthesky is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2007
Location: Bandung
Posts: 627
Default

Coba tanya niken. Kayanya dy lumayan ngerti. Id nya kenary. No hpnya sy kirim lwat message aja ya.
__________________
"Tinta itu hitam, Jenderal."
Reply With Quote
  #8  
Old 08-22-2009, 11:31 PM
jayhawkerz's Avatar
jayhawkerz jayhawkerz is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2008
Location: jekardda
Posts: 569
Send a message via Yahoo to jayhawkerz
Default

Hauhauhau! Rivai deket pisan sama Niken yah?? Sampe segalanya Niken. Hehe.
__________________
"Berbagi waktu dengan alam, kau akan tau siapa dirimu yang sebenarnya. Hakikat Manusia."


About Me ~ Aksara Maya ~ Kemudian ~ Deviantart ~ Twitter ~ Goodreads ~ Rumah Sketsa
Reply With Quote
  #9  
Old 08-22-2009, 11:34 PM
someonefromthesky's Avatar
someonefromthesky someonefromthesky is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2007
Location: Bandung
Posts: 627
Default

@jayhawkers: segalanya apa sih? Orang dia yg nawarin. Sayang2 kan ada anak hukum di sini kalo ga dimanfaatin. Hehe.
__________________
"Tinta itu hitam, Jenderal."
Reply With Quote
  #10  
Old 08-22-2009, 11:38 PM
jayhawkerz's Avatar
jayhawkerz jayhawkerz is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2008
Location: jekardda
Posts: 569
Send a message via Yahoo to jayhawkerz
Default

Ooo. Saya kira. Hehe. Oke, maaf atas kesalahpahaman. Minal Aidzin Wal Faidzin. Afwan. Gomenasai. Sorry. Punten bilih aya kalepatan. ^^v
__________________
"Berbagi waktu dengan alam, kau akan tau siapa dirimu yang sebenarnya. Hakikat Manusia."


About Me ~ Aksara Maya ~ Kemudian ~ Deviantart ~ Twitter ~ Goodreads ~ Rumah Sketsa
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 04:28 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.