Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Belajar Menulis
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 08-20-2011, 01:41 PM
Erick Erick is offline
Anak Muda
Join Date: Aug 2011
Location: Juno, The City of Sky
Posts: 60
Default Editing Pribadi

Mohon saran dari kk cc semua...

gimana cara meng-edit karya sendiri?
aku kadang masih bingung, soalnya ga bisa nemuin kesalahan pada tulisan sendiri, seperti EYD, tanda baca, penggunakan kata pada kalimat, majas, de el el (yang bikin aku mumet setengah mati).

mohon bimbingannya...!
Reply With Quote
  #2  
Old 08-20-2011, 01:57 PM
musthaf9's Avatar
musthaf9 musthaf9 is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2010
Location: Ngayojakarta
Posts: 275
Default

klo masalah EYD mah, asalkan kau punya bukunya gampang. baru klo soal gaya bahasa, mengalir tidaknya narasi, kesesuaian plot, karakterisasi, dll, biasanya butuh pembaca yang jeli.
__________________
Disclaimer: Penulis Musthaf9 tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kesedihan, kemarahan, kekecewaan, kerusakan monitor, kebingungan, atau pun kehilangan kesadaran yang disebabkan oleh konten manapun dalam karyanya baik disengaja maupun tidak sengaja atau pun sengaja tapi nggak ngaku.

Harap maklum, he he he

_
Bingung cari nama buat karakter cerita? Atau pengin bikin conlang (constructed language)?Coba ini!
Reply With Quote
  #3  
Old 08-20-2011, 09:37 PM
daff daff is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2011
Posts: 54
Default

Menurut saya, sih caranya dengan menilai karya kita dengan lebih objektif dan jujur. Karena itu sering disarankan jika sudah selesai nulis karya, didiamkan dulu beberapa waktu sebelum diedit dan direvisi agar ikatan batin dengan karya itu sudah mulai merenggang.
Yah, saya tahu itu susah, saya sendiri juga masih kesulitan. Tapi mau bagaimana lagi, tak ada jalan lain.......
Reply With Quote
  #4  
Old 08-21-2011, 10:35 AM
Erick Erick is offline
Anak Muda
Join Date: Aug 2011
Location: Juno, The City of Sky
Posts: 60
Default

Quote:
Originally Posted by daff View Post
Menurut saya, sih caranya dengan menilai karya kita dengan lebih objektif dan jujur. Karena itu sering disarankan jika sudah selesai nulis karya, didiamkan dulu beberapa waktu sebelum diedit dan direvisi agar ikatan batin dengan karya itu sudah mulai merenggang.
Yah, saya tahu itu susah, saya sendiri juga masih kesulitan. Tapi mau bagaimana lagi, tak ada jalan lain.......

Nah,
membikin ikatan merenggang dengan cerita sendiri itu yang paling susah...
kalo baca satu dua kalmat, pasti langsung inget deh ceritanya...
Reply With Quote
  #5  
Old 08-21-2011, 04:16 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

tinggalin 2 bulan sambil bikin karya lain yg sama sekali beda.
setelah itu coba balik lagi. ntar tau deh harus utak atik yg mana.
tapi ky gini bakal makan waktu krn revisi ga cukup sekali dua kali atau lima kali.
makanya itu kita selalu butuh editor
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #6  
Old 10-18-2017, 05:54 PM
super123 super123 is offline
Anak Muda
Join Date: Aug 2015
Posts: 15
Default Replay & Responbility

Biarlah orang lain yang menilainya dan jangan marah jika ada penilaian yang tidak berkenan di hati








__________________________________________________ ________
Kami adalah supplier roller blind jakarta yang menyediakan aneka roller blinds beragam motif
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 01:37 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.