Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Novel
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #21  
Old 12-20-2010, 08:26 PM
IreneFaye's Avatar
IreneFaye IreneFaye is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 133
Default

Quote:
Originally Posted by Canon Bender View Post
atau barangkali, biar bisa didengar, yang kita sampaikan harus penting bagi targetnya....

1. bahasa
2. penting/tidak
3. yang mau disampaikan
hmmm... sebenarnya didengar atau tidak itu tergantung pendengarnya.
Kebanyakan orang lebih senang berbasa-basi daripada bicara to the point dan poin 1, 2, dan 3 yang anda jabarkan diatas hanyalah teori cara berkomunikasi yang benar ahahaha (pelajaran blok 1 saya jadi saya masih ingat).
.
Bagaimanapun juga tingkat sosial manusia itu secara langsung atau tidak langsung sudah terbagi dalam kelompok-kelompok kecil, dan pembicaraan antar tiap kelompok tidak dapat dimngerti oleh kelompok lainnya. Yang paling dibutuhkan dalam berkomunikasi sebenarnya kurasa adalah prespektif oleh masing-masing individu itu sendiri.
.
Seperti halnya, aku dapat berbicara panjang lebar dengan Riesling (secara lisan) karena kami memiliki cukup banyak kesamaan selera, dan kami cukup mengerti satu sama lain, tapi tidak dengan teman-teman sekelasku (waktu SMA). Dan ada juga yang mengatakan bahwa anak-anak kedokteran itu kuper, tapi menurutku anak-anak kedokteran itu adalah mahluk-mahluk gila dengan ide-ide yang brilian.
.
Teman-temanku mengatakan bahwa aku sombong, dan sok tau--kurasa mereka sangat benar karena aku rasa aku memang sombong dan sok tau, tapi seorang ilmuan fisika yang pernah sekolah di Eropa pernah mengatakan padaku bahwa cara bicaraku adalah cara bicara seorang ilmuan (dan aku bahkan tidak pernah suka Fisika)--dia bilang aku harus ngambi jurusan sains, dan aku bilang kurasa kedokteran cukup untukku saat ini--maksudku aku kan gak suka fisika.
.
Jadi semuanya sebenarnya hanya pengaruh prespektif, hanya saja, sayangnya prespektif teman-teman SMA, dan ibuku jauh berbeda dari prespektifku jadinya antara aku dan teman-temanku--serta ibuku, sering terjadi apa yang disebut miss komunikasi. Dan aku lulus dari SMA dengan predikat "ORANG ANEH"--yang kayaknya gak bisa lepas dari aku--teman sekelasku yang sialnya menjadi teman seangkatanku di kampusku tetap memandangku dengan tatapan manusia menatap alien sampai sekarang dan aku memutuskan untuk tidak mengakui keberadaannya saja.
__________________
"Life is a book. Everyday has a new page. With adventures to tell, things to learn and tales to remember."
Reply With Quote
  #22  
Old 12-20-2010, 10:10 PM
smith61's Avatar
smith61 smith61 is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Tempat yang pantas untuk dihancurkan
Posts: 1,178
Default

Quote:
Originally Posted by Canon Bender View Post
@smith
ya intinya anti sosial lah ..
sebenernya dalam keadaan begitu,
kamu pingin punya temen atau menikmati kesendirian?
saya cuma tanya loh...
dua duanya berbarengan dong hwahahahaha
__________________
"Writing does not cause misery. It is born of misery."
--Michel de Montaigne

"Creating is also a way of extending yourself. Your writing, or your art, or your company all these things add to you worth, and the right creations fuse and compound over time. Think of it like buying shares in yourself."
--Oliver Emberton

"Don't fear god,
Don't worry about death;
What is good is easy to get, and
What is terrible is easy to endure."
-Tetrapharmakos of Epicurus-
Reply With Quote
  #23  
Old 12-20-2010, 10:51 PM
Kristina Dwi Pratiwi Kristina Dwi Pratiwi is offline
Anak Muda
Join Date: Jun 2010
Location: Indonesia-Jepang
Posts: 124
Post

Quote:
Originally Posted by herjuno View Post
Sebelumnya, perlu diketahui bahwa dalam komunikasi, terdapat dua jenis media pesan, yakni bahasa lisan dan bahasa tulisan. Bahasa lisan dimediasi oleh percakapan, sementara bahasa tulisan dimediasi oleh ketikan huruf. Sifat kedua bahasa ini saling menggantikan (substitutif) atau saling menguatkan (komplementer). Saling menggantikan karena apabila satu pesan sudah dapat dipahami lewat media lisan, maka tak dibutuhkan media tulisan v.v. Saling menguatkan karena terkadang media lisan saja tidak cukup, sehingga media tulisan digunakan untuk menyokong atau membuktikan pesan itu.

Apakah seorang penulis juga harus pandai berbicara? Menilik sifat substitutif kedua media pesan, maka jawabannya adalah tidak, karena ia dapat menggunakan media tulisan untuk menyampaikan aspirasinya. Media tulisan sendiri memiliki kelebihan, yakni dapat diakses di tempat lain pada waktu lain. Jadi jangan takut tulisanmu tak akan laku walau kamu tak didengar, karena mungkin akan ada yang tertarik gagasanmu di suatu tempat suatu saat kemudian Meski begitu, memang, idealnya ia tetap mampu menggunakan komunikasi lisan. Selain karena komunikasi lisan adalah media penyampaian pesan paling mudah dan sederhana, sifat komplementer dari kedua media juga membuat media lisan dapat membantu media tulisan agar dibaca lebih cepat dan oleh orang yang tepat.
Wah Herjuno bagus sekali informasi yang kamu berikan ini sangat bermanfaat sekali. Benar2 bisa jadi psikolog nich hehehehehehehe
Apa kelebihan dan kekurangan dari media komunikasi lisan?
Reply With Quote
  #24  
Old 12-20-2010, 11:01 PM
Kristina Dwi Pratiwi Kristina Dwi Pratiwi is offline
Anak Muda
Join Date: Jun 2010
Location: Indonesia-Jepang
Posts: 124
Default

Quote:
Originally Posted by IreneFaye View Post
.
Bagaimanapun juga tingkat sosial manusia itu secara langsung atau tidak langsung sudah terbagi dalam kelompok-kelompok kecil, dan pembicaraan antar tiap kelompok tidak dapat dimngerti oleh kelompok lainnya. Yang paling dibutuhkan dalam berkomunikasi sebenarnya kurasa adalah prespektif oleh masing-masing individu itu sendiri.
.
Seperti halnya, aku dapat berbicara panjang lebar dengan Riesling (secara lisan) karena kami memiliki cukup banyak kesamaan selera, dan kami cukup mengerti satu sama lain, tapi tidak dengan teman-teman sekelasku (waktu SMA). Dan ada juga yang mengatakan bahwa anak-anak kedokteran itu kuper, tapi menurutku anak-anak kedokteran itu adalah mahluk-mahluk gila dengan ide-ide yang brilian.
.
Teman-temanku mengatakan bahwa aku sombong, dan sok tau--kurasa mereka sangat benar karena aku rasa aku memang sombong dan sok tau, tapi seorang ilmuan fisika yang pernah sekolah di Eropa pernah mengatakan padaku bahwa cara bicaraku adalah cara bicara seorang ilmuan (dan aku bahkan tidak pernah suka Fisika)--dia bilang aku harus ngambi jurusan sains, dan aku bilang kurasa kedokteran cukup untukku saat ini--maksudku aku kan gak suka fisika.
.
Jadi semuanya sebenarnya hanya pengaruh prespektif, hanya saja, sayangnya prespektif teman-teman SMA, dan ibuku jauh berbeda dari prespektifku jadinya antara aku dan teman-temanku--serta ibuku, sering terjadi apa yang disebut miss komunikasi. Dan aku lulus dari SMA dengan predikat "ORANG ANEH"--yang kayaknya gak bisa lepas dari aku--teman sekelasku yang sialnya menjadi teman seangkatanku di kampusku tetap memandangku dengan tatapan manusia menatap alien sampai sekarang dan aku memutuskan untuk tidak mengakui keberadaannya saja.
Ah tak apa2 aku pun juga pernah mengalami miss communication dengan beberapa orang di sekitarku dan aku pun juga memiliki banyak julukan dan aku juga sempat dikatakan Orang Aneh karena sikapku yang terkadang aneh dan nyeleneh jadi ku anggap itu adalah kelebihanku dan mungkin IreneFaye adalah tipe orang yang memiliki ide yang brilian tapi orang lain tak dapat memahami sifatmu serta kelebihanmu yang tak sama sekali menonjol dan itu yang tahu hanya kamu dan orang terdekatmu saja. Tak perlu dikhawatirkan karena setiap manusia punya karakter masing2 dan ada yang tak sepaham dengan kita sehingga mereka selalu membuat sebuah pernyataan tentang diri kita yang tak sesuai dengan kita. Karena manusia berteman itu istilahnya cocok2kan. Aku dulu SMP sama sekali tak punya teman karena tak ada teman yang cocok denganku sehingga aku di bilang kuper.
Reply With Quote
  #25  
Old 12-21-2010, 04:03 AM
herjuno's Avatar
herjuno herjuno is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2010
Location: Jogja
Posts: 459
Default

Quote:
Originally Posted by Canon Bender View Post
tapi "deskripsikan" itu sepertinya juga harus ada aturannya sendiri biar bisa terbaca enak... ==a
itu yang saya belum tahu....
sekadar tips: jangan terlalu berlebihan. Lebih lengkap silakan buka note saya: http://www.facebook.com/note.php?note_id=475787219546

Quote:
Originally Posted by Canon Bender View Post
sepertinya kebanyakan penulis kesulitan berbicara.
...
apakah verbal dan lisan itu sesuatu yang sangat bertentangan?
Itu sebenarnya hanya masalah kebiasaan saja. Asalkan kamu mau, sebenarnya kamu bisa melatih bahasa lisanmu kok. Caranya ya sama dengan prinsip dasar latihan menulis: mulailah dengan segera, sedikit demi sedikit. Jangan hanya terpaku pada menulis, menulis, dan menulis, tapi sesekali luangkan waktu untuk bercakap-cakap dengan orang lain. Mungkin rasanya agak ganjil pada awalnya, tapi kalau udah terbiasa ntar juga lancar. Sama seperti menulis, kan?

Btw, salah tuh, harusnya bukan verbal dan lisan (karena keduanya sama), melainkan lisan dan tulisan.

Quote:
Originally Posted by stilldaydreaming View Post
Tapi kalau kaitannya dengan sebuah cerita, saya pikir cara penyampaian itu yang lebih penting. Kalaupun ide ceritanya biasa aja tapi kalau bisa dibawakan dengan menarik, orang akan lebih kena dengan apa yang coba disampaikan. Dibandingkan sebuah cerita yang brilliant tapi saking berat dan sulit dimengerti orang jadi segan bacanya. Percuma dong, huhu.
Saya setuju. Semisal meskipun sebuah cerita udah memiliki konflik yang klise (semisal karakternya kena kanker), tapi kalau kamu menyampaikannya dengan cara yang unik dan berbeda (misal dipadu dengan setting yang kuat mengenai negara Jerman) pasti nanti tetap akan diapresasi. Ini namanya teknik presentasi diri.

Walau memang, sih orang cenderung melihat apa yang salah dari orang lain ketimbang yang bisa dipuji.

Quote:
Originally Posted by IreneFaye View Post
hmmm... sebenarnya didengar atau tidak itu tergantung pendengarnya.
Yupz, salah satu elemen dari komunikasi adalah penerima pesan, jadi kalau kamu mau pesanmu tersampaikan, pastikan kamu menyampaikannya pada orang yang tepat dan orang itu siap menerima pesan. Menjadi hal yang aneh kalau kamu menjajakan novel teenlit ke ibu2.

Quote:
Originally Posted by Kristina Dwi Pratiwi View Post
Wah Herjuno bagus sekali informasi yang kamu berikan ini sangat bermanfaat sekali. Benar2 bisa jadi psikolog nich hehehehehehehe
Apa kelebihan dan kekurangan dari media komunikasi lisan?
Thanks, hehe. Kelebihannya adalah mengungkap info lebih banyak karena dari komunikasi lisan dapat dilihat berbagai bahasa nonverbal (setidaknya intonasi dan tempo) yang dapat menunjukkan emosi. Kekurangan dari media komunikasi lisan di antaranya lebih rentan untuk disalahtafsirkan dan juga tidak bertahan lama, karena penyampaian pesan terbatasi ruang dan waktu.
__________________
"Scribo Ergo Sum"

I Write, Therefore I Am
Reply With Quote
  #26  
Old 12-21-2010, 06:07 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

@irenefaye
ah ya. basa basi adalah kelemahan terbesar saya.
lebih suka menyampaikannya secara langsung. barangkali ini sebab saya ga didengerin swt....

kalau boleh tau, memangnya cara bicara seorang ilmuwan itu seperti apa?

@smith61
temen mau, sendiri juga mau.
hahaha ... barangkali maksudnya,
tidak mau terlalu banyak teman
dan kadang butuh waktu sendiri, begitu?

==============
tunggu dulu.
sepertinya saya mendapatkan beberapa traits yang sama diantara para penulis.
1. orang aneh
2. orang pendiam
3. orang garing
4. orang pemalu
5. ga pernah didengerin ...

hahaha .. siapa tidak setuju?

ada 1 lagi selain dari itu. apakah ada diantara kalian yang hanya PERCAYA DIRI tapi dibilang SOMBONG.
begitu kalian MINDER, kalian baru didatangi temen?
saya merasa terganggu dengan orang yang berpresepsi negatif seperti itu... saya pikir mereka sendiri yang minderan jadi melihat orang percaya diri sebagai sombong....
======================================
@herjuno
wakakakak... verbal dan tulisan ya?
saya kira verbal itu sama dengan tulisan.
thx koreksinya.

trims notesnya.
brb baca dulu
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #27  
Old 12-21-2010, 06:18 PM
IreneFaye's Avatar
IreneFaye IreneFaye is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 133
Default

Quote:
Originally Posted by Canon Bender View Post
@irenefaye
ah ya. basa basi adalah kelemahan terbesar saya.
lebih suka menyampaikannya secara langsung. barangkali ini sebab saya ga didengerin swt....

kalau boleh tau, memangnya cara bicara seorang ilmuwan itu seperti apa?


==============
tunggu dulu.
sepertinya saya mendapatkan beberapa traits yang sama diantara para penulis.
1. orang aneh
2. orang pendiam
3. orang garing
4. orang pemalu
5. ga pernah didengerin ...

hahaha .. siapa tidak setuju?

ada 1 lagi selain dari itu. apakah ada diantara kalian yang hanya PERCAYA DIRI tapi dibilang SOMBONG.
begitu kalian MINDER, kalian baru didatangi temen?
saya merasa terganggu dengan orang yang berpresepsi negatif seperti itu... saya pikir mereka sendiri yang minderan jadi melihat orang percaya diri sebagai sombong....
======================================
@canonbender: wah, klo ditanya cara ngomong ilmuan itu gmana aku juga gak ngerti soalnya si scientist itu sendiri yang tau-tau ngomong kayak gitu ahahaha ...
.
Hmmm ... kalo dibilang pemalu aku anaknya agak blak-blakkan ya ... bisa dikatakan aku selalu mengatakan apa yang ada dikepalaku langsung.
.
Percaya diri dibilang sombong??? hmmm ... mungkin aja ...
tapi kurasa akunya sendiri punya treats SHOW OF dalam diriku, dan itu emang kelemahanku (udah tau dan susah sekali memperbaiki sifat burukku ini--jadi kuputuskan aku akan hidup dengan hal ini tapi memperingatkan orang-orang disekitarku tentang trits kepribadianku yang satu ini). Tapi aku gak minderan kok orangnya ahahaha
__________________
"Life is a book. Everyday has a new page. With adventures to tell, things to learn and tales to remember."
Reply With Quote
  #28  
Old 12-21-2010, 06:21 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

jadi pingin tau ..
apa golongan kamu itu Koleris Melankolis?
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #29  
Old 12-21-2010, 06:30 PM
stilldaydreaming's Avatar
stilldaydreaming stilldaydreaming is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2010
Location: Depok
Posts: 460
Default

@canon bender: hello kaaak~ *waves*
Hmmm..soal traits itu ya. Saya jujur mengakui, saya memang anak yang aneh dan cenderung absurd, wkwk. Kalo dibilang pendiam, mmm..sepertinya terpaksa jadi pendiam, soalnya aslinya saya ini bawel. Saya pan anak sanguinis tp ada plegmatisnya juga (hasil analisis sendiri, lols,xD). Sisi plegmatis aku sih yang bikin aku jadi keliatan pendiam. Entah trauma masa lalu atau apa, aku jadi suka ngerasa takut kehilangan teman,jadi suka ngerasa ga enak, takut perkataan saya ada yang salah atau gimana (meski kadang bawel saya ga bisa ketahan juga si kalo dikalangan temen2 deket, hehe).Salah satu ciri2 org plegmatis,"kamu marah sama aku ya?". Yaah, gitu lah, hehehe. Selain itu, saya cenderung keliatan lebih diem (daripada aslinya), ketika saya memang belum terlalu nyaman untuk bergabung. Pokoknya begitu saya udah nyaman, saya cenderung orang yang suka bicara. Misalnya saya sama kakak ni jalan barengan, terus kakak dan saya sama2 diem, saya biasanya merasa kurang enak, jadi pengin menciptakan pembicaraan, hehe. Begitulah saya. Kalo pemalu, hmm..lebih tepatnya memang kurang percaya diri. Saya pengin sih bisa jadi orang yang lebih percaya diri. Makanya, saya pengin bisa nerbitin novel saya ini. Butuh aktualisasi diri, xD.
Reply With Quote
  #30  
Old 12-21-2010, 07:23 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

Quote:
Originally Posted by stilldaydreaming View Post
@canon bender: hello kaaak~ *waves*
ngapain kau di sini?! katanya UAS?? hush...hush...
JK ... :]

Quote:
Originally Posted by stilldaydreaming View Post
Hmmm..soal traits itu ya. Saya jujur mengakui, saya memang anak yang aneh dan cenderung absurd, wkwk. Kalo dibilang pendiam, mmm..sepertinya terpaksa jadi pendiam, soalnya aslinya saya ini bawel. Saya pan anak sanguinis tp ada plegmatisnya juga (hasil analisis sendiri, lols,xD).
dan anak sunda .........

Quote:
Originally Posted by stilldaydreaming View Post
Sisi plegmatis aku sih yang bikin aku jadi keliatan pendiam. Entah trauma masa lalu atau apa, aku jadi suka ngerasa takut kehilangan teman,jadi suka ngerasa ga enak, takut perkataan saya ada yang salah atau gimana (meski kadang bawel saya ga bisa ketahan juga si kalo dikalangan temen2 deket, hehe).Salah satu ciri2 org plegmatis,"kamu marah sama aku ya?". Yaah, gitu lah, hehehe. Selain itu, saya cenderung keliatan lebih diem (daripada aslinya), ketika saya memang belum terlalu nyaman untuk bergabung. Pokoknya begitu saya udah nyaman, saya cenderung orang yang suka bicara.
Quote:
Originally Posted by stilldaydreaming View Post
Misalnya saya sama kakak ni jalan barengan, terus kakak dan saya sama2 diem, saya biasanya merasa kurang enak, jadi pengin menciptakan pembicaraan, hehe.
hmm ... kalau menurut saya, itu bukan sifat phlegmatis, tapi sifat perempuan. :]
saya sering baca ada artikel menyatakan laki2 tidak keberatan berada di dalam suasana hening dan diam2, tapi perempuan justru tidak tahan dan akhirnya membuka pembicaraan.
buktinya : laki2 hobi memancing berjam2, tapi perempuan bisa ga tahan mancing sendirian berlama2.

Quote:
Originally Posted by stilldaydreaming View Post
Begitulah saya. Kalo pemalu, hmm..lebih tepatnya memang kurang percaya diri. Saya pengin sih bisa jadi orang yang lebih percaya diri. Makanya, saya pengin bisa nerbitin novel saya ini. Butuh aktualisasi diri, xD.
yah... susahnya percaya diri, kadang kalau kadarnya berlebihan bisa2 malah disangka sombong. hehe ...
hmm .. sedikit tips ... katanya sih kalau pingin mengurangi sifat kurang percaya diri, caranya mulai belajar untuk yakin pada kemampuan diri sendiri.

balik ke ilmu sun tzu : kenali dirimu sendiri dan lawanmu

hahaha ...
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:46 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.