Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Novel
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #11  
Old 12-20-2010, 08:20 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

sebagai sesama tidak direspon sebaiknya saling merespon
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #12  
Old 12-20-2010, 08:29 PM
stilldaydreaming's Avatar
stilldaydreaming stilldaydreaming is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2010
Location: Depok
Posts: 460
Default

^ahaahhah,,xD. betul betul. Saya coba respon ya.

Saya ini sebenarnya sanguinis-plegmatis (atau sebaliknya ya?). Jadi sifat dasar saya ini suka banget ngomong, alias bawel. hehe. Tapi ketika saya sudah berada di keramaian, misalnya di kelas, saya cenderung kurang bersuara. Saya jadi terlihat pendiam. Rasa percaya diri saya kurang besar untuk bisa mengungkapkan ide-ide saya. Entah sejak kapan saya mulai jadi seperti ini, soalnya serius, waktu saya masih SD saya tidak seperti ini lho, xD (ya iya lah ya, kan manusia juga bisa berubah,xD). Saya pikir, baik itu cara penyampaian maupun buah pikiran, keduanya sama2 penting (hiyak,xD). Soalnya, kalau punya buah pemikiran yang bagus tapi nggak ngerti cara menyampaikannya, percuma juga. Tapi kalau cara penyampaian bagus tapi yang disampaikan kurang bagus (misalnya ajakan untuk korupsi, hehe, contoh yang ekstrem,xD), yaaa, ga bagus juga kan?xD.

Tapi kalau kaitannya dengan sebuah cerita, saya pikir cara penyampaian itu yang lebih penting. Kalaupun ide ceritanya biasa aja tapi kalau bisa dibawakan dengan menarik, orang akan lebih kena dengan apa yang coba disampaikan. Dibandingkan sebuah cerita yang brilliant tapi saking berat dan sulit dimengerti orang jadi segan bacanya. Percuma dong, huhu.

Setuju, sepertinya perlu sekali cara penyampaian yang menarik ^^ (saya masih harus belajar untuk bisa seperti ini).
Reply With Quote
  #13  
Old 12-20-2010, 08:36 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

Quote:
Originally Posted by stilldaydreaming View Post
Tapi kalau kaitannya dengan sebuah cerita, saya pikir cara penyampaian itu yang lebih penting. Kalaupun ide ceritanya biasa aja tapi kalau bisa dibawakan dengan menarik, orang akan lebih kena dengan apa yang coba disampaikan. Dibandingkan sebuah cerita yang brilliant tapi saking berat dan sulit dimengerti orang jadi segan bacanya. Percuma dong, huhu.
kemarin2 saya coba cari tau, apa sih yang bikin Harry Potter laku?
apa yang bikin cerita simpel seperti Avatar : Last Airbender laku dan inspiratif?

saya tidak tahu tentang Harry Potter, tapi kalau Avatar itu kalau dipahami, sesungguhnya adalah cerita yang sangat kompleks. tapi dia disajikan dengan ringan dan menarik sehingga mudah diterima dan sampai sekarangpun (sejak 2005 kalau ga salah) masih dibicarakan dan digemari fansnya.

nah yang saya bold itu, menurut saya tantangan sendiri buat para penulis.

ada yang bilang katanya :
deksripsikan, jangan katakan.

contoh :
katakan : Nina marah dan menampar Jordi

deskripsikan :
Mendadak Nina merasakan sebuah kekuatan yang muncul dari jantungnya, kekuatan yang membuat darahnya mendidih dan memprovokasi otaknya untuk segera memerintahkan tangannya bergerak menampar lelaki tolol di hadapannya itu. akhirnya Nina mengayunkan tangannya tepat mengenai pipi kanan Jordi.

^
hanya contoh ....

tapi "deskripsikan" itu sepertinya juga harus ada aturannya sendiri biar bisa terbaca enak... ==a
itu yang saya belum tahu....
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #14  
Old 12-20-2010, 08:39 PM
IreneFaye's Avatar
IreneFaye IreneFaye is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 133
Default

Quote:
Originally Posted by Canon Bender View Post
@irenefaye
bagaimana bila seandainya ....
tidak ada seorangpun yang tertarik untuk membaca tulisanmu?
sekalipun kamu meminta seseorang untuk membaca?
apakah masih bisa sukses sebagai penulis?
It's not like I write because there's someone who wants to read my work to begin with, but I write because I want to write.
.
Temen yang ngebaca itu hanya bonus yang kudapetin.
Ok, awalnya aku nulis karena aku bete berat sama segala macam teenlit gak mutu yang udah pernah aku baca.
Awal mulanya juga aku bukan penulis, aku pembaca komik, tapi aku punya imajinasi yang cukup kuat untuk menampung komik2 ini, tapi gak tau caranya--karena gambarku juga gak bagus-bagus amat.
.
Waktu temenku ada yang nulis-nulis novel di buku tentang cerita yang berlatarkan Jepang (jangan tanya aku gimana cara aku untuk minta buku itu, aku sendiri udah lupa tapi kurasa orangnya ampe sekarang sebel ama aku ahahaha), aku mulai mengkritik abis-abisan--beberapa kesalahan setting dan segala tetek bengek lainnya. Temen aku nantangin aku nulis, dan aku nulis, dan sejak saat itu aku gak bisa berenti. Ada ato nggak ada orang yang ngebaca.
.
Aku mulai ngebaca teenlit, mulai tergila-gila baca novel, mulai membabat habis semua novel yang ada didepanku dan puas mencaci makinya, tapi aku juga gak berenti nulis. Ahahaha ...
Tapi pada akhirnya aku tetep butuh orang yang mo ngebaca, jadi waktu Riesling ngasi tau tentang Wattpad, aku gabung (reaksi yang kuterima bener2 gak disangka disana), trus waktu aku dikasi tau tentang situs ijo ini, gak tanggung2 lagi aku ikutan gabung, dan disnilah aku ahahaha...
.
Tapi aku setuju ama kak Juno juga. Orang ada dua tipe komunikasi bicara secara lisan dan tulisan. Aku lebih kearah tulisan.
Aku gak suka di telpon orang--jadi jangan telpon aku--karena aku gak bisa ngomong. Tapi klo ngajak aku sms-an, nah selama aku ada pulsa pasti kubales ahahaha ...
__________________
"Life is a book. Everyday has a new page. With adventures to tell, things to learn and tales to remember."
Reply With Quote
  #15  
Old 12-20-2010, 08:44 PM
gracemendur gracemendur is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2010
Posts: 14
Default

nyaha~ kk irene sma kaya saya xD
grace juga ndk suka ditelpon .___.
karenasayatidaksukabanyakbicara
Reply With Quote
  #16  
Old 12-20-2010, 08:46 PM
Penguin's Avatar
Penguin Penguin is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Padang Kota Tercinta....
Posts: 1,670
Send a message via Yahoo to Penguin
Default

Wall fb saya penuh sama status saya sendiri juga. Di kelas, katanya (katanya sih, padahal rasanya gak begitu -__-) saya cenderung tertutup.

Malah ada yang bilang kalau saya pendiam, tidak suka keramaian, ansos, dan autis....

Tapi berapapun banyaknya yang ngomong begitu, sebanyak itu juga yang mengatakan sebaliknya. Jadi menurut saya, seseorang didengar atau tidak itu juga bergantung dimana ia sedang bicara. Tidak didengar bukan berarti tidak bisa berbahasa dengan menarik loh.... kebetulan aja yang mau ditarik salah
__________________
"Apabila orang tidak percaya bahwa matematika itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya kehidupan ini" - Johny von Neuman (1903-1957)

"Apabila orang tidak percaya bahwa bermimpi itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa mudahnya mengkhayal" - Penguin (1991-sekarang)


Rumah Penguin sudah direnovasi! Rumah Penguin
Menghadapi kelamnya dunia, Penguin mendirikan The Order of The Penguin
Reply With Quote
  #17  
Old 12-20-2010, 08:52 PM
stilldaydreaming's Avatar
stilldaydreaming stilldaydreaming is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2010
Location: Depok
Posts: 460
Default

Quote:
saya tidak tahu tentang Harry Potter, tapi kalau Avatar itu kalau dipahami, sesungguhnya adalah cerita yang sangat kompleks. tapi dia disajikan dengan ringan dan menarik sehingga mudah diterima dan sampai sekarangpun (sejak 2005 kalau ga salah) masih dibicarakan dan digemari fansnya.
Hmmm, jadi maksudnya bisa jadi sebuah ide cerita itu berat dan kompleks, tapi lagi2 ada something di cara penyampaiannya yang membuatnya jadi mudah diterima oleh khalayak. *jadi ikut mikir*

Quote:
Jadi menurut saya, seseorang didengar atau tidak itu juga bergantung dimana ia sedang bicara. Tidak didengar bukan berarti tidak bisa berbahasa dengan menarik loh....
Mmm..inspiring juga nih dari penguin san. Hehe. Betul juga sih.

Kalau saya, kenapa menulis, soalnya alasan paliiiiing awal, karena ternspirasi seorang teman SD, xD. Saya pada dasarnya suka mengkhayal sih, hehe. Dan merasa khayalan saya bakal sia-sia kalau nggak dituangkan dalambentuk tulisan. Tapi belakangan ini, kenapa saya mau menulis, soalnya saya ingin bisa jadi sesuatu yang berbeda dari saya yang selama ini biasa-biasa aja. Siapa tau tulisan saya bisa bawa manfaat, hehe. Dan dengan bisa merampungkan tulisan saya, setidaknya saya nggak setengah-setengah dalam melakukan sesuatu.
Reply With Quote
  #18  
Old 12-20-2010, 09:00 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

Quote:
Originally Posted by IreneFaye View Post
It's not like I write because there's someone who wants to read my work to begin with, but I write because I want to write.
.
Temen yang ngebaca itu hanya bonus yang kudapetin.
"Work like you don't need the money, love like you've never been hurt and dance like no one is watching. "

kenapa saya sampai lupa dengan pribahasa itu?

Quote:
Tapi aku setuju ama kak Juno juga. Orang ada dua tipe komunikasi bicara secara lisan dan tulisan. Aku lebih kearah tulisan.
Aku gak suka di telpon orang--jadi jangan telpon aku--karena aku gak bisa ngomong. Tapi klo ngajak aku sms-an, nah selama aku ada pulsa pasti kubales ahahaha ...
sepertinya kebanyakan penulis kesulitan berbicara.
jadi ingat dulu saya pernah berantem dengan orang di internet, dia terpojok dengan tulisan saya, tapi begitu pindah ke telpon, dia mentertawakan saya karena saya tergagap.
apakah verbal dan lisan itu sesuatu yang sangat bertentangan?

Quote:
Tapi berapapun banyaknya yang ngomong begitu, sebanyak itu juga yang mengatakan sebaliknya. Jadi menurut saya, seseorang didengar atau tidak itu juga bergantung dimana ia sedang bicara. Tidak didengar bukan berarti tidak bisa berbahasa dengan menarik loh.... kebetulan aja yang mau ditarik salah
entah kenapa mendadak jadi ingat adegan ini....
dia berteriak di tengah medan perang
http://www.mangafox.com/manga/one_piece/v22/c199/3.html
http://www.mangafox.com/manga/one_piece/v22/c199/4.html

Quote:
Originally Posted by stilldaydreaming View Post
Hmmm, jadi maksudnya bisa jadi sebuah ide cerita itu berat dan kompleks, tapi lagi2 ada something di cara penyampaiannya yang membuatnya jadi mudah diterima oleh khalayak. *jadi ikut mikir*
kalau ingin serius, kurasa itu kuncinya ....
ngomong2, alasan kamu menulis, hampir sama dgn saya.
pengkhayal yang ingin menjadikan khayalannya bermanfaat

==============================================
atau barangkali, biar bisa didengar, yang kita sampaikan harus penting bagi targetnya....

1. bahasa
2. penting/tidak
3. yang mau disampaikan
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there


Last edited by Canon Bender; 12-20-2010 at 09:04 PM.
Reply With Quote
  #19  
Old 12-20-2010, 09:14 PM
stilldaydreaming's Avatar
stilldaydreaming stilldaydreaming is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2010
Location: Depok
Posts: 460
Default

Wah, alasan mengarang kita sama rupanya,hehe.
Makanya id saya stilldaydreaming, haiah, hehe.

Ah, sebenarnya ada banyak yang ingin saya sampaikan berkaitan dengan topik ini, soalnya kalau kata anak remaja, "Gue banget.", hehe.
Tapi, apa daya, saya rasanya harus menghentikan morum sekarang, sebelum kebablasan. Harus belajar buat UAS, huhu TT______TT

Sip, apa pun alasannya itu, mari kita terus mengarang, hoho. Lebih bagus lagi kalau bisa jadi pengarang yang membawa manfaat buat siapa pun pembacanya (menyemangati kita semua ).

Quote:
atau barangkali, biar bisa didengar, yang kita sampaikan harus penting bagi targetnya....

1. bahasa
2. penting/tidak
3. yang mau disampaikan
Sebenernya saya masih kurang paham dengan yang di atas itu. *.*. Perlu dicerna lagi, haung. Tapi saya harus berpisah dengan kner malam ini, hiks. Belajar belajar belajaar~ oTL *jduk*
Reply With Quote
  #20  
Old 12-20-2010, 09:17 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

Quote:
Originally Posted by stilldaydreaming View Post
Sip, apa pun alasannya itu, mari kita terus mengarang, hoho. Lebih bagus lagi kalau bisa jadi pengarang yang membawa manfaat buat siapa pun pembacanya (menyemangati kita semua ).
amin!

Quote:
Originally Posted by stilldaydreaming View Post
Sebenernya saya masih kurang paham dengan yang di atas itu. *.*. Perlu dicerna lagi, haung. Tapi saya harus berpisah dengan kner malam ini, hiks. Belajar belajar belajaar~ oTL *jduk*
anu, itu cuma kesimpulan pribadi saya saja kok.

sukses UAS nya ^_^d
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:01 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.