Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Novel
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 12-20-2010, 11:27 AM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default Novelis yang tidak pandai bicara

saya pingin tanya.
bisa ga orang yang sehari-hari ga pernah didengerin setiap orang,
bahkan waktu mamanya diajak cerita, mamanya malah lebih suka nonton iklan daripada dengerin ceritanya dia, facebooknya ada 200 friends tapi isi wall-nya cuma update statsnya dia doang, dia tau banyak ttg berbagai hal tapi ga ada yang mau tanya sesuatu ke dia, dia bisa simpati ke orang tapi ga ada yang mau curhat ke dia, dia bukan pengkhianat tapi dia kesulitan nyari temen baik, atau bayangin aja deh orang yang mampu tapi ga pernah dilirik orang di sekitarnya.

nah logikanya, orang seperti ini kan punya keterbatasan : sosialisasi
sementara menulis cerita yang berhasil itu kan : bagaimana biar ceritanya dibaca orang lain, dengan kata lain orang mau dengerin dia dan suka dengerin isi pikiran dia.

bagaimana mungkin seseorang yang ga bisa bersosialisasi lantas menulis cerita yang bakal di denger orang banyak, (kalo mau mimpi nih) bahkan seluruh dunia?

emangnya bisa?
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #2  
Old 12-20-2010, 11:49 AM
gracemendur gracemendur is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2010
Posts: 14
Default

wah.. itu benar" yang sedang saya deritakan sekarang -.-
kalau sya lgi ngomong, pda gak ada yg mau dengerin..
sampe capek saya ngomong terus, tpi ndk ada yg peduli..
karena ndk ad yg mau dengar, ya sudah saya diam aja.
kalau ada yg ajak ngomong bru ngomong =.='a
Reply With Quote
  #3  
Old 12-20-2010, 11:56 AM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

^
kamu nulis novel juga?
apa keadaan itu bikin kamu termotivasi untuk menulis?
"saya menulis untuk didengar"
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #4  
Old 12-20-2010, 12:25 PM
gracemendur gracemendur is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2010
Posts: 14
Default

ya mungkin jga bisa dibilang begitu.. O.O'a
kmu jga lgi bikin novel?
Reply With Quote
  #5  
Old 12-20-2010, 01:41 PM
IreneFaye's Avatar
IreneFaye IreneFaye is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 133
Default

hmmm ...
sampai kelas 3 SMA saya adalah tipe orang yang anda tulis di atas.
Saya adalah anak yang paling dikucilkan di kelas, tak pernah bisa bersosialisasi dengan sesama, bahkan mama, dan kalau saya bicara teman-teman saya pasti ngeliatin saya dengan pandangan yang biasa mereka gunakan untuk ngeliat alien. Friendlist saya isinya adalah orang-orang yang ngeadd saya dan gak terima kalau saya belum juga mengapprove friend requestnya. Dan ya, isi FB saya adalah status saya sendiri dengan jarang sekali ada yang men-like atau komen.
.
Tapi saya sudah menulis cerita sejak SMP jadi anda bisa memastikan bahwa saya menulis cerita dalam keadaan dikucilkan para mahluk yang menganggap dirinya manusia di sekeliling saya.
Yang mengherankan, tulisan saya disukai.
Bagaimana saya bisa tahu hal itu?
.
Sekali waktu salah satu teman sekelas saya (yang entah kesambet apa hari itu) menanyakan apa yang sedang saya kerjakan dengan buku tulis saya. Jawaban saya simpel (karena kalau saya ngomong panjang lebar juga kemungkinan besar gak didengerin): "Nulis Novel"
Teman saya ini ngerutin kening sejenak sebelum kemudian nanya: "Novel tentang apa?"
Saya hanya senyum aja sambil nyodorin buku yang saya tulis ke dia sambil bilang: "Gak tau juga, coba kamu baca aja!"
.
Sejak saat itu rasanya dia jadi hantu novel saya. Oh aku lupa bilang dia juga ngajak temen-temennya buat baca ceritaku, dan vuala ... tiap sehari sekali mereka nimbrungin mejaku buat rebutan buku tulis yang kutulis.
.
Aku pernah bilang kalau Raimazonku yang sekarang adalah revisi ke 6 dan perevisiannya itu pun sudah sering diomeli oleh para pembacaku, nah teman2ku inilah yang memarahiku.
.
Satu lagi, aku ketemu dengan Riesling. Riesling adik kelasku di SMA, yang kutemui saat aku duduk di bangku kelas 2 SMA. Kami ketemu di klub bahasa Inggris yang anggot aktifnya hanya 3 orang dengan sisa anggota lainnya hanya anggota hantu.
.
Riesling dan aku kemungkinan besar adalah manusia dengan jenis yang sama jadi entah bagaimana kami klop kalau bicara. Dia suka baca dan nulis, dan aku juga sama.
.
Kejadiannya hampir sama, aku nulis novel di ruang klub, dan dia nanya aku ngapain, aku nyodorin novel dan dia baca. Bedanya dia ngkritik ahahaha ... jadilah kami lumayan klop dan sering kerja bareng.
.
Sejak aku masuk kuliah aku gak termasuk anak pendiam lagi (antara rehabilitasi di rumah yang lumayan ampuh atau emang isi kampus kedokteran itu mahluk aneh yang sejenis denganku semua), aku menjadi salah satu siswa yang lumayan eksis di angkatanku.
.
Tapi imbasnya, semangat menulisku entah mengapa semakin berkurang. Aku takut lama-lama aku jadi kehilangan gairah menulis dan inilah yang menjadi ketakutan terbesarku. Kuharap aku masih bisa menulis, tapi tetap saja ada rasa takutnya ahahaha ...
Herannya sejak gabung K.com semangat nulisku balik lagi ahahaha ... jadinya aku masih bisa nyambung cerita--klo nggak yah, ceritaku bakal stuck gak tau dimana.
__________________
"Life is a book. Everyday has a new page. With adventures to tell, things to learn and tales to remember."
Reply With Quote
  #6  
Old 12-20-2010, 03:19 PM
smith61's Avatar
smith61 smith61 is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Tempat yang pantas untuk dihancurkan
Posts: 1,178
Default

Saya itu NGGAK pendiam loh..

Haha, saya selalu berisik.

Hampir 24 jam cuma di kamar kost.

Ngapain? TERIAK TERIAK nyanyi lagu metal wakakakakak.

Gimana? Nggak pendiam kan... Tapi tetep aja ansos
__________________
"Writing does not cause misery. It is born of misery."
--Michel de Montaigne

"Creating is also a way of extending yourself. Your writing, or your art, or your company all these things add to you worth, and the right creations fuse and compound over time. Think of it like buying shares in yourself."
--Oliver Emberton

"Don't fear god,
Don't worry about death;
What is good is easy to get, and
What is terrible is easy to endure."
-Tetrapharmakos of Epicurus-
Reply With Quote
  #7  
Old 12-20-2010, 04:43 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

@gracemendur
ya, begitulah.
kadang ragu juga.
bicara biasa saja ga ada yang mau denger, gimana tulisan mau di baca?

@irenefaye
bagaimana bila seandainya ....
tidak ada seorangpun yang tertarik untuk membaca tulisanmu?
sekalipun kamu meminta seseorang untuk membaca?
apakah masih bisa sukses sebagai penulis?

@smith
ya intinya anti sosial lah ..
sebenernya dalam keadaan begitu,
kamu pingin punya temen atau menikmati kesendirian?
saya cuma tanya loh...
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #8  
Old 12-20-2010, 06:48 PM
herjuno's Avatar
herjuno herjuno is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2010
Location: Jogja
Posts: 459
Default

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa dalam komunikasi, terdapat dua jenis media pesan, yakni bahasa lisan dan bahasa tulisan. Bahasa lisan dimediasi oleh percakapan, sementara bahasa tulisan dimediasi oleh ketikan huruf. Sifat kedua bahasa ini saling menggantikan (substitutif) atau saling menguatkan (komplementer). Saling menggantikan karena apabila satu pesan sudah dapat dipahami lewat media lisan, maka tak dibutuhkan media tulisan v.v. Saling menguatkan karena terkadang media lisan saja tidak cukup, sehingga media tulisan digunakan untuk menyokong atau membuktikan pesan itu.

Apakah seorang penulis juga harus pandai berbicara? Menilik sifat substitutif kedua media pesan, maka jawabannya adalah tidak, karena ia dapat menggunakan media tulisan untuk menyampaikan aspirasinya. Media tulisan sendiri memiliki kelebihan, yakni dapat diakses di tempat lain pada waktu lain. Jadi jangan takut tulisanmu tak akan laku walau kamu tak didengar, karena mungkin akan ada yang tertarik gagasanmu di suatu tempat suatu saat kemudian Meski begitu, memang, idealnya ia tetap mampu menggunakan komunikasi lisan. Selain karena komunikasi lisan adalah media penyampaian pesan paling mudah dan sederhana, sifat komplementer dari kedua media juga membuat media lisan dapat membantu media tulisan agar dibaca lebih cepat dan oleh orang yang tepat.
__________________
"Scribo Ergo Sum"

I Write, Therefore I Am
Reply With Quote
  #9  
Old 12-20-2010, 06:57 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

^
trims atas postingannya. I admit, it really inspiring.

saya berpikir begitu karena mengira bahwa tulisan itu juga salah satu bentuk ucapan yang lain. tulisan dan perkataan sama2 bersumber dari hati dan pikiran. kalau orang tidak tertarik mendengarkan apa yang kita sampaikan secara lisan, menurut saya ini adalah sebuah warning bahwa ada yang salah dari seseorang yang tidak didengarkan itu. apakah karena pikiran dan hatinya salah? atau hanya karena orang lain tidak bisa mengikuti cara berpikirnya yang entah terlalu lambat, maju, atau berbeda jalur.

bukankah tulisan juga buah pikiran?
sekarang saya jadi terpikir, yang penting itu cara penyampaian atau buah pikiran?
saya yakin sesuatu yang lebih luar adalah sesuatu yang lebih diterima secara umum, dengan kata lain, cara penyampaian lebih penting daripada buah pikiran.
yang berarti, ide kurang kreatif tidak masalah yang penting bahasanya menarik.

nah, kalau kita tidak bisa berbahasa yang menarik, bagaimana tulisan kita mau didengar juga...?

kalau anda tidak setuju, silahkan didebat, saya hanya ingin mencari tahu saja kok.
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #10  
Old 12-20-2010, 07:13 PM
gracemendur gracemendur is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2010
Posts: 14
Default

tpi semenjak ak bergabung di k.com, ada jga yg merespon tulisan ak
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:34 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.