Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Novel
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #11  
Old 06-07-2014, 07:11 PM
dirgita's Avatar
dirgita dirgita is offline
Sesepuh
Join Date: Jan 2008
Posts: 1,466
Default

Kayaknya, sih, harus. Tapi nggak mirip surat pengantar dinas. Kalau nggak dikasih surat pengantar, gimana penerbitnya bisa tahu isi novel yang kita kirimkan, beserta sedikit gambaran siapa sebenernya yang ngirim novel itu ke mereka^^ #ahsotoydirikuini
__________________
Yaara mein kya karu?^^
Reply With Quote
  #12  
Old 06-07-2014, 07:20 PM
Rizze Rizze is offline
Anak Muda
Join Date: May 2014
Posts: 10
Default

uhm... emang surat pengantar itu isinya apa aja sih?
Reply With Quote
  #13  
Old 06-08-2014, 10:20 AM
ansitorini ansitorini is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2014
Posts: 4
Default

iya lebih baik ^^
biasanya penerbit lebih senang kalau penulisya sopan (pake surat pengantar)
Reply With Quote
  #14  
Old 06-20-2014, 02:09 PM
Rizze Rizze is offline
Anak Muda
Join Date: May 2014
Posts: 10
Default

surat pengantarnya itu dijilid sama naskahnya atau dipisah sih??
Reply With Quote
  #15  
Old 06-22-2014, 02:08 AM
cat cat is offline
Peri Sayembara
Join Date: Mar 2007
Location: West borneo
Posts: 299
Default

Pertama harus ada cem surat gitu.

Mengatakan mengajukan naskah dsb.ucapan terima kasih dsb.

Trus, sinopsis. Trus promosiin naskah. Kenapa naskah ini harus diterima. Nilai plus genre dan tokoh-tokohnya.

Trus jangan lupa sertakan biodata dan no telpon.

Trus jgn lupa naskah e.
__________________
http://id.kemudian.com/users/cat

practices makes perfect
Reply With Quote
  #16  
Old 06-22-2014, 04:27 PM
Rizze Rizze is offline
Anak Muda
Join Date: May 2014
Posts: 10
Default

Quote:
Originally Posted by cat View Post
Pertama harus ada cem surat gitu.

Mengatakan mengajukan naskah dsb.ucapan terima kasih dsb.

Trus, sinopsis. Trus promosiin naskah. Kenapa naskah ini harus diterima. Nilai plus genre dan tokoh-tokohnya.

Trus jangan lupa sertakan biodata dan no telpon.

Trus jgn lupa naskah e.
Semua itu dipisah atau dijilid jadi satu sama naskahnya, sih? O.O
Oh iya, beberapa sumber yang saya temukan kadang juga dibilang kalau daftar isi itu juga perlu, ya? Benar tidak, sih?

Last edited by Rizze; 06-22-2014 at 04:32 PM.
Reply With Quote
  #17  
Old 06-23-2014, 11:53 PM
sandymaz_87 sandymaz_87 is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2014
Posts: 2
Default

Sesuai prosedur penerbit nya dong. Biasanya kalo di gagas media, ada 'form' sendiri di bagian syarat pengajuan naskah. Nah, nanti form itu wajib di isi lalu lampirkan beserta naskah novelmu. Mengenai naskah ditolak atau tidaknya keputusan editor memiliki tenggang waktu tiga bulan

Jadi, nanti akan diberitahu naskah layak terbit / tidaknya. Tenang saja. Naskah yg dinyatakan "ditolak" oleh penerbit pasti akan di kembalikan ke alamat pengirim.
Reply With Quote
  #18  
Old 06-24-2014, 02:33 AM
Ann Raruine's Avatar
Ann Raruine Ann Raruine is offline
Anak Muda
Join Date: Mar 2010
Location: somewhere in the dark
Posts: 89
Default

http://gagasmedia.net/index.php/2-un...ngajuan-naskah nih contohnya

dulu perna dibilang, kalo berseri mesti ngasi tau ke penerbit, mgkin ngikut di sinopsisnya, dan ngasi tau sedikit bocoran gimana edisi duanya

tp stuju sma kak Juno, seringnya novel berseri itu PHP krn ditunggu lanjutannya nggk muncul2... dan 'berseri' sendiri itu udah nakutin..
ini mau sampe berapa volume... apalagi kalo novelnya tebel n mahal.. #dziggh
__________________

Ann is here and her freaking gallery.
Reply With Quote
  #19  
Old 06-25-2014, 01:59 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

btw kalau punya duit buat modal, boleh terbitin di IBC. alamat webnya: http://bukuindie.com. #malahpromo =))
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #20  
Old 06-28-2014, 03:42 PM
Rizze Rizze is offline
Anak Muda
Join Date: May 2014
Posts: 10
Default

Naskah yang ditolak pasti dikembalikan? Tidak perlu menyertakan perangko secukupnya?
Ngomong-ngomong... sinopsis itu maksimal berapa halaman sih?

Aku nggak punya duit buat nerbitin sendiri Q_Q
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:43 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.