Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Novel
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 03-28-2010, 12:05 PM
hirokakkuen hirokakkuen is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2008
Posts: 5
Thumbs up a whisper to a far blue sky

mau minta pendapatnya tentang script yang sedang saya tulis ini; dan mohon maaf juga kalo saya agak agak kaku dalam menceritakan =) maklum sudah lama nggak menulis.

---

ini aslinya mau dibikin skript komik untuk dikirim ke penerbit. tapi sebelum saya mulai menulis saya perlu perbaikan dulu untuk plotnya. nah, silakan...

by the way, ini sudah benar kan thrednya? jangan jangan salah lagi...
------

GENRE : Drama
Rating : 12+
Judul : belum ditentukan

----
prologue plot :

----
cerita ini diset di dunia alternatif.

beberapa tahun setelah menyatakan kemerdekaan, Indonesia pecah menjadi dua bagian, yaitu Indonesia Barat dan Indonesia Timur. peperangan masih terjadi di kedua belah pihak, dimana Indonesia Barat masih dikuasai Jepang dan Indonesia Timur sudah merdeka dan bergerilya melawan penjajahan Jepang.

Julian Tri Sastrawan, seorang siswa SMA biasa di sebuah desa kecil di perbatasan Indonesia barat dan Indonesia Timur jatuh cinta pada seorang siswi SMA Jepang, Aki, yang bersekolah di bagian lain kota (yang sekaligus menjadi sisi lain dari kota perbatasan Indonesia barat dan timur) dan mereka pun menjalin hubungan rahasia. karena kota terbagi menjadi dua, ia tidak bisa bertemu setiap hari dengan siswi Jepang itu. hubungan mereka hanya sebatas pertemuan yang dipisahkan oleh pagar kawat tinggi yang beraliran listrik.

namun ada suatu celah dalam hubungan mereka, yaitu penyakit misterius Aki yang dapat tiba tiba melupakan kejadian kemarin hari. hampir setiap saat ia melupakan apa saja yang telah terjadi diantara mereka berdua. ia tak dapat mengingat apa saja yang sudah mereka jalani selain kenyataan bahwa ia telah jatuh cinta pada julian.

Julian berjanji ia akan bekerja keras untuk menjadi dokter, agar dapat menyembuhkan Aki. namun Aki hanya tersenyum, dengan berkata "tidak sembuhpun tak apa, asalkan bisa terus melihat senyum di wajahmu. meskipun aku tidak ingat apapun, meskipun yang tersisa dari ingatanku hanya namaku, aku akan terus mencintai dirimu."

--------END OF CONCEPT

sejauh ini :

konsep : 67%
cerita : 12%
karakter development : unknown
Ending : ada
konflik : belum ditentukan


*NEW* ENDING :

suatu hari, Aki tidak pernah lagi muncul di sisi seberang pagar besi tempat ia dan Julian biasa bertemu. Julian khawatir jangan-jangan ada sesuatu terjadi pada diri Aki, lalu ia nekad menggali tanah ke balik pagar besi itu dan menyeberang ke Indonesia barat. disana ia mendapati suasana yang berbeda, kondisi daerah yang bagus, listrik dan teknologi baru. ia sempat kebingungan, sampai seorang anak berandalan yang tinggal di daerah kumuh bernama Dian menyelamatkannya dan membawanya ke markas rahasia 'gerilija partjian', kelompok pemberontak yang bertujuan untuk 'membebaskan' Indonesia barat dari Jepang.

Melalui koneksi 'gerilija partjian', Julian berhasil mengetahui tempat tinggal Aki. namun 'gerilija partijan' ternyata tidak berniat sedikitpun untuk membantu Julian dan hanya berniat menjalankan rencana awal mereka, yaitu 'membebaskan'....entah apa artinya. ternyata Aki adalah anak seorang jenderal Jepang, yang memegang kekuasaan kota yang ia datangi ini. ketika ia menemukan Aki, hal yang mengejutkan terjadi. Aki tidak ingat apa-apa tentang dirinya sama sekali. semuanya benar-benar hilang. Julian yang hilang kepercayaan akan dirinya sendiri dan Aki, tertangkap oleh tentara Indonesia barat dan dibawa ke ruang sekapan di perbukitan, tidak jauh dari kota.

tiba saat petang, anggota 'gerilija partijan' memulai pemberontakan di kota. kekacauan berlangsung hingga lama sekali, membekaskan bunyi-bunyi tidak nyaman di telinga. Aki yang pingsan akibat guncangan ledakan, tiba tiba kembali mengingat sekilas tentang Julian dan cintanya pada pria itu. tanpa basa-basi, iapun langsung berlari menyusuri jalan-jalan kota yang dihantui api dan bau mayat yang terbakar. meskipun ia berlari, eksekusi tawanan di ruang sekapan sedang dimulai.

terlambat, Aki mendengar suara letusan dari ruang sekapan tepat pada saat ia berlari ke arah sana. kakinya tiba tiba lemas, kekuatannya hilang seketika. ia terduduk, dan menangis. meratapi seseorang yang ia cintai tapi tidak pernah ia ingat siapa.

---epilogue---

Aki berjalan di sebuah jalan layang panjang yang didirikan diatas kota yang dulu dibatasi oleh pagar tinggi. seorang anak Indonesia berlari-lari riang sambil membawa bendera merah-putih sambil berteriak-teriak "perang sudah berakhir, perang sudah berakhir." di langit, terlihat balon zeppelin menyebarkan selebaran bertuliskan 'perjanjian damai dua negara yang terpecah kini disepakati, Indonesia sudah menjadi republik yang satu'

Aki tersenyum, wajahnya berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. ia tidak ingat apa yang terjadi. ia tak peduli. jika ia membacanya, paling juga ia akan lupa besok.

"meskipun aku melupakan setiap hal dalam hidupku, entah kenapa aku tidak bisa melupakan seseorang yang masih ada dalam pikiranku." ia bermonolog sejenak.

"tidak sembuhpun tak apa, asalkan bisa terus melihat senyum di wajahmu. meskipun aku tidak ingat apapun, meskipun yang tersisa dari ingatanku hanya namaku, aku akan terus mencintai dirimu."
----------------
Reply With Quote
  #2  
Old 03-29-2010, 07:37 AM
smith61's Avatar
smith61 smith61 is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Tempat yang pantas untuk dihancurkan
Posts: 1,178
Default

GANJIL euy. Indo dibagi 2, dan terjadi permusuhan kan?

Kenapa bisa terjadi 2 anak SMA sering ketemuan diperbatasan(cuma pagar) dengan se intensif itu, sampe naksir lagi...

Perbatasan harusnya dijaga ketat, bukan jadi tempat pacaran
__________________
"Writing does not cause misery. It is born of misery."
--Michel de Montaigne

"Creating is also a way of extending yourself. Your writing, or your art, or your company all these things add to you worth, and the right creations fuse and compound over time. Think of it like buying shares in yourself."
--Oliver Emberton

"Don't fear god,
Don't worry about death;
What is good is easy to get, and
What is terrible is easy to endure."
-Tetrapharmakos of Epicurus-
Reply With Quote
  #3  
Old 03-29-2010, 05:28 PM
hirokakkuen hirokakkuen is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2008
Posts: 5
Default

kan pagarnya luas, bukan cuma sebatas tembok berlin aja...mungkin lebih baik kalau mereka bertemu secara diam-diam ya...lagipula ini bukan cerita perang, lho.
Reply With Quote
  #4  
Old 03-29-2010, 09:30 PM
smith61's Avatar
smith61 smith61 is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Tempat yang pantas untuk dihancurkan
Posts: 1,178
Default

Emang bukan cerita perang.

Julian fal in lop at fers saik kan?
Kejadiannya gimana?
Kemungkinan, waktu pergi atau pulang sekolah, tapi kenapa jalurnya deket perbatasan?

Negara pasca kemerdekaan, masih berbahaya, apalagi ini Indo kebagi 2, pasti lebih penuh gejolak, buktinya ada organisasi Gerilija kan?

Kalo perbatasan ga dijaga ketat, gimana pem. Jepang menjaga stabilitas dari org. Macam gerilija yang ga mungkin ga lewat perb. Kecuali lewat laut.
__________________
"Writing does not cause misery. It is born of misery."
--Michel de Montaigne

"Creating is also a way of extending yourself. Your writing, or your art, or your company all these things add to you worth, and the right creations fuse and compound over time. Think of it like buying shares in yourself."
--Oliver Emberton

"Don't fear god,
Don't worry about death;
What is good is easy to get, and
What is terrible is easy to endure."
-Tetrapharmakos of Epicurus-
Reply With Quote
  #5  
Old 03-29-2010, 11:17 PM
Rijon's Avatar
Rijon Rijon is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2008
Posts: 213
Default

|1|

Bakal di bawa ke batas manakah percintaan mereka ini? Sekedar gombal-gombalan remaja. Ata perasaan yang lebih serius (lebih dewasa, ingat saya bilang "perasaan" bukan "gairah percintaan (biar gak salah kira)).

|2|

Indonesia dibelah menjadi dua negara?

Pertama, jelas sekali kamu harus memaparkan latar belakang pembelahan ini. Ketika kamu sudah memutuskan untuk menjejali pembaca (entah itu komik, prosa, atau film) tentang dunia antah berantah yang kamu imajinasikan, kamu tentunya harus menjejeli informasi pula pada pembaca tentang dunia yang lain dari riilnya itu. Kenapa Indonesia bisa terbelah dua? Ada konflik apakah? Politik? Peperangan? Konflik sipil? Dilema SARA? Wow, berat bukan? Ya, bisa-bisa kamu dong sebagai penulis bagaiaman mengakalinya. Agar tidak terlalu berat, mungkin bisa diakali. Misal, kami letakkan tokoh si ayah (ayah si cewek atau cowok) itu sebagai peneliti sejarah atau jendral (militer) penjaga perbatasan, jadi kurang lebih informasinya dijejalkan dari si tokoh itu.

Kedua, jelas dong Indonesia. Indonesia kan latarnya? Indonesia ini bukan Inggris atau Perancis atau Cina yang isinya mayoritas tanah. Tapi kepulauan. Jadi, rasanya agak bingung saja saya membayangkan terbelah dua jadi barat dan timur. Kemungkinan besar yang bagian barat pasti lebih maju ketimbang timur ya? Plus latar tepatnya teradi di bagian mana nih? Apa terbelah duanya itu dibagi sama rata? Kalau sama rata berarti mereka bertemu kira-kira di Kalimantan atau Sulawesi ya?? Gak mungkin dong ketemu di Sumatera atau Maluku atau malah di lautan.

|3|

Senada dengan Smith, kenapa tiba-tiba dua sejoli ini bisa bertemu? Bukankah perbatasan itu. Bagaimana gerangan kedua orang ini bisa pertama kali bertemu? Padahal jelas-jelas mereka berasal dari dua negara yang sudah misah.

Nah harus diperjelas lagi hubungan kedua negara ini ketika konflik berlangsung. Apakah panas? Apakah masih dingin, dalam artian belum membaik? Lantas kalau hubungan dua negara yang dulunya bersatu ini masih tidak baik, bagaimana mereka berdua bisa bertemu? Ataukah sudah cukup baik, jadi boleh-boleh saja antar penduduk saling mengunjungi?
Reply With Quote
  #6  
Old 11-11-2016, 02:42 PM
pitaloka44 pitaloka44 is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2015
Posts: 20
Default Replay, Respon & Answer

Membaca novel ini seperti film korea yang pernah aku tonton kalau gak salah judul filmnya The Sun







________________________________
Butuh bantuan mengisi saldo paypal atau paypal balance anda, segera kunjungi web ini sekarang juga
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:07 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.