Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Novel
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #21  
Old 11-19-2011, 03:52 PM
anggra_t's Avatar
anggra_t anggra_t is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2010
Location: Alavena Dukedom
Posts: 315
Default

membuat menarik? mungkin dengan ambil tema menarik, dan nulis dengan cra yang menarik
__________________
Come and look into
The World of Mine
Reply With Quote
  #22  
Old 11-23-2011, 06:44 AM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by anggra_t View Post
membuat menarik? mungkin dengan ambil tema menarik, dan nulis dengan cra yang menarik
yang jelas bukan menarik gerobak gitu kan, mbak?
ahak hak hak.
#kabur sebelum dilempar sendal
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #23  
Old 12-30-2011, 11:20 PM
Venus Sama Dengan Afhie Venus Sama Dengan Afhie is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2011
Posts: 17
Default

Quote:
Originally Posted by Sang Terpilih View Post
Siapa yang tidak tahu Harry Potter? Setiap penulis di jagat raya dan jagat maya ini mengenal novel mutakhir karangan J.K Rowling ini. Tak dapat dipungkiri, jutaan copi novel Harry Potter telah beredar di seluruh dunia dalam berbagai bahasa.

Sebegitu menarikkah novel ini? Sebagian besar orang pasti menjawab, YA. Nah, tapi apa yang membuat novel ini menarik? Bagaimana caranya agar kita juga bisa membuat novel spektakuler seperti ini?

Mari berdiskusi dan saling membantu.
mengapa Harry Potter menarik bagi aku, karena banyak sekali nasehat yang di selipkan oleh J.K Rowling tanpa memberi kesan mengurui. nak kalo suruh beri contoh aku ga bawa kopian Harry potter jadi belum bisa memberi contoh. kesan cerita Harry potter sungguh mendalam.

lalu Harry Potter saya baca yang terjemahan karena kalo baca aslinya jujur bahasa ingris saya cuma terbatas pada pengunaan I Hate English saja jadi, menurut saya ketika saya membaca Harry Potter saya bisa menyelami dunia Harry dengan sangat mudah dan mengalir walaupun banyak mengunakan kata yang sulit. saya juga di ajak untuk berimajenasi. sehingga sampai pada daya hayal tingkat tinggi.

Bagaimana caranya agar kita juga bisa membuat novel spektakuler seperti ini? saya yakin orang lain suatu saat juga bisa menulis cerita yang hebat seperti ini. dengan meriset dulu semua hal yang ingin kita tulis tapi tidak lupa untuk menulis cerita kita. adeh sok tau....
Reply With Quote
  #24  
Old 01-01-2012, 06:10 PM
Putra Mahkota Putra Mahkota is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2011
Posts: 746
Default

Dari segi ide, sangat menarik walau banyak sekali cerita yang bercerita tentang penyihir. Cara JK mengemasnya itu, yang bikin imajinasi melayang jauh dan merasa ingin hidup kayak gitu(jadi penyihir)
mantra-mantranya pun memikat, kayak plesetan bahasa Inggris. Misalnya pas mantra Aresto Momentum, dia ngambil dari Arest the moment. sangat kreatif menurut saya. Lalu, karakter-karakternya kuat dan fokus. Ahhh saya jatuh cinta sama Hermione dan ngefans berat sama keluarga weasley Khususnya Ron dan si kembar Fred dan George( napa si Fred mesti mati yak???)
Reply With Quote
  #25  
Old 09-23-2012, 01:11 PM
nanase nanase is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2010
Posts: 7
Default

Yang membuat saya tertarik dengan harry Potter (meski say abukan anak-anak lagi...lol) adalah karena bahasanya yang mudah dicerna dan plotnya yang juga mudah dicerna. Saya tidak tahu bagaimana dengan yang lain, tapi saat saya baca Harry Potter itu rasanya nggak mau berhenti sebelum halaman habis. majuuuu terus. Konflik dan plot yang dijalin menarik tapi tidak kemana-mana. Dan satu hal lagi yang penting, bahasanya enak dicerna. jadi nggak perlu mikir dulu kalimat ini maksudnya apa ya..

Ini mungkin yang disebut sebagai gaya populer. Karena kesan ringan dan pop ini yang bikin novel Harry potter lebih banyak penggemarnya. Nilai plusnya, JK rowling tidak hanya sekedar terjebak dalam tulisan bergaya fantasi populer biasa. Dia termasuk salah satu pendongeng yang bagus (menurut saya). Kenapa? Karena dia bisa menciptakan dunia imajinasi yang cukup membius juga (menurut saya lagi) dan menjalin plot menarik.

Jadi kalau mau membuat novel spektakuler (meniru istilah topik starter) semacam itu, yah... menurut saya juga, cobalah mulai dari membuat cerita sederhana yang menarik dulu. Tidak harus bertema wah, tapi minimal mampu membuat yang baca mengerti dan senang membacanya dulu. Setelah itu baru silakan berpikir untuk membuat sebuah tema yang spektakuler (padahal kalau dipikir-pikir lagi, Harry Potter plotnya sederhana juga) lalu cari penerbit yang mau menerbitkan.

Oh, dan saya nggak percaya kalau Harry Potter itu hasil hoki-hokian. Yang pernah saya baca, draft Harry Potter itu dulu sempet ditolak penerbit. Meski saya nggak menyangkal peran penerbit itu penting untuk terbitnya suatu tulisan, pada akhirnya, pembaca lah yang menentukan segalanya.
Reply With Quote
  #26  
Old 03-07-2014, 09:28 PM
Epicu.Fail Epicu.Fail is offline
Anak Muda
Join Date: Mar 2014
Posts: 6
Default

klo ane pertama kali suka harry potter karena cerita tentang sekolah penyihirnya, pembagian kelas, dan persaingan antar kelas. makin menuju tamat jadi ga setertarik dulu sih karena fokus sekolahnya berkurang, apalagi di buku terakhir. paling suka buku empat, yang turnamen triwizard.
Reply With Quote
  #27  
Old 07-22-2016, 11:42 AM
Monox D. I-Fly Monox D. I-Fly is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2011
Posts: 244
Default

Kalau saya suka novel Harry Potter karena pengarangnya suka memasukkan Red Herring di dalamnya. Tokoh-tokoh yang digambarkan seolah-olah baik ternyata jahat, begitu juga sebaliknya, tokoh-tokoh yang digambarkan seolah-olah jahat ternyata baik. Contoh-contohnya: Guru yang pake' turban di Buku 1, Gilderoy Lockhart di Buku 2, Regulus Black & Lupin di Buku 3, Moody di Buku 4, dan Severus Snape di Buku 7.
Reply With Quote
Reply

Tags
analisa, belajar, diskusi, harry potter, saling membantu

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:04 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.