Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Novel
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 08-15-2013, 06:07 PM
moonkotilez15 moonkotilez15 is offline
Anak Muda
Join Date: Aug 2013
Posts: 4
Default Review Novel Sci-fi :)

Hi all, salam kenal dari newcomer..

Sedikit intermezzo, ceritanya lagi semangat-semangatnya ingin nulis novel (salah minum obat kayanya ^^), mulailah mencari-cari forum yg cocok buat nambah2 wawasan. Terdamparlah di kners...

Nah, straight to my objective, saya mau minta pandangan dari para sesepuh & semuanya, seputar ide untuk mnulis novel sci-fi.
Eniwei, saya udah mulai nyusun ide-nya loh.. Di bawah ini saya copas prolog-nya ya. Trims buat yg mau membaca & mmberikan masukannya..
Reply With Quote
  #2  
Old 08-15-2013, 06:10 PM
moonkotilez15 moonkotilez15 is offline
Anak Muda
Join Date: Aug 2013
Posts: 4
Default

Judul: Qora, The Planet
Berikut prolog-nya:

Tahun 2100, bumi dengan 4 miliar jumlah penduduknya berada di bawah sebuah otoritas badan internasional H.O.M (House of Mankind) yang semula dikenal dengan dewan perwakilan bangsa-bangsa. Terbagi menjadi 6 distrik pemerintahan regional yang masing-masing dipimpin oleh seorang pemimpin distrik, dunia tidak lagi mengenal istilah bangsa-bangsa. Semua bentuk pemerintahan dari belahan bumi bagian timur sampai ke barat tunduk di bawah kekuasaan absolut seorang pemimpin dunia bergelar ‘lord’.

20 tahun silam telah terjadi peristiwa mengerikan terbesar yang pernah tercatat dalam sepanjang sejarah umat manusia. Kurang dari sebulan, kehancuran total melanda seluruh kota, ribuan juta jiwa melayang, hanya menyisakan bumi dengan puing-puing peradaban dan seperempat penduduknya.

Seluruh dunia berkabung, tak satu otoritas pun dari berbagai pemerintahan bangsa-bangsa yang tersisa dapat merayakan sebuah kemenangan. Sejak itu, perang nuklir antar bangsa itu dikenal dengan sebutan ‘Tragedi 2080’.

Di tengah-tengah kegelapan dan kekacauan yang melanda umat manusia, sebuah keajaiban datang dari pemuda misterius, Damien Victor Grey, muncul mengumumkan hasil temuannya yang dapat memulihkan kehidupan di bumi. Melalui teorinya, sebuah mesin laser nanoteknologi bertenaga nuklir mampu mengembalikan jutaan partikel-partikel elemen yang telah hancur, tersusun kembali, utuh, menyerupai bentuknya sedia kala. Gedung-gedung, rumah, mobil, buku, semua benda apapun bentuknya dapat tercipta kembali.

Dalam waktu setahun, sekelompok perwakilan bangsa-bangsa membiayai proyek kemanusiaan itu. Dunia-pun mengenalnya dengan sebutan ‘The Re-creator’. Seluruh puing-puing kota-kota yang tersebar di berbagai belahan dunia, kembali utuh berdiri tegak, tanpa sedikitpun menyisakan jejak-jejak kehancurannya.

Secercah harapan telah muncul kembali melalui pemuda tersebut, Damien. Namun the re-creator tetap tak mampu menghilangkan trauma mendalam umat manusia yang masih membekas dalam atas jiwa-jiwa yang telah hilang. Tak ada lagi bentuk kepercayaan terhadap otoritas pemerintahan. Kekacauan besar melanda seluruh kota-kota. Berbagai jenis kelompok-kelompok radikal bermunculan, pemberontakkan, terror dimana-mana.

Demi memulihkan kestabilan di seluruh dunia, keputusan bulat diambil oleh seluruh dewan perwakilan bangsa-bangsa, dengan pengangkatan seorang pemimpin. Damien, seorang pekerja keras berhati mulia, memperjuangkan kemanusiaan, tak memiliki agenda politik apapun. Atau setidaknya itulah yang dipikirkan para dewan dan seluruh umat manusia saat penobatannya.

Lebih dari sekedar anak muda genius, melalui kepemimpinannya, Damien berhasil mengangkat citra sosoknya di mata dunia. Layaknya jelmaan Alexander Agung, ia mempersatukan seluruh bangsa-bangsa dalam satu tampuk kepemimpinannya. Lebih dari itu, Damien melancarkan misi agung-nya, ‘The New World’, dimana ribuan pesawat dibangun untuk melakukan ekspedisi luar angkasa.
Reply With Quote
  #3  
Old 08-15-2013, 06:20 PM
hamdan15's Avatar
hamdan15 hamdan15 is offline
Anak Muda
Join Date: Jun 2011
Posts: 19
Default

menurut ane ada yg janggal,

pertama damien mengembalikan - recreator.
kemudian dia menjelajah/ekspedisi ke luar angkasa.

cepet bgt progressnya.

maksudnya, lbh baik dibikin dari awal, dia nyiptain pesawat luar angkasa untuk menyelamatkan manusia dari kehancuran atau apa.

kalo dia bikin pesawat untuk menjelajahi luar angkasa dan bumi udah aman, kyknya nggak terlalu konflik bgt.


trus, mungkin ane salah:

Melalui teorinya, sebuah mesin laser nanoteknologi bertenaga nuklir mampu mengembalikan jutaan partikel-partikel elemen yang telah hancur, tersusun kembali, utuh, menyerupai bentuknya sedia kala.


mesin yang bisa mengembalikan jutaan partikel2 elemen yg udah hancur.


partikel disini banyak banget kak, termasuk manusia. manusia juga tersusun atas partikel kan.

jadi, logikanya aja, klo bangunan bisa dikembalikan, maka manusia yg mati juga bisa hidup.

itu pendapat ane sih, makasih.
Reply With Quote
  #4  
Old 08-15-2013, 06:47 PM
moonkotilez15 moonkotilez15 is offline
Anak Muda
Join Date: Aug 2013
Posts: 4
Default

Thx masukkannya Hamdan.

Hmmm.. beberapa poin memang akan perlu penjelasan sih di bab2 nantinya.. But ur point is well taken.. Thx again.

Quote:
Berikut penjelasan sementara..

pertama damien mengembalikan - recreator.
kemudian dia menjelajah/ekspedisi ke luar angkasa.

cepet bgt progressnya.
Yap benar skali.. memang trlalu cepat.. dan tentunya berkat terobosan nanoteknologi-nya Damien. Memang di bagian-bagian selanjutnya perlu ada percakapan yg merujuk ke poin di atas..

Quote:
kalo dia bikin pesawat untuk menjelajahi luar angkasa dan bumi udah aman, kyknya nggak terlalu konflik bgt.
Nah, memang dari prolog-nya belum menceritakan misteri si Damien ini.. Tapi plot-nya memang mau dikembangin, kalau ternyata si Damien ini bukan dari Bumi.. which is.. seperti hint dr judul-nya "Qora, the Planet'.

Quote:
partikel disini banyak banget kak, termasuk manusia. manusia juga tersusun atas partikel kan.

jadi, logikanya aja, klo bangunan bisa dikembalikan, maka manusia yg mati juga bisa hidup..
Wah.. bener sih.. kalo tak bayangin, mayat-mayat berserakan di mana2.. Eniwei, nyawa/soul-nya tidak bisa dikembalikan.. rite..?

TQ..
Reply With Quote
  #5  
Old 08-15-2013, 09:48 PM
hamdan15's Avatar
hamdan15 hamdan15 is offline
Anak Muda
Join Date: Jun 2011
Posts: 19
Default

bikin aja dulu ceritanya kk.

trus post di kemudian.com.
Reply With Quote
  #6  
Old 08-16-2013, 09:51 AM
moonkotilez15 moonkotilez15 is offline
Anak Muda
Join Date: Aug 2013
Posts: 4
Thumbs up

Roger that.
Reply With Quote
  #7  
Old 07-22-2016, 12:32 PM
Monox D. I-Fly Monox D. I-Fly is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2011
Posts: 244
Default

Saya harap Damien ini bukan seorang Gary Stu...
Ngomong-ngomong bangunan yang dikembalikan oleh re-creator ini bakal kembali ke bentuk semula? Kuil Parthenon nggak retak-retak lagi? Menara Pisa nggak miring lagi?
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:03 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.