Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Novel
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 09-23-2012, 03:05 PM
nanase nanase is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2010
Posts: 7
Default Novel Indonesia vs Novel terjemahan

Saya pengen nanya, nih.. antara novel terjemahan dan novel Indonesia (atau apalah istilahnya itu untuk novel-novel karya penulis Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia), lebih suka baca yang mana dan alasannya apa.
Reply With Quote
  #2  
Old 09-23-2012, 09:46 PM
Gitta-chan Gitta-chan is offline
Anak Muda
Join Date: Sep 2011
Posts: 65
Default

Sebenernya tergantung kesukaan, sih. Tapi kalau saya, sih, sukanya tergantung.

Ada novel Indonesia yang asyik dibaca dan penulisannya bagus; saya suka.
Ada novel Indonesia yang ceritanya asyik, tapi penulisannya 'begitu'; it depends.
Ada novel Indonesia yang ceritanya bikin saya mual, tapi penulisannya lumayan bagus; saya kurang suka

Ada novel terjemahan yang idenya menarik banget, tapi penulisannya membuat mata saya jadi pusing; lumayanlah...
Ada novel terjemahan yang bagus; saya suka

Pokoknya segalanya tergantung, deh.

Salam kenal ya, Kak~!
Reply With Quote
  #3  
Old 09-26-2012, 04:38 PM
agung hirata agung hirata is offline
Anak Muda
Join Date: Sep 2012
Posts: 10
Default

kalo ane sih sebenarnya dua2nya oke sih, cuma kelebihan novel lokal, isinya itu lebih dekat pada kita karena faktor kesamaan budaya, nasonalisme dan kebiasaan, jadi lebih meresap, kl novel terjmahan alias novel luar biasanya budaya atau kebiasaan didalam ceritanya berbeda dengan kebudayaaan kita orang.
ada dua buku recomended dari ane nih, yakni

dan


itu asli lokal dan pastinya meresap di adat kita
Reply With Quote
  #4  
Old 09-26-2012, 08:14 PM
coffeeofsea coffeeofsea is offline
Anak Muda
Join Date: Sep 2012
Posts: 1
Default

Quote:
Originally Posted by agung hirata View Post
kalo ane sih sebenarnya dua2nya oke sih, cuma kelebihan novel lokal, isinya itu lebih dekat pada kita karena faktor kesamaan budaya, nasonalisme dan kebiasaan, jadi lebih meresap, kl novel terjmahan alias novel luar biasanya budaya atau kebiasaan didalam ceritanya berbeda dengan kebudayaaan kita orang.
ada dua buku recomended dari ane nih, yakni

dan


itu asli lokal dan pastinya meresap di adat kita
Aku lebih suka novel terjemahan, dan sampai sekarang pun aku pakai metode penulisan cerita berdasarkan novel terjemahan hehe
cek post-anku yaahh!!
Reply With Quote
  #5  
Old 09-27-2012, 01:00 AM
wiedya_sweed's Avatar
wiedya_sweed wiedya_sweed is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2012
Posts: 101
Wink

Novel terjemahan tentang detektif yg palingg aku suka~ kalo yg indonesia alhamdulillah ya penulisannya agak lumayan alay. Jdinya saya cuma baca bab pertama doank
__________________
You come to love not by finding the perfect person, but seeing an imperfect person perfectly


chibi!!!chibi!!chibii!!!! XD
Reply With Quote
  #6  
Old 05-30-2013, 01:23 PM
Grande_Samael Grande_Samael is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2012
Posts: 115
Default

Ga bisa bilang mana yang lebih disuka sih, tergantung isi, jalan cerita, dan lain-lainnya juga... ^^

Tapi saya kurang suka ma novel2 teenlit indonesia... =A=
Reply With Quote
  #7  
Old 07-22-2016, 11:25 AM
Monox D. I-Fly Monox D. I-Fly is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2011
Posts: 244
Default

Saya lebih suka novel Indonesia. Untuk novel berbahasa Inggris, saya lebih suka baca yang versi bahasa aslinya. Diksi yang digunakan dalam novel terjemahan seringkali tidak pas.
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:43 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.