Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Novel
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #11  
Old 11-24-2012, 09:08 PM
Radical Dreamer Radical Dreamer is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2012
Posts: 5
Default

mungkin istilahnya bisa diganti jadi bahasa indonesia seperti cakra/kekuatan jiwa/dsb. emang sih kurang keren, tapi mau gimana lagi, itu kan bahasa bangsa kita. kita punya bahasa sendiri, jadi gak perlu pake bahasa asing. (sementara saya sendiri masih suka pake istilah asing )
terus buat pengukurannya, kalau gak ada alat akurat buat ngukur ya mending gak usah pake nominal. bilang aja kecil/sedang/besar.
terus cara penjelasannya itu terlalu formal. buatlah lebih alami menggunakan event,hm misalnya...

suatu hari Zughe mendatangi Abram dengan wajah senang,

"UREAAAAA!!"

"GYAAAHHH...!!"

DRUAKK!!

tiba-tiba Abram mengeluarkan tenaga dalam melalui tinjunya. zughe terhempas mengenai dinding.

Abram berjalan pelan mendekati Zughe dan berbisik,

"itulah Force..."

(gak usah dianggap adegan diatas.) pokonya gitu deh, semoga membantu
Reply With Quote
  #12  
Old 11-25-2012, 08:36 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

wah, trid masa lalu mumbul kembali

Quote:
Originally Posted by Radical Dreamer View Post
mungkin istilahnya bisa diganti jadi bahasa indonesia seperti cakra/kekuatan jiwa/dsb. emang sih kurang keren, tapi mau gimana lagi, itu kan bahasa bangsa kita. kita punya bahasa sendiri, jadi gak perlu pake bahasa asing. (sementara saya sendiri masih suka pake istilah asing)
sori, bos, saya ga setuju sama ini.
bagi saya bahasa, kosa kata, kepingan kata dari sebuah bahasa itu membawa karakter sebuah budaya. jadi saya gak bakal seekstrim itu: mentang2 gue orang Indo berbahasa Indo, jadi semuanya harus serba Indo.
nggak.
buat gue itu sama aja ky katak dalam tempurung.

oke?

saya akan menyesuaikan dengan kebudayaan yang sedang saya angkat.
modern ya pake yang modern, kuno, pake yang kuno,
kalo berbau timur tengah, pakai yg sesuai.

gitu aja. ya to?

Quote:
Originally Posted by Radical Dreamer View Post
terus cara penjelasannya itu terlalu formal. buatlah lebih alami menggunakan event,hm misalnya...

suatu hari Zughe mendatangi Abram dengan wajah senang,

"UREAAAAA!!"

"GYAAAHHH...!!"

DRUAKK!!

tiba-tiba Abram mengeluarkan tenaga dalam melalui tinjunya. zughe terhempas mengenai dinding.

Abram berjalan pelan mendekati Zughe dan berbisik,

"itulah Force..."

(gak usah dianggap adegan diatas.) pokonya gitu deh, semoga membantu
terima kasih atas masukannya, walau menurut saya GYAHHH DRUAKKK BUAGHGHH dan tetek bengek macem itu terasa kampungan dan pasti saya hindari sedapat mungkin

Last edited by Canon Bender; 11-25-2012 at 08:40 PM.
Reply With Quote
  #13  
Old 07-22-2016, 12:18 PM
Monox D. I-Fly Monox D. I-Fly is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2011
Posts: 244
Default

Menurut saya nggak masalah sih, toh di One Piece juga pakai satuan kekuatan "douriki" kan?
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:09 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.