Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Novel
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #11  
Old 05-27-2011, 02:17 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by Alfare View Post
Aku pernah ngalamin masalah kayak gini. Buat novelku juga. Judulnya LCHI. Daripada masalah ngebayangin plot, aku mentoknya lebih karena masalah-maalah emosi. Apa yang pengen kuangkat lewat cerita ini adalah hal-hal yang sangat pribadi bagiku, jadi selalu ada kesulitan buat menyampaikannya dengan cara yang aku inginkan. Ditambah lagi selama itu selalu ada ketimpangan dengan nuansa cerita yang kuharapkan dengan situasi kehidupan yang tengah kujalanin pada waktu yang sama. Padahal ini cerita drama teenlit dengan alur yang amat sederhana loh. Pokoknya ada banyak rasa pahit, amarah, sesal, dan kebimbangan.

Aku mulai nyusun ini semenjak SMA, dan udah ngalamin revisi yang udah enggak kehitung banyaknya. Aku sempet ngira novel ini udah ga ada artinya aku lanjutin. Hingga aku bahkan mutusin buat ninggalin pengerjaannya dan nulis cerita-cerita lain semasa kuliah. Baru belakangan aja aku nyadar bahwa bukan cuma masalah skill, sebagai individu, aku juga masih belum cukup dewasa buat ngerjain. Selama itu aku belajar nulis sungguh-sungguh. Aku mendalami berbagai macam cerita, baik lewat buku atau film. Aku coba bereksperimen menulis dengan berbagai gaya, semata-mata buat nemuin gaya yang cocok buatku. Aku juga berlatih untuk bisa menulis secara rutin.

Sampai suatu waktu, Panah Hujan (anggota kcom) yang pernah kukirimin draft cerita asalnya, meminta secara pribadi agar aku menuntaskan cerita ini. Dan entah gimana, ternyata kali ini aku sanggup melakukannya. Jadilah aku mulai ngerjain LCHI lagi. Aku udah keseringan melanggar janji untuk menuntaskannya, tapi itu karena aku beneran ngerjainnya dengan hati-hati. Sedikit demi sedikit, jumlah kata yang kutulis makin bertambah (meski berkurang cepat juga bersama setiap revisi). Aku agak sadis dalam merevisinya, karena beberapa kali aku terpaksa sampai memotong bagian-bagian ceritanya sampai berbab-bab. Tapi aku selalu menyimpan baik-baik bagian-bagian cerita yang kupotong dan aku berhasil mastiin ga ada ide cerita yang kebuang.

Jadi saranku buat Cilang adalah: kamu beneran mesti bersabar. Kamu ENGGAK BOLEH mikir 'aku pengen ceritanya kayak gini' pada saat kamu lagi enggak nulis. Kamu cuma boleh mikir gitu pada saat kau sungguh-sungguh lagi nulis. Yang BOLEH kamu pikirin pada saat kamu nulis adalah 'apa ya, yang sesungguhnya aku inginin?' Niscaya nanti kata-kata yang kamu butuhin bakal muncul sendiri.

Um. Semoga.
super sekali, om alfare
setuju! ahak hak hak
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #12  
Old 05-27-2011, 05:17 PM
145's Avatar
145 145 is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2008
Posts: 92
Default

Ahaha Cilang dan Alfare beneran tipe penulis yang super serius >_<
-
Selamat berjuang deh, mudah-mudahan kedua novel yang direncanakan bisa segera terwujud.
-
Ide cerita itu mirip biji, ada masanya sendiri untuk tumbuh. Bahkan yang sudah lama terpendam dan terlupakan >_<
-
Good luck
Reply With Quote
  #13  
Old 05-27-2011, 08:44 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by 145 View Post
Ahaha Cilang dan Alfare beneran tipe penulis yang super serius >_<
-
Selamat berjuang deh, mudah-mudahan kedua novel yang direncanakan bisa segera terwujud.
-
Ide cerita itu mirip biji, ada masanya sendiri untuk tumbuh. Bahkan yang sudah lama terpendam dan terlupakan >_<
-
Good luck
ah... dirimu juga sepertina tipe serius juga, om 145 serius dari tulisannya tapi. ahak hak hak. kalo cilang siy, kliatan dari cara dia mereply di thread ini jugak. apalagi om alfare: super sekali. hehehe. #intermezzo
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #14  
Old 05-28-2011, 08:16 AM
cilang's Avatar
cilang cilang is offline
Kisanak
Join Date: Mar 2010
Location: Villa Melati, (bersama Gadis Langit Utara dan Bidadari VIII)
Posts: 544
Send a message via Yahoo to cilang
Default

alfare, thanks sarannya. Btw, setelah kemaren telfon Cah Ayu, aku ngerasa fress. Dan rupanya gara-gara kangen kali. Hiks......

Shin, kalau gak serius, gak selesai-selesai. Hahahhaha terlalu serius mimpi buruk. Hehehehehhehehe

om 145, thanksssssssss........
__________________
Code:
<jika>
       <1>Menginginkan kamu itu dosa</1>
       <2>Merindukan kamu itu dosa</1>
<jika>
<maka>
       <1>Melupakan kamu itu keharusan</1>
       <2>Membunuh hati ini perlu</1>
<maka>
Reply With Quote
  #15  
Old 05-30-2011, 03:10 PM
just_hammam's Avatar
just_hammam just_hammam is offline
Kisanak
Join Date: Jul 2008
Location: sementara di Palu
Posts: 877
Send a message via Yahoo to just_hammam
Default

Quote:
Originally Posted by cilang View Post
ini novel pertamaku Sin, yang aku konsep dengan dasar kemampuanku sebagai konseptor. Merancang sebuah sistem atau kegiatan lebih mudah, bahkan pelaksanaannya. Hanya saja, mungkin ada juga efek jenuh, lelah, tidak percaya diri. Sebenernya udah ada 4 bab, tulisan tangan. Isinya script dialog. Deskripsi latar dan lainnya simbolik aja.

Aku minim soal pengetahuan nama benda, warna dan sifat. Seringkali aku tidak bisa membahasakan imajinasi. Ketika aku paksakan semuanya kacau. Ketika aku mengimajinasikan pantai timur desilia yang dalam bentuk ekstreem pantai timur australie, lalu pantai selatannya seperti pantai selatan indonesia, memasukkan pantai bali sampai papua nugini sebagai pantai utaranya dan mendesain pantai baratnya dengan rangkaian mitos selat sunda dengan hiasan kisah cinta bidadari VIII aku bingung bahasanya.

Ketika aku tulis dalam plot jadi ancur. Padahal dalam imajinasiku gak gitu. Keindahan dan keangkeran, kek mitos di rinjani, parang tritis, dan mejikuhibiniu melingkari desilia, kota utopiana yang futuristik tapi visualnya klasik.....

Kalau yang punya saran silahkan....
Kamu mau nulis apa???
__________________
dadio migunani tumraping liyan
visit Penerbit Ndok Asin
Reply With Quote
  #16  
Old 05-31-2011, 04:36 PM
cilang's Avatar
cilang cilang is offline
Kisanak
Join Date: Mar 2010
Location: Villa Melati, (bersama Gadis Langit Utara dan Bidadari VIII)
Posts: 544
Send a message via Yahoo to cilang
Default

Quote:
Originally Posted by just_hammam View Post
Kamu mau nulis apa???
pengen nulis aja...... dan pening.......................
__________________
Code:
<jika>
       <1>Menginginkan kamu itu dosa</1>
       <2>Merindukan kamu itu dosa</1>
<jika>
<maka>
       <1>Melupakan kamu itu keharusan</1>
       <2>Membunuh hati ini perlu</1>
<maka>
Reply With Quote
  #17  
Old 06-01-2011, 12:02 PM
just_hammam's Avatar
just_hammam just_hammam is offline
Kisanak
Join Date: Jul 2008
Location: sementara di Palu
Posts: 877
Send a message via Yahoo to just_hammam
Default

oke, selamat menulis...
__________________
dadio migunani tumraping liyan
visit Penerbit Ndok Asin
Reply With Quote
  #18  
Old 07-21-2016, 12:01 PM
Monox D. I-Fly Monox D. I-Fly is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2011
Posts: 244
Default

Quote:
Originally Posted by Alfare View Post
Jadi saranku buat Cilang adalah: kamu beneran mesti bersabar. Kamu ENGGAK BOLEH mikir 'aku pengen ceritanya kayak gini' pada saat kamu lagi enggak nulis. Kamu cuma boleh mikir gitu pada saat kau sungguh-sungguh lagi nulis. Yang BOLEH kamu pikirin pada saat kamu nulis adalah 'apa ya, yang sesungguhnya aku inginin?' Niscaya nanti kata-kata yang kamu butuhin bakal muncul sendiri.

Um. Semoga.
Nah, ini nih, penyakit terbesar saya dalam menulis serial... Kalau lagi writer-block justru semangat mikirin ide cerita, tapi giliran ditulis malah bingung... Alhasil karangan saya yang sudah saya tulis berkali-kali sejak kelas 10 (11 tahun yang lalu) pun biasanya terhenti waktu masih arc ke-3 atau ke-4...
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:42 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.