Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Puisi
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 03-30-2010, 03:15 PM
nawang.wulan's Avatar
nawang.wulan nawang.wulan is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2008
Posts: 28
Default Berapa lama menulis sebuah puisi?

Nawang mau nanya bisanya berapa lama sih menulis sebuah puisi (atau cerita)... Emang ga nentu siy tapi rate-nya ajah gitu berapa lama?
Reply With Quote
  #2  
Old 03-30-2010, 03:59 PM
sekar88's Avatar
sekar88 sekar88 is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2007
Posts: 118
Smile

kalo aku sih waktu untuk bikin cerpen butuh sekitar sebulanan (hee laama amat) itu sudah termasuk pengembangan karakter dan cerita. paling cepet bikin cerpen sih seminggu itupun gara-gara deadline buat majalah di kampus :P
kalo puisi tiap hari biasanya bikin, setting puisinya kayak diari jadi terkadang meaningless atau justru dalem banget tergantung momen.
Reply With Quote
  #3  
Old 03-30-2010, 04:22 PM
nawang.wulan's Avatar
nawang.wulan nawang.wulan is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2008
Posts: 28
Default

Quote:
Originally Posted by nawang.wulan View Post
Nawang mau nanya bisanya berapa lama sih menulis sebuah puisi (atau cerita)... Emang ga nentu siy tapi rate-nya ajah gitu berapa lama?

nwg ralat: biasanya bukan bisanya
Reply With Quote
  #4  
Old 03-30-2010, 07:47 PM
bunghatta_crb's Avatar
bunghatta_crb bunghatta_crb is offline
Anak Muda
Join Date: Mar 2008
Posts: 22
Default

Quote:
Originally Posted by sekar88 View Post
kalo aku sih waktu untuk bikin cerpen butuh sekitar sebulanan (hee laama amat) itu sudah termasuk pengembangan karakter dan cerita. paling cepet bikin cerpen sih seminggu itupun gara-gara deadline buat majalah di kampus :P
kalo puisi tiap hari biasanya bikin, setting puisinya kayak diari jadi terkadang meaningless atau justru dalem banget tergantung momen.

Kalo hatta yang penting dapet ide..
nulis cerpen paling lama 3 jam paling cepet 30 menit
kalo puisi... paling lama 10 menit paling cepet 3 menitan dech..

hehehe.. itu sudah termasuk editing..
hebat ya...

tapi tergantung bobot isinya.. kalo agak berbobot mikirnya yang lama.
kalo yang gak ambil pusing dan asal nulis cepet juga. secepat bikin komentar..

hehehe...
Reply With Quote
  #5  
Old 03-30-2010, 07:58 PM
Fany Ijo's Avatar
Fany Ijo Fany Ijo is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Posts: 92
Default

kalo aku biasanya buat cerita lama banget...
tp tergantung ceritanya juga. kalo cerita tentang diri sendiri bisa lebih cepet. tapi kebanyakan klo nulis cerita mandheg(brenti) di tengah jalan c..
karena ide mentok..
kalo puisi...
biasanya ide muncul dimanapun aku berada...
walo lagi keluar kota sekalipun, jadi langsung tulis selesaikan (biasanya ngetik di hp) trus tinggal copas dr sms ke post di kekom ato fb..
jadi klo lama nulis puisi gak tentu juga..
kalo idenya maksa, malah gak jadi2, tapi justru yg spontan jadinya cepet...
waktu tercepat bkin puisi 10menit
Reply With Quote
  #6  
Old 03-30-2010, 08:46 PM
Chie_chan's Avatar
Chie_chan Chie_chan is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Location: Seoul
Posts: 430
Send a message via Yahoo to Chie_chan
Default

kalo cerpen, chie bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan. soalnya kadang" idenya menghilang, n harus mikirin benang merahnya dulu baru jalan. itupun mesti dipecut, soalnya saia orangnya males.
kalo puisi, palingan 2-3 jam setelah ketemu inspirasi.
yah, berbahagialah yg bisa membuat puisi dalam jangka waktu kurang dari 1 jam. :|

share aja
__________________
"Kneel down before me, humble peasants!"

_____

The Queen of Le Chateau de Phantasm

Follow me on: Twitter My Blog
Reply With Quote
  #7  
Old 03-30-2010, 08:56 PM
Penguin's Avatar
Penguin Penguin is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Padang Kota Tercinta....
Posts: 1,670
Send a message via Yahoo to Penguin
Default

Kalau saya (ada nanya nggak?) biasanya untuk membuat cerpen, waktu paling lama adalah saat mencari ide. Setelah ide sudah di tangan, biasanya menulis cerpen nggak sampai 4 jam. Yang paling cepet waktu itu 30 menit, tapi mikirin idenya 2 bulan

Kalau puisi, saya masih belum bisa memperkirakan....
__________________
"Apabila orang tidak percaya bahwa matematika itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya kehidupan ini" - Johny von Neuman (1903-1957)

"Apabila orang tidak percaya bahwa bermimpi itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa mudahnya mengkhayal" - Penguin (1991-sekarang)


Rumah Penguin sudah direnovasi! Rumah Penguin
Menghadapi kelamnya dunia, Penguin mendirikan The Order of The Penguin
Reply With Quote
  #8  
Old 03-30-2010, 10:56 PM
Fany Ijo's Avatar
Fany Ijo Fany Ijo is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Posts: 92
Default

Quote:
Originally Posted by Chie_chan View Post
kalo puisi, palingan 2-3 jam setelah ketemu inspirasi.
yah, berbahagialah yg bisa membuat puisi dalam jangka waktu kurang dari 1 jam. :|

share aja
chie, itu waktu tercepat..(cuma 1-2x)
biasanya bisa sampe berjam-jam juga..^^
Reply With Quote
  #9  
Old 03-31-2010, 09:27 AM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Nggak ada waktu yang pasti untuk menulis. Beda ceritanya jika ikut perlombaan yang ditentukan waktu pembuatannya: langsung di depan juri dan panitia.

Tapi beda lagi jika kamu punya deadline.

Ahak hak hak
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #10  
Old 03-31-2010, 10:14 AM
noodle_cie noodle_cie is offline
Anak Muda
Join Date: May 2007
Posts: 8
Send a message via Yahoo to noodle_cie
Default

kalo udah di goda sama si IDE sih biasanya 10-30 menit udah jadi deh puisi....
__________________
http://kamarocie.blogspot.com/

selalu tersenyum..., ceriakan diri dan sekitar
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 07:57 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.