Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Puisi
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 01-08-2012, 11:38 PM
sefa ayu sefa ayu is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2011
Posts: 77
Default puisi=curhat (so what??)

Ada yg rada sewot kalau sbuah krya (notabene puisi) brisi tntang curhatan hati, trus diledekin "lagi curcol ya??"

wow, prtanyaannya.. "Emang kenapa??"
buknnya para pnyair2 mlai dri chairl anwar, sutrdji calsium, dsb jg sring mnampilkn kryanya sbagai curhatan hatinya??
jtuh cintanya pda seseorang, kekaguman, bntuk protes, dsb.

ya.. sperti itulah puisi, dibuthkan "feel'' emang,
so, jangan asal komentar doang... yg cerdas dikitlah..
huhu.. *brkomntarlah atas ilmu (pngetahuan), biar km jg ga keliatan kosongnya *hihi..
Reply With Quote
  #2  
Old 01-08-2012, 11:49 PM
lawhyne's Avatar
lawhyne lawhyne is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2011
Location: Kudus, Jawa Tengah
Posts: 88
Default

Quote:
Originally Posted by sefa ayu View Post
Ada yg rada sewot kalau sbuah krya (notabene puisi) brisi tntang curhatan hati, trus diledekin "lagi curcol ya??"

wow, prtanyaannya.. "Emang kenapa??"
buknnya para pnyair2 mlai dri chairl anwar, sutrdji calsium, dsb jg sring mnampilkn kryanya sbagai curhatan hatinya??
jtuh cintanya pda seseorang, kekaguman, bntuk protes, dsb.

ya.. sperti itulah puisi, dibuthkan "feel'' emang,
so, jangan asal komentar doang... yg cerdas dikitlah..
huhu.. *brkomntarlah atas ilmu (pngetahuan), biar km jg ga keliatan kosongnya *hihi..
setuju dah.....
Reply With Quote
  #3  
Old 01-09-2012, 02:00 AM
wacau's Avatar
wacau wacau is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2010
Location: kemudian
Posts: 166
Default

udah pernah dibahas, silahkan baca di link :
http://www.kners.com/showthread.php?t=1457

__________________
anak muda yang kepingin jadi kisanak
Reply With Quote
  #4  
Old 01-09-2012, 05:58 AM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

yaelah.... -____-"

jadi ini menurut saia niy, TS nggak lebih baik dari siapapun itu yg koment curcol ke tulisan di kekom. pasalnya, isi thread ini nggak menunjukkan sebuah ajakan buat diskusi. saia pikir lebih ke arah kesal, nggak nyaman, mungkin ngerasa yg koment itu sedemikian tololnya hingga ia harus membuat thread seperti ini. jadi saia harap yg buat untuk tenang aja deh semisal dapat koment yg begitu, atau menemukan perbedaan pndapat. sah sah aja. jgn langsung "tersinggung" sampe bikin thread dgn topik usang macam begini. tapi kalau ajakannya baik, saia pikir nggak ada masalah. maksud saia ya nggak kayak beginilah. tapi kalau tetap nggak senang, ajakin duel, adu argumen, adu puisi atau adu komentar. apalah yg pnting gak kayak begini ini. huff... mbok ya klo ada pertanyaan atau pendapat ya bikin yg bagus gtu caranya.

misal, "menurut kalian puisi itu curcol gak, sih? soalnya aku berpikir semua penyair pasti mmbicarakan isi pikiran dan hatinya. jadi tulisannya itu adalah curhat. atau curcol dan blablabla... chairil anwar dan blablabla sutardji... begitu jg curhat. mungkin pada masa mereka belum ada istilah itu dan blablabla....

"dan menurut teman2 disini gimana, nih? soalnya aku tergelitik dgn bbrpa koment yg bilang suatu tulisan/ puisi itu curcol dan seolah2 dgn disebut bgtu, tulisan trsbt bukan puisi. aku kurang sependapat sih. coba ada yg bs memaparkan biar aku dan yg lainna juga tahu. terima kasih atas perhatiannya."

begitu kan asik siy!




jadi plis deh, menyoal curcol nggak curcol udah seringkali dibahas, buk. bahkan sejak2 awal kekom ini ada. karena itu kalau bisa disearch dulu kalau mau buat topik. silahkan ke link yg dibilangin om wacau tsb di atas. semoga menyenangkan dan kip nulis. mohon maap kalau kurang berkenan. saia lagi dapet soalna. ahak hak hak.
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #5  
Old 01-09-2012, 09:13 AM
sefa ayu sefa ayu is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2011
Posts: 77
Default

Quote:
Originally Posted by lawhyne View Post
setuju dah.....

hoho ya gitu deh
Reply With Quote
  #6  
Old 01-09-2012, 09:17 AM
sefa ayu sefa ayu is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2011
Posts: 77
Default

Quote:
Originally Posted by wacau View Post
udah pernah dibahas, silahkan baca di link :
http://www.kners.com/showthread.php?t=1457

oh, bguslah kalau udah prnah dibahas, heran aja, kok msih brlnjut ya di karya2 org? hmmm bukannya ga nrima sih, cuma nampaknya mngganggu amat kmen yg kyak gtuan...

mksdnya siapa nih yg pngen jdi kisanak? hadeuh
Reply With Quote
  #7  
Old 01-09-2012, 09:32 AM
sefa ayu sefa ayu is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2011
Posts: 77
Default

Quote:
Originally Posted by Shinichi View Post
yaelah.... -____-"

jadi ini menurut saia niy, TS nggak lebih baik dari siapapun itu yg koment curcol ke tulisan di kekom. pasalnya, isi thread ini nggak menunjukkan sebuah ajakan buat diskusi. saia pikir lebih ke arah kesal, nggak nyaman, mungkin ngerasa yg koment itu sedemikian tololnya hingga ia harus membuat thread seperti ini. jadi saia harap yg buat untuk tenang aja deh semisal dapat koment yg begitu, atau menemukan perbedaan pndapat. sah sah aja. jgn langsung "tersinggung" sampe bikin thread dgn topik usang macam begini. tapi kalau ajakannya baik, saia pikir nggak ada masalah. maksud saia ya nggak kayak beginilah. tapi kalau tetap nggak senang, ajakin duel, adu argumen, adu puisi atau adu komentar. apalah yg pnting gak kayak begini ini. huff... mbok ya klo ada pertanyaan atau pendapat ya bikin yg bagus gtu caranya.

misal, "menurut kalian puisi itu curcol gak, sih? soalnya aku berpikir semua penyair pasti mmbicarakan isi pikiran dan hatinya. jadi tulisannya itu adalah curhat. atau curcol dan blablabla... chairil anwar dan blablabla sutardji... begitu jg curhat. mungkin pada masa mereka belum ada istilah itu dan blablabla....

"dan menurut teman2 disini gimana, nih? soalnya aku tergelitik dgn bbrpa koment yg bilang suatu tulisan/ puisi itu curcol dan seolah2 dgn disebut bgtu, tulisan trsbt bukan puisi. aku kurang sependapat sih. coba ada yg bs memaparkan biar aku dan yg lainna juga tahu. terima kasih atas perhatiannya."

begitu kan asik siy!




jadi plis deh, menyoal curcol nggak curcol udah seringkali dibahas, buk. bahkan sejak2 awal kekom ini ada. karena itu kalau bisa disearch dulu kalau mau buat topik. silahkan ke link yg dibilangin om wacau tsb di atas. semoga menyenangkan dan kip nulis. mohon maap kalau kurang berkenan. saia lagi dapet soalna. ahak hak hak.

oh, udah sring dibahas ya mas ? hoho.. tpi kok msih ada ya.. org2 yg sperti itu? kok masih bertahan? artinya diskusi itu blum nge'efek scara mendalam *soalnya msih mnyisakan org2 yg sperti itu, dan rata2 malah member2 lama* (kan, heran)

masalah TS yg aku ngepost, okelah mngkn kesannya rada kesal (tpi, kalau skedar diskusi doang yg kata mas udah basi dibicarain, nah once again "kok masih bnyak org2 yg kyak gtu" ? spertinya diskusi saja ga mampu deh. so, boleh donk sy utarakan pndapat mlalui TS yg jg mngandung tujuan ? (atau emang ada btasan ya?? )

well, whatever lah...
yg jelas yah.. dri komen2 trsbut ada jg yg memberikan efek yg gak baik pd beberapa pnulis sperti, merka jdi ga pede lgi nulis. ku sih fine2 aja, tpi blum tntu ya buat member2 yg jga baru.., ada tmen yg baru dtg lngsung prgi lgi deh drisini, dri komen yg ga mmbngun n membsarkan itu..
hmmm...
Reply With Quote
  #8  
Old 01-09-2012, 09:37 AM
Putra Mahkota Putra Mahkota is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2011
Posts: 746
Default

Hmm..puisi curcol ya? Tergantung juga. Kalo curcol tapi dikemas dengan diksi yang apik, kemasan dan judul menarik, kayaknya sisi curcolnya ga akan keliatan.
Reply With Quote
  #9  
Old 01-09-2012, 09:44 AM
sefa ayu sefa ayu is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2011
Posts: 77
Default

Quote:
Originally Posted by Putra Mahkota View Post
Hmm..puisi curcol ya? Tergantung juga. Kalo curcol tapi dikemas dengan diksi yang apik, kemasan dan judul menarik, kayaknya sisi curcolnya ga akan keliatan.

iyya puput maksdnya gitu
bnyk lho karya bgus, dikemas bgus, enak mlah dibca, kalau pun curconyal nampak, ttap aja gpp kan?
cuman sygnya ada jg yg trlihat risih n ngomen seakan2 sang pmbuat krya itu kryanya ga mutu, skedar curcol. nah, bgus kalau komennya dicuekin, tpi kalau nge'efek ke si pmbuat krya? lngsung hengkang? krn jdi ga pede lg
Reply With Quote
  #10  
Old 01-09-2012, 10:17 AM
Dedalu's Avatar
Dedalu Dedalu is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2011
Location: Behind you
Posts: 166
Default

ya, puisi curcol ya boleh sih boleh,
tapi berbeda,
selain curcol kita juga harus memahami pembaca,
makanya di kekom ini kita belajar menulis, yaitu belajar untuk persuasif/deskriptif/rekreatif,
biarpun itu curcol tapi tetap untuk tujuan diatas

maaf kalau komentar saia sotoy, tapi beginilah apa adanya
__________________
"Like I Care"

signature picture
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 06:44 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.