Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Novel
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #31  
Old 09-03-2009, 02:55 PM
someonefromthesky's Avatar
someonefromthesky someonefromthesky is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2007
Location: Bandung
Posts: 627
Default

Boleh juga sekalian gambar sketsa kejadiannya. Misalnya untuk adegan aksi atau pertarungan, buat sketsa lokasi tokoh-tokohnya, letak benda-benda dan segala macamnya. Jadi gampang ngebayanginnya.
__________________
"Tinta itu hitam, Jenderal."
Reply With Quote
  #32  
Old 09-11-2009, 06:52 AM
sefry_chairil sefry_chairil is offline
Anak Muda
Join Date: Jun 2007
Posts: 9
Default

hai, hai..
sharing pengalaman aja ya.
menurut saya, kerangka itu perlu untuk menjaga alur cerita.

saya belajar dari andrei aksana tentang membuat kerangka dan potongan cerita.

pertama, saya tulis adegan-adegan secara acak.
kedua, saya tulis kembali adegan-adegan itu di potongan kertas atau boleh post-it.
ketiga, saya tempel potongan itu di whiteboard untuk menyusun alurnya.
keempat, mulai menulis.

untuk penokohan, saya percaya kalau setiap genre mempunyai pola. tidak mungkin (atau saya belum pernah membaca) tokoh dalam chicklit masuk ke tokoh dalam misteri. tentu tokoh tersebut mempunyai latar belakang, namun latar belakang itu yang membentuk pola.
Reply With Quote
  #33  
Old 09-11-2009, 06:02 PM
dirgita's Avatar
dirgita dirgita is offline
Sesepuh
Join Date: Jan 2008
Posts: 1,466
Default

Baru-baru ini, aku membuat semacam sinopsis dari novel yang akan aku garap. Dari sinopsis itu, aku lebih cepat menemukan beberapa kekurangan fatal. Dari sinopsis juga, aku bikin sifat masing-masing karakter^^

Saran Mbak Sefri bisa dicoba!
__________________
Yaara mein kya karu?^^
Reply With Quote
  #34  
Old 09-25-2009, 08:58 PM
angel16's Avatar
angel16 angel16 is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Location: semarang
Posts: 5
Default

selama ini aku bikin novel tanpa kerangka... pokoknya tauuuu aja arah ceritanya dibuat kemna. jadi tahu awal, tahu ending, tapi tengah bolong. yah... *garuk2 kepala* memang pusing si... tapi kalo ada kerangkanya, kadang2 kita baru sadar klo hal itu ga masuk akal di ending2 dan ngerusak seluruh kerangka yg kita bikin... mmg susah ya..
Reply With Quote
  #35  
Old 09-25-2009, 11:18 PM
Penguin's Avatar
Penguin Penguin is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Padang Kota Tercinta....
Posts: 1,670
Send a message via Yahoo to Penguin
Default

Saya baru ingat kalau novel saya mulai melenceng dari kerangka... sekarang mau nyoba ikutin cara mas chairil.
__________________
"Apabila orang tidak percaya bahwa matematika itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya kehidupan ini" - Johny von Neuman (1903-1957)

"Apabila orang tidak percaya bahwa bermimpi itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa mudahnya mengkhayal" - Penguin (1991-sekarang)


Rumah Penguin sudah direnovasi! Rumah Penguin
Menghadapi kelamnya dunia, Penguin mendirikan The Order of The Penguin
Reply With Quote
  #36  
Old 09-26-2009, 09:55 AM
dirgita's Avatar
dirgita dirgita is offline
Sesepuh
Join Date: Jan 2008
Posts: 1,466
Default

Di dalam sebuah kerangka, setidaknya, kita menemukan lubang-lubang logika yang cukup besar. Sementara lubang-lubang yang lebih kecil, akan kita temukan saat penggarapan lebih lanjut^^
__________________
Yaara mein kya karu?^^
Reply With Quote
  #37  
Old 09-26-2009, 03:35 PM
Penguin's Avatar
Penguin Penguin is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Padang Kota Tercinta....
Posts: 1,670
Send a message via Yahoo to Penguin
Default

Kalau berlubang dimana-mana?
__________________
"Apabila orang tidak percaya bahwa matematika itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya kehidupan ini" - Johny von Neuman (1903-1957)

"Apabila orang tidak percaya bahwa bermimpi itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa mudahnya mengkhayal" - Penguin (1991-sekarang)


Rumah Penguin sudah direnovasi! Rumah Penguin
Menghadapi kelamnya dunia, Penguin mendirikan The Order of The Penguin
Reply With Quote
  #38  
Old 09-26-2009, 05:04 PM
dirgita's Avatar
dirgita dirgita is offline
Sesepuh
Join Date: Jan 2008
Posts: 1,466
Default

Sediakan semen dan batu yang cukup. Kita cor^^
Makanya, bikin kerangka (bagi yang berminat), supaya lubang yang bertebaran di mana-mana bisa ketahuan lebih dulu dan ditambal. Lubang yang gede itu yang paling bahaya. Sekali nabrak, bisa...~.~
__________________
Yaara mein kya karu?^^
Reply With Quote
  #39  
Old 10-05-2009, 06:23 PM
angel16's Avatar
angel16 angel16 is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Location: semarang
Posts: 5
Default

kerangka karangan bikinnya gimana si? *garuk2 kepala* trus cara ngecor pake semen sama batu gimana?
Reply With Quote
  #40  
Old 10-06-2009, 01:07 AM
someonefromthesky's Avatar
someonefromthesky someonefromthesky is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2007
Location: Bandung
Posts: 627
Default

Quote:
Originally Posted by angel16 View Post
selama ini aku bikin novel tanpa kerangka... pokoknya tauuuu aja arah ceritanya dibuat kemna. jadi tahu awal, tahu ending, tapi tengah bolong. yah... *garuk2 kepala* memang pusing si... tapi kalo ada kerangkanya, kadang2 kita baru sadar klo hal itu ga masuk akal di ending2 dan ngerusak seluruh kerangka yg kita bikin... mmg susah ya..
Kamu yang menguasai kerangka, bukan kerangka yang menguasai kamu. Jadi kalau emang ditengah jalan merasa harus diubah ya ubah aja, ga akan ditangkep "polisi kerangka" kok. Lagipula kerangka karangan harusnya dibuat lentur/fleksibel, supaya mampu menahan goncangan. hehe.

Lagian kita mau bikin kerangka kaya gimana atau mau diubah-ubah kaya gimana, pembaca juga ga tahu, dan ga perlu tahu. Itu rahasia dapur, apakah kita ngaduk adonan pakai sendok atau pakai jempol kaki, yang penting kuenya lezat..... haha.
__________________
"Tinta itu hitam, Jenderal."
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 05:37 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.