Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Belajar Menulis
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #11  
Old 06-03-2010, 09:49 PM
heinz heinz is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Posts: 103
Default

@hirata kun
Mungkin aku salah.
Tapi sepertinya tag line font gede di bawah itu perlu diganti.
"Say nice boat if you was shot down the enemy."

Di situ maknanya pasif: katakan perahu bagus jika kamu ditembak jatuh musuh. Ops?
Harusnya: Say nice boat if you shot down the enemy ato shot the enemy down.
Artinya: katakan perahu bagus jika kamu menembak jatuh musuh.

Please check my grammar.
Reply With Quote
  #12  
Old 06-03-2010, 11:39 PM
Penguin's Avatar
Penguin Penguin is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Padang Kota Tercinta....
Posts: 1,670
Send a message via Yahoo to Penguin
Default

gak masalah menurut saya. Masih hak penulis mau ganti-ganti genre. Biasanya ujung-ujungnya juga penulis itu cuma netapin satu genre bukan karena harus milih itu, tapi karena dia merasa cocok dengan genre itu, kan? jadi kalau sekarang hirata rasanya masih belum sreg dengan genrenya sekarang, silahkan....

kalau tentang para pembaca, yang kecewa mungkin ada. Tapi kalaupun pembaca-pembaca setia pada kabur, akan ada pembaca-pembaca setia lainnya yang suka karya kita kan?

Quote:
Originally Posted by heinz View Post
@hirata kun
Mungkin aku salah.
Tapi sepertinya tag line font gede di bawah itu perlu diganti.
"Say nice boat if you was shot down the enemy."

Di situ maknanya pasif: katakan perahu bagus jika kamu ditembak jatuh musuh. Ops?
Harusnya: Say nice boat if you shot down the enemy ato shot the enemy down.
Artinya: katakan perahu bagus jika kamu menembak jatuh musuh.

Please check my grammar.
betul betul betul
__________________
"Apabila orang tidak percaya bahwa matematika itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya kehidupan ini" - Johny von Neuman (1903-1957)

"Apabila orang tidak percaya bahwa bermimpi itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa mudahnya mengkhayal" - Penguin (1991-sekarang)


Rumah Penguin sudah direnovasi! Rumah Penguin
Menghadapi kelamnya dunia, Penguin mendirikan The Order of The Penguin
Reply With Quote
  #13  
Old 06-04-2010, 03:58 AM
musthaf9's Avatar
musthaf9 musthaf9 is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2010
Location: Ngayojakarta
Posts: 275
Default

Quote:
Originally Posted by Penguin View Post
gak masalah menurut saya. Masih hak penulis mau ganti-ganti genre. Biasanya ujung-ujungnya juga penulis itu cuma netapin satu genre bukan karena harus milih itu, tapi karena dia merasa cocok dengan genre itu, kan? jadi kalau sekarang hirata rasanya masih belum sreg dengan genrenya sekarang, silahkan....

kalau tentang para pembaca, yang kecewa mungkin ada. Tapi kalaupun pembaca-pembaca setia pada kabur, akan ada pembaca-pembaca setia lainnya yang suka karya kita kan?



betul betul betul
betul betul betul, menurutku, kalo ganti genre, efeknya adalah ganti pembaca juga, soalnya agak jarang kan pembaca yang genrenya juga ikutan ganti
Reply With Quote
  #14  
Old 06-04-2010, 11:56 AM
Chie_chan's Avatar
Chie_chan Chie_chan is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Location: Seoul
Posts: 430
Send a message via Yahoo to Chie_chan
Default

justru kenapa seorang penulis mesti menetap di satu genre? bukannya yang paling oke itu jadi penulis serba bisa?
mumpung kita masih muda, hirata. mencoba berbagai genre kan gak ada salahnya. siapa tahu misalnya dirimu, selama ini berkutat di cerita perang-perangan kan? eh ternyata sebetulnya dirimu lebih bakat bikin cinta-cintaan atau apa gitu. kalo nggak dicoba kan nggak tahu. ya ini cuma misalnya lho. ^^
diriku sendiri bikin puisi, bikin roman, bikin dongeng, bikin angsty, bikin fanfic, bikin songfic, sampai sekarang lagi bikin fantasi. pokoknya cari terus sampe ketemu yg paling cucok! ahahahaha~ XD
__________________
"Kneel down before me, humble peasants!"

_____

The Queen of Le Chateau de Phantasm

Follow me on: Twitter My Blog
Reply With Quote
  #15  
Old 06-04-2010, 12:00 PM
Chie_chan's Avatar
Chie_chan Chie_chan is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Location: Seoul
Posts: 430
Send a message via Yahoo to Chie_chan
Default

kalo masalah penggemar sih... sepanjang tulisanmu menarik, pasti bakalan ada aja yang menggemari. ^^
__________________
"Kneel down before me, humble peasants!"

_____

The Queen of Le Chateau de Phantasm

Follow me on: Twitter My Blog
Reply With Quote
  #16  
Old 06-04-2010, 12:32 PM
heinz heinz is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Posts: 103
Default

@chie
Wah, sis, angsty tuh apaan?

Yah, emang sih seharusnya penulis serba bisa. Tapi umumnya, menurutku ia akan tetep mengarah ke satu genre pada akhirnya. Jarang sekali ada penulis tersohor yang dicap sebagai penulis segala genre. Pasti dia mempunyai ketertarikan khusus pada satu genre tertentu.

Mungkin mirip seperti dokter umum yang tahu segalanya dan dokter spesialis yang mengkhususkan ke satu bidang.

Tapi selagi belajar sih, jajal apapun aja yang mungkin. Nanti direction sense-nya bakal terbentuk dengan sendirinya.
Reply With Quote
  #17  
Old 06-04-2010, 07:19 PM
sefry_chairil sefry_chairil is offline
Anak Muda
Join Date: Jun 2007
Posts: 9
Default

Salam kenal sebelumnya. Saya jadi tergelitik untuk menanggapi juga, walaupun sudah ditutup oleh Tom Hirata sendiri.

1. Sabtu kemarin, 29 Mei 2010, saya mendiskusikan hal yang serupa bersama beberapa teman penulis. Jawabannya memang tidak masalah. Seorang penulis berhak memilih haluan genrenya. Seperti Windry Ramadhina yang semula berada dalam jalur romance berubah menjadi thriller. Mungkin ini adalah salah satu cara menantang diri keluar dari kebiasaan sebelumnya.

2. Masih dalam diskusi yang sama, kami pun berbicara tentang pembaca. Mungkin di sini letak masalahnya. Kalau mengatakan pembaca akan menerima begitu saja, bisa dikatakan tidak juga. Saya membayangkan penulis kesukaan saya Nicholas Sparks, yang biasanya menulis romance (baik dewasa, dewasa muda atau remaja) tiba-tiba menulis thriller. Gaya cerita boleh saja sama, tapi nuansa yang dihadirkan akan berbeda. Saya pernah membaca hal serupa dilakukan oleh seorang penulis dan cukup kaget. Yang perlu digarisbawahi adalah, ketika kita muncul sebagai penulis dengan genre romance, misalnya, kita tahu siapa yang akan membaca karya kita. Tapi, ketika kita muncul kembali dengan genre berbeda, kita harus siap menerima segala konsekuensi kalau tidak semua pembaca kita sebelumnya membaca novel dengan genre berbeda ini.

Mungkin itu sekadar sharing saja. Sekali lagi, salam kenal. Keep writing!
Reply With Quote
  #18  
Old 06-04-2010, 08:37 PM
sekar88's Avatar
sekar88 sekar88 is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2007
Posts: 118
Default

wow yg lebih berkompeten kek mb sefry chairil yg bales hi
__________________
Saya menulis unek-unek di
iraskicus.blogspot.com

juga di akun twitter saya @ark_the_bite
dan facebook saya Soeci K Sari

Selain itu dari saya ada cerita tentang dunia Bumi, Banyu dan Ferro di SINI
Reply With Quote
  #19  
Old 06-05-2010, 07:37 AM
ndyw ndyw is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2008
Posts: 10
Default

sebenarnya terserah sih,,,
yang penting bisa menjaga kualitas,,,
tapi mungkin sebaiknya fokus di genre tertentu,,, karena kalau terlalu brubah-ubah akan membuat si penulis ga punya ciri khas,,,
jarang(sekali) penulis profesional di luar negeri yang mengganti genre,,,
selain karena takut kehilangan pembaca,,,
biasanya karyanya yang berbeda genre akan dibandingkan dengan genre perdananya,,,
apakah lebih baik atau tidak,,,
satu - dua kali ganti genre memang masih wajar dalam karir seorang penulis
tapi kalau terlalu sering gantei genre???
mungkin akan dicap sebagai penulis yang tidak konsisten dan tak memiliki ciri khas... dan itu menurut saya buruk,,,
Reply With Quote
  #20  
Old 06-05-2010, 11:23 PM
Penguin's Avatar
Penguin Penguin is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Padang Kota Tercinta....
Posts: 1,670
Send a message via Yahoo to Penguin
Default

Quote:
Originally Posted by heinz View Post
@chie
Yah, emang sih seharusnya penulis serba bisa. Tapi umumnya, menurutku ia akan tetep mengarah ke satu genre pada akhirnya. Jarang sekali ada penulis tersohor yang dicap sebagai penulis segala genre. Pasti dia mempunyai ketertarikan khusus pada satu genre tertentu.

Mungkin mirip seperti dokter umum yang tahu segalanya dan dokter spesialis yang mengkhususkan ke satu bidang.

Tapi selagi belajar sih, jajal apapun aja yang mungkin. Nanti direction sense-nya bakal terbentuk dengan sendirinya.
Yah, menurutku rata-rata penulis cuma akan merasa cocok dengan satu atau dua genre setelah beberapa lama gonta-ganti paca... eh... genre
__________________
"Apabila orang tidak percaya bahwa matematika itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya kehidupan ini" - Johny von Neuman (1903-1957)

"Apabila orang tidak percaya bahwa bermimpi itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa mudahnya mengkhayal" - Penguin (1991-sekarang)


Rumah Penguin sudah direnovasi! Rumah Penguin
Menghadapi kelamnya dunia, Penguin mendirikan The Order of The Penguin
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 10:18 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.