Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Menerbitkan Buku
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #11  
Old 10-13-2009, 12:37 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by someonefromthesky View Post
Walaupun sy masih ga habis pikir ttg buku2 cara memakai fesbuk dsb. Emang ada yg beli ya?
Ahak hak hak. Ada banyak tuh, Vai.

rolling on the floor

Quote:
Kalau buku komputer, yang saya anggap "Buku Buruk" adalah buku-buku yang memuat praktek-siap-pakai yang pembaca-harus-percaya alias kita hanya terima hasilnya tanpa mengerti langkahnya.
Yups! Seperti itulah. Tapi, lebih tepat: mengerti langkahna, tapi gak ngerti pemahamanna. Ahak hak hak. Hal ini saia alami setelah menjadi korban (halah). Saia membeli empat buku sotosop, tingkat pemula dan menengah, dalam selang waktu beberapa bulan. Tapi, kok perasaan itu hanya berusaha memberikan saia hasil yang instan yak? Gak ada penjabaran, bagaimana konsepna lebih jauh. Hargana malahan di atas 40an lho? Bukan 10 ribu gitu .

Teman saia, kebetulan berprofesi sebagai Web Designer, mencoba belajar CSS (kala itu CSS sedang melejit karena keampuhannya). Tingkat mahir. Lalu ia memberikan buku itu pada saia. "Buatmu aja," katanya kesal (halah). Isinya, wuih. Sama! Intinya penulis tak bermaksud membuat pembaca paham, tapi cukup tau. Nah lho? Apa ini termasuk mencerdaskan pembaca? (gaya).

Quote:
Tapi kadang buku2 praktis dibutuhkan lho.
Betul! Praktis! Kata yang sangat menggiurkan ini membuat saia lapar . Tapi, mungkinkah praktis itu kita artikan ke dalam hal fisikna aja? Saia emang penggila hal-hal praktis, tapi keberatan dengan kehampaan (Ahak hak hak) pengertian.

Tapi, di luar daripada itu, saia menyayangkan kenapa buku2 seperti itu masih aja banyak, lahir, dipamerkan di toko2 buku, dilabeli harga yang cukup mahal (jika pul kolor), trik yang sulit, lalu teronggok begitu saja seperti penyanyi yang menunggu kepulangan Bang Toyib.

Akh, ini hanya uneg2 karena TS Joe yg kritis. Ahak hak hak. Saia permisi dolo. Silahkan dikomentarin, dilanjutin. Pembahasan ini menarik buat saia, setelah thread perkenalan member. Ahak hak hak

Salam semuanaa!!!

Kaabbuuuurrrrr

(maap, jika OOT)
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #12  
Old 10-13-2009, 02:25 PM
johanes.koen's Avatar
johanes.koen johanes.koen is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2007
Location: Bandung, Indonesia
Posts: 28
Default

Quote:
Originally Posted by Shinichi View Post

Prihatin harus dilanjutkan dengan sikap bukan? Lalu apa yang kita lakukan?
- jika berniat menulis buku, marilah sadar diri untuk mengupayakan yang terbaik. (menghindari kriteria buku buruk yang sudah terjabarkan di komen-komen dalam topik ini)
- jika anda penerbit, jangan mengambil keuntungan dari buku bersegel dengan memberi judul bombastis, ditambah lagi dengan harga yang tidak kompetitif
- kalau masih bisa ditulis dalam sebuah bacaan/tutorial gratis yang justru bisa lebih banyak diakses oleh banyak orang, mengapa harus memaksa untuk dibukukan. lebih-lebih untuk hal-hal yang kualitasnya dan orisinalitasnya masih kurang
- hemat uang kita. membeli buku buruk akan semakin melanggengkan keberadaannya. jangan sampai tertipu, ada baiknya berdoa dulu sebelum masuk toko dan memilih buku
- pencapaian dalam kepenulisan adalah ketika tulisan kita dibaca banyak orang, dan bermanfaat. dan dunia penerbitan hanyalah salahsatu sarananya saja. latah-latah orang yang ingin 'punya buku sendiri' tanpa ada otokoreksi kemampuan pribadi hanya akan memunculkan bibit buku buruk yang baru
__________________
Masih merdeka kah kita?
--------------------------
Buku Dalih Pembunuhan Massal dilarang oleh pemerintah.
Sudah membacakah Anda? Unduh buku tersebut DISINI
Reply With Quote
  #13  
Old 10-13-2009, 03:23 PM
Penguin's Avatar
Penguin Penguin is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Padang Kota Tercinta....
Posts: 1,670
Send a message via Yahoo to Penguin
Default

Quote:
Originally Posted by someonefromthesky View Post
Tapi kadang buku2 praktis dibutuhkan lho. Misalnya nih, ada tukang gorengan yg ingin membuat logo di gerobaknya pakai corel draw (ya siapa tau), dia akan cari tutorial yg praktis. Ngpain dia tau seluk beluk fitur coreldraw, apa itu vektor apa itu pixel, peduli amat, yg penting dia bisa bikin bakwan vektor brwarna cerah,trus mulai jualan. Hehe. Toh ga smua orang yg pakai kmputer itu punya niat utk jd profesional. Tentu aja kalau untuk pelajar,itu beda lg ceritanya.
You've got the Point saya sendiri juga pasti males beli buku resep masakan yang isinya detail termasuk tentang gizi per bahan, yang penting enak
__________________
"Apabila orang tidak percaya bahwa matematika itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya kehidupan ini" - Johny von Neuman (1903-1957)

"Apabila orang tidak percaya bahwa bermimpi itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa mudahnya mengkhayal" - Penguin (1991-sekarang)


Rumah Penguin sudah direnovasi! Rumah Penguin
Menghadapi kelamnya dunia, Penguin mendirikan The Order of The Penguin
Reply With Quote
  #14  
Old 10-13-2009, 03:54 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by johanes.koen View Post
- jika berniat menulis buku, marilah sadar diri untuk mengupayakan yang terbaik. (menghindari kriteria buku buruk yang sudah terjabarkan di komen-komen dalam topik ini)
- jika anda penerbit, jangan mengambil keuntungan dari buku bersegel dengan memberi judul bombastis, ditambah lagi dengan harga yang tidak kompetitif
- kalau masih bisa ditulis dalam sebuah bacaan/tutorial gratis yang justru bisa lebih banyak diakses oleh banyak orang, mengapa harus memaksa untuk dibukukan. lebih-lebih untuk hal-hal yang kualitasnya dan orisinalitasnya masih kurang
- hemat uang kita. membeli buku buruk akan semakin melanggengkan keberadaannya. jangan sampai tertipu, ada baiknya berdoa dulu sebelum masuk toko dan memilih buku
- pencapaian dalam kepenulisan adalah ketika tulisan kita dibaca banyak orang, dan bermanfaat. dan dunia penerbitan hanyalah salahsatu sarananya saja. latah-latah orang yang ingin 'punya buku sendiri' tanpa ada otokoreksi kemampuan pribadi hanya akan memunculkan bibit buku buruk yang baru
amiiinnn...

saia akan berusaha
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #15  
Old 10-13-2009, 04:17 PM
dirgita's Avatar
dirgita dirgita is offline
Sesepuh
Join Date: Jan 2008
Posts: 1,466
Default

Quote:
jika berniat menulis buku, marilah sadar diri untuk mengupayakan yang terbaik
Mari para (calon) penulis. Menulis buku bukan hanya sekadar mencari uang, tetapi sekaligus membagikan ilmu. Ilmu yang setengah-setengah, atau tidak disampaikan dengan baik, akan menuai petaka. Mau (yang baca) jadi teroris?

Quote:
membeli buku buruk akan semakin melanggengkan keberadaannya
Dan menghabiskan berhektar-hektar hutan^^
__________________
Yaara mein kya karu?^^
Reply With Quote
  #16  
Old 10-15-2009, 08:13 PM
mailindra mailindra is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2008
Posts: 8
Default

Atau biar ngga keciwa, baca-baca dulu resensi bukunya yang ada di internet misal goodreads.com, dan baca-baca pengalaman yang udah baca buku yang ditaksir.
Aku pake strategi ini sekarang sebelum beli buku. Hasilnya lumayan juga, udah jauh berkurang jumlah kecelenya
__________________
Look for a Master, Follow the Master, Be a Master!
Lab menulis: mailindra.cerbung.com
Reply With Quote
  #17  
Old 10-16-2009, 05:08 AM
johanes.koen's Avatar
johanes.koen johanes.koen is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2007
Location: Bandung, Indonesia
Posts: 28
Default

tips dariku untuk memilih buku sosial di toko2 buku :
1. baca ringkasan di cover belakang sebagai gambaran ringkas isi dan kedalaman buku.
2. baca daftar isi dan lihat proporsi pembagian halamannya. dalam arti, jika topik yang berat hanya memberikan 5 atau 10 halaman saja, ada indikasi buku itu tidak mempunyai analisis memadai
3. baca pengantar ahli. buku sosial yang bagus biasanya memberikan kata pengantar ahli. dari sini sebenarnya 50% isi buku sudah jelas teridentifikasi.
4. baca daftar pustaka. daftar pustaka yang utuh (dari berbagai sumber dimana sumber itu adalah literasi dari berbagai negara) biasanya akan mengidentifikasi buku tersebut.

dengan 4 langkah itu, buku bisa discreening secara cepat kualitasnya.

namun ada juga keadaan dimana langkah itu tidak mungkin. saya termasuk pemburu buku-buku lawas cetakan pertama. tak jarang kondisinya ada di tumpukan tinggi yang tak mungkin dilihat 1 persatu. kalo sudah begini masalah jodoh dan tidak, tentu feeling yang bermain. tak jarang saya berjodoh dengan buku bagus, hanya mengandalkan judul. (maklum, jaman dulu buku2 tidak berjudul bombastis seperti sekarang yang kadang tipu2 doank)
__________________
Masih merdeka kah kita?
--------------------------
Buku Dalih Pembunuhan Massal dilarang oleh pemerintah.
Sudah membacakah Anda? Unduh buku tersebut DISINI
Reply With Quote
  #18  
Old 10-16-2009, 09:57 PM
Penguin's Avatar
Penguin Penguin is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Padang Kota Tercinta....
Posts: 1,670
Send a message via Yahoo to Penguin
Default

tambahin ya... tips dari saya untuk membeli buku komputer:

......................nggak usah beli (serius!).
__________________
"Apabila orang tidak percaya bahwa matematika itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya kehidupan ini" - Johny von Neuman (1903-1957)

"Apabila orang tidak percaya bahwa bermimpi itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa mudahnya mengkhayal" - Penguin (1991-sekarang)


Rumah Penguin sudah direnovasi! Rumah Penguin
Menghadapi kelamnya dunia, Penguin mendirikan The Order of The Penguin
Reply With Quote
  #19  
Old 10-19-2009, 09:26 PM
just_hammam's Avatar
just_hammam just_hammam is offline
Kisanak
Join Date: Jul 2008
Location: sementara di Palu
Posts: 877
Send a message via Yahoo to just_hammam
Default

mhmm...tampaknya tidak ada yang pro dengan penulis buku buruk.
__________________
dadio migunani tumraping liyan
visit Penerbit Ndok Asin
Reply With Quote
  #20  
Old 10-19-2009, 11:46 PM
mailindra mailindra is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2008
Posts: 8
Default

Quote:
Originally Posted by just_hammam View Post
mhmm...tampaknya tidak ada yang pro dengan penulis buku buruk.
Kadang buku buruk itu bagus, untuk ngingetin kita JANGAN NULIS KAYA GINI
Tapi kalo pake acara ngeluarin uang yang lumayan untuk dapetnya, ya bt juga bro .
__________________
Look for a Master, Follow the Master, Be a Master!
Lab menulis: mailindra.cerbung.com
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 10:37 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.