Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Menerbitkan Buku
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 10-12-2009, 08:35 AM
johanes.koen's Avatar
johanes.koen johanes.koen is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2007
Location: Bandung, Indonesia
Posts: 28
Default Menerbitkan BUKU BURUK

"Saya prihatin, di Indonesia ini banyak BUKU BURUK dijual dengan harga tertentu. Mungkin pertaruhan penerbit gurem, atau penulis naskah yang terlalu oportunis, haus pencapaian semu. Lihatlah di dunia IT, Ubuntu dengan kehandalan tinggi dan support yang mumpuni itu tetap free of charge. Kalian TAK malu?"
__________________
Masih merdeka kah kita?
--------------------------
Buku Dalih Pembunuhan Massal dilarang oleh pemerintah.
Sudah membacakah Anda? Unduh buku tersebut DISINI
Reply With Quote
  #2  
Old 10-12-2009, 08:46 AM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Waduh, Joe. Bukak topik niy?

Buku Buruk yang gimana itu, Joe?
Harga Tertentu itu jugak?
Dan hal sejenis apa itu dengan Haus Pencapaian Semu?

Hehehe. Saia cuman bertanya biar nyambung. Ntar malah OOT. Oke, Joe? Ini hanya pengen tau, biar isa konek topik.
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #3  
Old 10-12-2009, 09:12 AM
johanes.koen's Avatar
johanes.koen johanes.koen is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2007
Location: Bandung, Indonesia
Posts: 28
Default

buku buruk :
artikel yang mudah didapatkan diinternet, tidak ada analisis mendalam, ataupun pengolahan bermutu dari penulis, dan hal-hal dimana proses kurasinya diragukan.
contoh :
- buku kumpulan cord lagu
- buku komputer yang 'sekedar kopi paste' dan tidak memberi kejelasan sama sekali
- buku puisi dan fiksi tanpa proses kurasi yang memadai
- buku kumpulan humor
- dan berbagai buku kelas sampah lainnya

harga tertentu :
buku buruk yang diterbitkan dan dijual dengan harga tertentu (Rp 10rb, 20rb dst)

Haus pencapaian semu :
kalo sudah menerbitkan buku sudah hebat. padahal kualitas isi bukunya sampah dan parahnya dikasih ke penerbit/atau indie dan dijual pula sehingga harus dibeli dengan beberapa rupiah. gak malu dengan ubuntu?
__________________
Masih merdeka kah kita?
--------------------------
Buku Dalih Pembunuhan Massal dilarang oleh pemerintah.
Sudah membacakah Anda? Unduh buku tersebut DISINI
Reply With Quote
  #4  
Old 10-12-2009, 09:23 AM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Nah. Beda rasanya jika saia yg menjawabna Tapi jika sudah membaca apa yang kamu prihatinkan itu, saia jadi inget, klo saia juga mengalaminya. Kesan di gramed aja contohnya: Prihatin sangat. Yg paling membuat saia kesal, mungkin ada benarnya jika kita berkata "Kalian Tak Malu?".

Saia kebetulan sukak dengan sotosop: Jadi sejak pertama kenal, akhir 2005, saia mulai nyarik buku2. Tapi, benar. Buku2 itu gak mendalami secara serius. Hanya luarnya aja. Saia jadi mikir: semacam apa itu? Apa ingin "Kepuasan Semu" itu sajakah? "Uang"? atau pelit untuk berbagi. Kemungkinan terparah: mereka gak tahu lebih dalam lagi.

Yg paling saia liat itu, Joe. Buku2 komputer. Ada beberapa bijik di kamar: tapi gak saia jamah lebih dalam lagi, karena itu. Gak jelas. Gak dalem. Buang2 waktu. Tapi, klo jenis buku yang laen, saia kurang pengamatan.

Faktanya: saia cukup prihatin dengan itu semua. Masih sering ke toko2 buku kan?

Hehehe
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #5  
Old 10-12-2009, 10:09 AM
johanes.koen's Avatar
johanes.koen johanes.koen is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2007
Location: Bandung, Indonesia
Posts: 28
Default

karena saya masih ketoko buku, saya menulis hal ini
__________________
Masih merdeka kah kita?
--------------------------
Buku Dalih Pembunuhan Massal dilarang oleh pemerintah.
Sudah membacakah Anda? Unduh buku tersebut DISINI
Reply With Quote
  #6  
Old 10-12-2009, 10:30 AM
dirgita's Avatar
dirgita dirgita is offline
Sesepuh
Join Date: Jan 2008
Posts: 1,466
Default

Jangan pertaruhkan reputasi Anda untuk hal-hal yang tidak berguna! Kecuali Anda yakin tidak punya reputasi, sehingga tidak perlu kehilangan apa pun. Hehehe.

Mungkin, sampai saat ini aku lebih memperhatikan buku-buku komputer, seperti Kakak Sinichi. Sebel juga tiba-tiba ketemu buku komputer yang isinya bagai sebuah novel. Alias, endingnya menggantung^^

Karena takut membuat pembaca rugi membeli karyaku yang ternyata masuk kelas sampah, makanya semua karyaku rencananya bakal ada versi gratisnya. Versi berbayar cuma untuk yang mau bayar dan sudah tahu konsekuensinya.
__________________
Yaara mein kya karu?^^

Last edited by Shinichi; 10-12-2009 at 11:57 AM.
Reply With Quote
  #7  
Old 10-12-2009, 11:50 AM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by johanes.koen View Post
karena saya masih ketoko buku, saya menulis hal ini
Ahak hak hak. Yah, saia sendiri kadang mulai malas. Kecuali memang sedang mengejar salah satu buku, misalna, Joe. Hehehe. Mantabs!

Sekarang saia mau mulai satu. Dan, saia gak tau, semoga aja penulis pemula mulai berpikir tentang rasa "malu" yang di atas, Joe. Juga tentang Ubuntu tsb. Dan, yg saia mulai adalah menulis, yah tentu cerita, serupa novel gitu. Yang, mudah2an gak murahan, punya ending, blablabla: gak kayak buku2 sotosop sampah di gramed itu!

Prihatin harus dilanjutkan dengan sikap bukan? Lalu apa yang kita lakukan?
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1


Last edited by Shinichi; 10-12-2009 at 11:58 AM. Reason: maksud saia BUKU BURUK, maap.
Reply With Quote
  #8  
Old 10-12-2009, 06:04 PM
someonefromthesky's Avatar
someonefromthesky someonefromthesky is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2007
Location: Bandung
Posts: 627
Default

Wah ga ada yg kontra nih dengan pendapat kunto? Setuju semua kah?

Btw buku2 software itu kan ada klasifikasi pembacanya (untuk pemula, menengah, atau lanjut) di sampul belakang buku,biasanya. Jadi wajar kalau buku komputer ada yg cuma membahas secara dangkal, mungkin memang untuk pemula. Ga semua org kan punya akses internet untuk belajar online. Buku-buku kumpulan humor sms pun siapa tahu ada yg isinya bener2 orisinil, hasil kreativitas tinggi, dan membutuhkan riset mendalam? Belum nemuin sih, tp kayanya sy jd pengen bikin. Hehe.

Walaupun sy masih ga habis pikir ttg buku2 cara memakai fesbuk dsb. Emang ada yg beli ya?
__________________
"Tinta itu hitam, Jenderal."
Reply With Quote
  #9  
Old 10-12-2009, 06:07 PM
Penguin's Avatar
Penguin Penguin is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Padang Kota Tercinta....
Posts: 1,670
Send a message via Yahoo to Penguin
Default

sabar mas shinichi...

Saya sendiri mendefinisikan "Buku Buruk" itu sebagai buku yang ceritanya asal jadi (untuk novel) dan biasanya teenlit. Kalau buku komputer, yang saya anggap "Buku Buruk" adalah buku-buku yang memuat praktek-siap-pakai yang pembaca-harus-percaya alias kita hanya terima hasilnya tanpa mengerti langkahnya.

saya pernah mau cari buku tentang koreng draw dan mikocok opis waktu smp dulu. Saya ke gramed dengan penuh harapan ternyata begitu beli isinya cuma barang siap pakai yang saya juga bisa cari sendiri di internet. Model buku kayak "10 trik sotosop" atau "langkah-langkah jitu mikocok xL", kayak begitulah...

menurut saya, kebanyakan pembuat buku-buku yang disebut mas koen diatas niatnya kira-kira sama dengan script kiddies jaman sekarang: ingin dianggap hebat!

menjawab pertanyaan mas shinichi, tindakan yang saya lakukan salah satunya adalah BIARIN AJA toh pada akhirnya mereka juga yang paham sendiri, seperti para kiddies yang akhirnya mundur satu-persatu, menyisakan orang-orang yang benar-benar ingin maju. Ini yang disebut Seleksi Alam.

Tambahan, pemula sebenarnya sangat tidak disarankan membaca buku buku tutorial, loh. Mereka disarankan untuk mencari sendiri, karena kalau pemula cuma mempraktekan yang ada dibuku hasilnya sama dengan copy-paste, tidak akan ada perkembangan.
__________________
"Apabila orang tidak percaya bahwa matematika itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya kehidupan ini" - Johny von Neuman (1903-1957)

"Apabila orang tidak percaya bahwa bermimpi itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa mudahnya mengkhayal" - Penguin (1991-sekarang)


Rumah Penguin sudah direnovasi! Rumah Penguin
Menghadapi kelamnya dunia, Penguin mendirikan The Order of The Penguin

Last edited by Penguin; 10-12-2009 at 06:11 PM. Reason: ada yang ketinggalan....
Reply With Quote
  #10  
Old 10-12-2009, 06:58 PM
someonefromthesky's Avatar
someonefromthesky someonefromthesky is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2007
Location: Bandung
Posts: 627
Default

Tapi kadang buku2 praktis dibutuhkan lho. Misalnya nih, ada tukang gorengan yg ingin membuat logo di gerobaknya pakai corel draw (ya siapa tau), dia akan cari tutorial yg praktis. Ngpain dia tau seluk beluk fitur coreldraw, apa itu vektor apa itu pixel, peduli amat, yg penting dia bisa bikin bakwan vektor brwarna cerah,trus mulai jualan. Hehe. Toh ga smua orang yg pakai kmputer itu punya niat utk jd profesional. Tentu aja kalau untuk pelajar,itu beda lg ceritanya.
__________________
"Tinta itu hitam, Jenderal."
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:25 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.