Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Puisi
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #11  
Old 03-31-2010, 12:48 PM
dewisun's Avatar
dewisun dewisun is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Location: Bandung
Posts: 29
Default

Quote:
Originally Posted by noodle_cie View Post
kalo udah di goda sama si IDE sih biasanya 10-30 menit udah jadi deh puisi....
nah itu dia..tergantung si IDE....eh ada yang tahu kemana dia sekarang ?
Reply With Quote
  #12  
Old 03-31-2010, 02:26 PM
Penguin's Avatar
Penguin Penguin is offline
Sesepuh
Join Date: Dec 2009
Location: Padang Kota Tercinta....
Posts: 1,670
Send a message via Yahoo to Penguin
Default

Quote:
Originally Posted by dewisun View Post
nah itu dia..tergantung si IDE....eh ada yang tahu kemana dia sekarang ?
si IDE lagi berkunjung ke warung tetangga saya untuk main domino.

hyak hyak hyak
__________________
"Apabila orang tidak percaya bahwa matematika itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya kehidupan ini" - Johny von Neuman (1903-1957)

"Apabila orang tidak percaya bahwa bermimpi itu sederhana, hal ini semata-mata terjadi karena mereka tidak menyadari betapa mudahnya mengkhayal" - Penguin (1991-sekarang)


Rumah Penguin sudah direnovasi! Rumah Penguin
Menghadapi kelamnya dunia, Penguin mendirikan The Order of The Penguin
Reply With Quote
  #13  
Old 04-03-2010, 10:41 AM
dewisun's Avatar
dewisun dewisun is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2009
Location: Bandung
Posts: 29
Default

Quote:
Originally Posted by Penguin View Post
si IDE lagi berkunjung ke warung tetangga saya untuk main domino.

hyak hyak hyak
wahh...kok dia ga bilang bilang sih.....dicari ampe tujuh keliling...mana bawa - bawa pagar lagi....bilang ke si IDE " bleguk siah...pulang !!"
Reply With Quote
  #14  
Old 04-05-2010, 07:46 AM
just_hammam's Avatar
just_hammam just_hammam is offline
Kisanak
Join Date: Jul 2008
Location: sementara di Palu
Posts: 877
Send a message via Yahoo to just_hammam
Default

Ada juga yang bikin puisi sampai 10 tahun lho..bukan aku tapi...hehe
__________________
dadio migunani tumraping liyan
visit Penerbit Ndok Asin
Reply With Quote
  #15  
Old 11-10-2010, 11:03 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

nulis puisi ga lama kok.
kalo lagi ada gejolak emosi atau inspirasi,
mendadak suka bergema ocehan2 di kepala.

gpl, tulis..!
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #16  
Old 12-06-2010, 02:49 PM
ZooQ ZooQ is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2008
Posts: 9
Default

kok nulis puisi pada lama amat. mungkin karena puisiku tidak menggunakan kata2 yang susah jadi kalau udah bikin ya udah. hehehe
salam...
Reply With Quote
  #17  
Old 12-09-2010, 08:24 PM
Brynhildr Brynhildr is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2010
Posts: 5
Default

Ini thread lama ya. Yang memulai juga sudah gak keliatan di Kemudian.com (atau aku yang gak nemu ^^). Tapi pengen ikutan neh.
Seperti yang dibilang seseorang di thread ini (lupa namanya, tapi avatarnya gambar anak kecil pake kacamata, dan senang main detektif-detektifan ^^), nggak ada keseragaman dalam batas waktu menyesaikan satu tulisan. Itu pendapatku juga, berdasarkan pengalaman sendiri, dan dari baca-baca tentang penulis-penulis terkenal.
Ada puisi yang sudah kumulai tapi belum kuselesaikan sampe sekarang, dan itu sudah bertahun-tahun. Ada yang bisa kuselesaikan dalam 5 menit. Ada yang 1 hari. Kalo ikut kegiatan dan ada deadlinenya, ya mesti diselesaikan sebelum deadlinenya tentu saja. Tapi kalo menyelesaikan yang tanpa deadline, yang kuperhatikan adalah kepuasan dalam menyelesaikan. Kalo belum puas, berarti belum selesai.
Pengertian kepuasan itu juga berbeda-beda. Kadang aku memang menargetkan kesan tertentu agar tertangkap oleh pembaca. Untuk itu aku harus menempatkan diri pada posisi pembaca dan mengira-ngira apakah kesan itu sudah tersampaikan dengan baik. Kadang aku menargetkan rima atau tipografi puisinya. Kadang aku meragukan susunan kalimat dan harus survey dulu di internet, cari-cari apakah ada kalimat yang sama (yang artinya dikenali orang lain dan cukup umum dipakai). Kadang aku mencari sesuatu yang belum pernah dipakai orang, jadi kalau kutemukan di internet, itu berarti ideku kurang-lebih tidak orisinal. Harus melakukan pendekatan lain lagi supaya aku merasa puas.
Pastinya semua itu nggak berlangsung dalam waktu singkat.
Seperti juga komen senior lainnya, yang avatarnya ikan dari kutub, eh maksudku burung dari kutub, ada juga puisi yang proses penulisannya nggak lama, tapi proses pendalamannya atau pematangan idenya sudah berjalan lama sebelum puisi itu sendiri ditulis.
Sebenarnya pembahasan ini dimulai dari rasa penasaran, tapi memang aku melihat kurangnya manfaat, selain sharing cara kerja masing-masing dalam menyelesaikan tulisan. Meskipun begitu, ada juga yang bisa kita petik. Bahwa cepat-lambatnya kita menyelesaikan satu tulisan nggak mesti ada hubungannya dengan kualitas dari tulisan itu sendiri. Nggak ada manfaatnya membanggakan tulisan yang diselesaikan dalam 5 menit, misalnya, kalo orang justru jadi berpikir, "Itu artinya hebat, atau ngasal, ya?" Atau tulisan yang 10 tahun baru selesai, dan toh sedikit orang yang tertarik untuk membacanya.
Pendapatku aja.
Reply With Quote
  #18  
Old 12-16-2010, 11:19 PM
revelo_concetta's Avatar
revelo_concetta revelo_concetta is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2010
Location: Carew
Posts: 19
Lightbulb

klo puisi g smp sehari
tp kalo cerita ga pernah cukup 1 bulan, XD <<< totally broken link
__________________
Dream what you want to dream
Go where you want to go
Try to be who you really are...
because life is short
and often only gives you just one chance to do things


Live your life happily
Reply With Quote
  #19  
Old 03-12-2011, 09:09 PM
humerus humerus is offline
Anak Muda
Join Date: Mar 2011
Posts: 28
Default

kalo kasarannya sih gak nyampe 5 menit tapi polesnya bisa sampe 15 menit.
Reply With Quote
  #20  
Old 03-29-2011, 06:33 PM
puTrI_keg3lapaN's Avatar
puTrI_keg3lapaN puTrI_keg3lapaN is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2011
Location: Masih betah di Yogyakarta
Posts: 61
Send a message via MSN to puTrI_keg3lapaN Send a message via Yahoo to puTrI_keg3lapaN
Default

tergantung mood...kalo mood bagus,pasti bisa selesai dibawah 5 menit,dan hasilny cukup memuaskan

paling lama mungkin 1 jam
__________________

"A byssus abyssum incitavit... Kehancuran yang satu membangkitkan kehancuran yang lain."
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:49 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.