Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Cerpen
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #21  
Old 07-12-2009, 12:15 AM
yosi_hsn yosi_hsn is offline
Moderator
Join Date: Jan 2007
Location: Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Posts: 36
Default

Quote:
Originally Posted by rinitrihadiyati View Post

memajang tulisan di k.com artinya adalah mengharapkan komentar. Komentar bisa berisi pujian dan kritik. Ekstrimnya jika tidak ingin dikritik maka jangan memajang tulisan di k.com. Tetapi bukan berarti yang lainnya bisa memberi kritikan secara semena-mena tanpa perasaan. Jangan sampai kritikan anda membunuh karakter kepenulisan seseorang! Toh jangan sampai kita lupa bahwa disamping membaca, menulis dan mengomentari, situs k.com ini adalah sarana untuk menambah teman. Iya kan?
sepakat...
Reply With Quote
  #22  
Old 07-12-2009, 10:51 AM
Onik Onik is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2008
Posts: 1
Default

Klo buat aku sih yang penting komentar itu harus jujur, masalah pedas atau tidaknya itu tergantung caranya menyampaikan saja.

Aku sih berharap aja, bisa saling menjaga perasaan sesama penulis di kemudian ini, karena seburuk apapun karya itu, si penulis sudah membuatnya dengan sepenuh hati.

Jadi tetaplah hargai karya mereka, dengan melontarkan kritik yang jujur dengan bahasa yang enak didengar (bukankah kita sebagai orang timur, diajari cara untuk bersopan santun?)

Intinya, kita saling jaga aja deh
Reply With Quote
  #23  
Old 07-12-2009, 11:14 AM
cassle cassle is offline
Join Date: Aug 2007
Posts: 0
Default

kurasa bukan kejam namanya, sebab itu merupakan pelajaran, bagaimana sesungguhnya menjadi pribadi yang dewasa.
Reply With Quote
  #24  
Old 07-12-2009, 01:30 PM
nirozero nirozero is offline
Anak Muda
Join Date: May 2007
Posts: 1
Default

Hahahaaa....

Tenang-tenang. Mungkin beberapa orang memang tidak bisa menerima beberapa kritikan. Tapi, justru biasanya karena kritikan tersebut kita bisa menjadi lebih baik. Kalau saya sudah bisa menerima saran "kritik" tersebut dari beberapa orang yang saya anggap sudah mempunyai pengalaman dalam bidang tulis menulis.

Saya biasanya menerima hal tersebut dengan kerendahan hati. Sebagian saya ikuti sebagian tidak. Tergantung seperti apa orang yang mengkritik karya saya. Kalau mereka mengkritik sesuatu yang pedas. Saya biasanya malah belajar dari tulisan orang yang mengkritik saya. Dari situ saya mulai menentukan sikap bagaimana tanggapan saya terhadap orang tersebut.

Jika, tulisannya benar-benar berada di atas saya. Saya akan menyuruh orang tersebut untuk mengkoreksi tulisan saya. Kalau ternyata orang tersebut hanya asal lewat dan meninggalkan luka seperti itu. Ya saya biarkan saja. Toh, itu juga tidak akan mengganggu saya.

Kita seharusnya merasa senang karena tulisan kita dihargai dengan cara dibaca oleh orang lain. Orang yang mengkritik tulisan klita justru orang yang benar-benar perhatian dengan karya kita sampai-sampai meneliti satu per satu tulisan kita. Jadi, kenapa kita harus marah?

Reply With Quote
  #25  
Old 07-12-2009, 01:59 PM
Onik Onik is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2008
Posts: 1
Default

aku rasa tetap kembali pada cara penyampaiannya aja, menyinggung atau tidak, kasar atau halus... karena pada dasarnya semua kritik itu baik adanya, untuk meningkatkan kualitas menulis kita.
Reply With Quote
  #26  
Old 07-13-2009, 03:55 AM
bob1985 bob1985 is offline
Join Date: Sep 2008
Location: Medan
Posts: 0
Default

Quote:
Originally Posted by Onik View Post
aku rasa tetap kembali pada cara penyampaiannya aja, menyinggung atau tidak, kasar atau halus... karena pada dasarnya semua kritik itu baik adanya, untuk meningkatkan kualitas menulis kita.
tidak semua kritik baik loh..
__________________
Tanda tangan sekaligus Tanda kaki?
Reply With Quote
  #27  
Old 07-13-2009, 03:54 PM
rey_khazama's Avatar
rey_khazama rey_khazama is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2008
Location: Bandung
Posts: 16
Default

Kritik pedas emang enak. Banyak sambelnyah. tapi kritik yang enak adalah. Kritik Singkong, atawa Kritik Pisang.
Reply With Quote
  #28  
Old 07-13-2009, 06:35 PM
Villam's Avatar
Villam Villam is offline
Anak Muda
Join Date: Sep 2007
Posts: 21
Default

ini sedikit tulisan mengenai kritik yang baik:
http://www.rdvillam.com/2008/10/kara...tik-yang-baik/

mudah2an bisa membantu (buat mereka yang membutuhkan)

tapi bahkan jika kritik tersebut tidak jujur, menjatuhkan semangat, merendahkan, tidak seimbang, ataupun sulit dimengerti, jika sang penulis adalah seorang yang mau belajar, berjiwa besar, tahan banting dan berpikiran terbuka, maka ia tetap bisa belajar sesuatu yang bermanfaat dari kritik-kritik buruk semacam itu.
__________________
www.rdvillam.com
Reply With Quote
  #29  
Old 07-13-2009, 09:20 PM
panah hujan panah hujan is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2007
Location: Yogyakarta
Posts: 252
Default

Ah, sudah pernah mampir, Kak Villam Artikel-artikel yang sangat bermanfaat.
__________________
"kalau masih ada kesempatan untuk menepati janji, kenapa harus mengingkarinya?"

http://dewikharismamichellia.blogspot.com/
Reply With Quote
  #30  
Old 07-14-2009, 08:57 PM
elbintang elbintang is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2008
Posts: 34
Default

baru ngeh kalu ada tombol delete...

sebenarnya mo dipajang ato di delete reply pembaca, suka-suka si penulis *menurut gue*

entah itu maksudnya biar gak sakit hati atau biar gak memadamkan smangatnya menulis. toh, lembaran halaman punya dia dan om rizki naruh tombol delete di situ

Cheers!
mari menulis

Last edited by elbintang; 07-14-2009 at 09:05 PM.
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 06:58 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2018, Jelsoft Enterprises Ltd.