Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Novel
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 05-26-2011, 03:30 PM
cilang's Avatar
cilang cilang is offline
Kisanak
Join Date: Mar 2010
Location: Villa Melati, (bersama Gadis Langit Utara dan Bidadari VIII)
Posts: 544
Send a message via Yahoo to cilang
Default Candra-Kirana Hampir Membunuhku....

Tahun 2005, tepatnya Maret 2005. Itu sabtu minggu terakhir ketika aku berfikir untuk mulai mendesain cerita ini. Ketika itu aku masih ada di Yogyakarta. Aku mulai mengumpulkan semua info yang aku butuhkan.

Semua aktifitasku mulai semakin mudah ketika juni 2006 aku pergi ke Kaltim. Dan aku semakin memiliki banyak waktu untuk melakukan semua yang aku perlukan untuk menyusun cerita itu. Tetapi aku tidak pernah menuliskan cerita itu. Semua hanya aku tulis dalam bentuk diagram alur saja.

Pada Juli 2007 aku membakar semua diagaram itu dan akhirnya memutuskan melakukan perubahan besar-besaran setelah mimpi buruk, dalam mimpi yang datang berulang itu aku ada dalam dunia ceritaku.

Dan semenjak itu aku merubah semua alur ceritanya. Beberapa minggu yang lalu aku memutuskan bahwa evaluasi konsep cerita itu selesai. Tepatnya 19 Mei 2011. Desain konsepnya selesai dan aku berniat mulai menulisnya. Namun sebuah masalah datang.

Sekarang aku bahkan tidak bisa berfikir dengan benar ketika hendak memulai kisah itu di atas kertas.

yang ingin aku katakan adalah,

adakah yang mau membantuku menyelesaikan masalah ini? ini menyiksaku. usahaku selama enam tahun sekarang seperti tidak berguna sama-sekali.

padahal sekarang ini aku sudah menemukan semua jawaban atas pertanyaanku mengenai cerita itu. Dan sekarang aku lagi pusing.

atau mungkin aku butuh liburan, lupakan semua itu dulu, biarkan aja dia tidur di lembar-lembar putih itu, bila perlu bakar lagi.

karena aku pikir, konsepnya sudah aku dapatkan, selama aku tidak kehilangan ingatan, aku yakin konsep itu akan tetap ada.

siapapun yang bersedia tolong batu aku....
__________________
Code:
<jika>
       <1>Menginginkan kamu itu dosa</1>
       <2>Merindukan kamu itu dosa</1>
<jika>
<maka>
       <1>Melupakan kamu itu keharusan</1>
       <2>Membunuh hati ini perlu</1>
<maka>
Reply With Quote
  #2  
Old 05-26-2011, 05:43 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

hmmm...
maaf, cil. yg dirimu maksudkan "membantu" itu yang bagaimana? apakah membantumu dalam hal menuliskan cerita itu, seperti "penulis bayangan" begitu atau dukungan aja niy. kalau dukungan pun, dukungan dalam bentuk apa? hehehe. pun begitu, saia gak bisa ngebantu apa-apa siy. cuman, saia harap dirimu jangan gugup gitu menghadapi permasalahan kamu yg sekarang. tenang saja. kemudian.com gak akan menuntutmu soal Candra-Kirana (kidding). selebihnya saia bingung niy dengan apa yg kamu bilang. soalnya ada soal mimpi buruk pulak di sana -____-"

tapi yg pasti dirimu udah nyiapin konsepna kan? udah cukup matang kan makana dirimu mau mencoba menuliskan cerita keseluruhannya. nah, jadi kendala kamu itu soal "berpikir dengan benar" itu yg kayak gimana maksudna? pemikiran saia simpel banget siy, cil, jadi susah koneknya. berpikir dengan benar menurut saia, kalau memang dirimu udah buat konsep, dalam arti kerangka, alur, sebab-akibat, dsb; kenapa nggak dirimu tulis aja dari awal? maju aja yg dalam arti musti dipaksa. emang gituan ada bener salahnya? setau saia, tulis dulu sampek kelar, baru evaluasi, edit sana-sini, tambah kurangi begitu. hehehe. soal seni, belakangan. lha jadi aja belum gitu, seperti kata temen saia. hehehe.

trus, ada tanda-tanda kejenuhan juga di balik "keluhan" kamu di atas. soalna ada mimpi buruk, aksi pembakaran konsep awal , dan tahun pertama dirimu mencanangkan akan memulai "proyek" ini. 2005. udah cukup lama, seolah-olah bebannya itu terasa berat. hehehe. cuman pendapat saia siy, berlibur dulu aja. maksudnya cari udara segar. itu yg baik. tapi kalau dirimu mau yg lebih oke, cil, dirimu musti paksa tuh otak buat nyoba buat ngemulai, paksa tangan buat nulis huruf pertama, atau paksa keadaanmu senyaman mungkin. gak ada istilah nunggu mood. itu yg konsep "mesin". hehehe.

lainnya: cuma ini yg bisa saia bantu. member lain, silahkan menambahkan dan dirimu jugak boleh menjawab-jelaskan buat pertanyaan saia ini. salam kuper (niru2 Rivai)

ahak hak hak
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #3  
Old 05-26-2011, 08:56 PM
cilang's Avatar
cilang cilang is offline
Kisanak
Join Date: Mar 2010
Location: Villa Melati, (bersama Gadis Langit Utara dan Bidadari VIII)
Posts: 544
Send a message via Yahoo to cilang
Default

ini novel pertamaku Sin, yang aku konsep dengan dasar kemampuanku sebagai konseptor. Merancang sebuah sistem atau kegiatan lebih mudah, bahkan pelaksanaannya. Hanya saja, mungkin ada juga efek jenuh, lelah, tidak percaya diri. Sebenernya udah ada 4 bab, tulisan tangan. Isinya script dialog. Deskripsi latar dan lainnya simbolik aja.

Aku minim soal pengetahuan nama benda, warna dan sifat. Seringkali aku tidak bisa membahasakan imajinasi. Ketika aku paksakan semuanya kacau. Ketika aku mengimajinasikan pantai timur desilia yang dalam bentuk ekstreem pantai timur australie, lalu pantai selatannya seperti pantai selatan indonesia, memasukkan pantai bali sampai papua nugini sebagai pantai utaranya dan mendesain pantai baratnya dengan rangkaian mitos selat sunda dengan hiasan kisah cinta bidadari VIII aku bingung bahasanya.

Ketika aku tulis dalam plot jadi ancur. Padahal dalam imajinasiku gak gitu. Keindahan dan keangkeran, kek mitos di rinjani, parang tritis, dan mejikuhibiniu melingkari desilia, kota utopiana yang futuristik tapi visualnya klasik.....

Kalau yang punya saran silahkan....
__________________
Code:
<jika>
       <1>Menginginkan kamu itu dosa</1>
       <2>Merindukan kamu itu dosa</1>
<jika>
<maka>
       <1>Melupakan kamu itu keharusan</1>
       <2>Membunuh hati ini perlu</1>
<maka>
Reply With Quote
  #4  
Old 05-27-2011, 12:06 AM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

maksudnya lu mau ngajak colab?
atau .... apa?

btw, kayaknya kita lagi mengalami masalah yg sama.
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #5  
Old 05-27-2011, 06:39 AM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by cilang View Post
ini novel pertamaku Sin, yang aku konsep dengan dasar kemampuanku sebagai konseptor. Merancang sebuah sistem atau kegiatan lebih mudah, bahkan pelaksanaannya. Hanya saja, mungkin ada juga efek jenuh, lelah, tidak percaya diri. Sebenernya udah ada 4 bab, tulisan tangan. Isinya script dialog. Deskripsi latar dan lainnya simbolik aja.

Aku minim soal pengetahuan nama benda, warna dan sifat. Seringkali aku tidak bisa membahasakan imajinasi. Ketika aku paksakan semuanya kacau. Ketika aku mengimajinasikan pantai timur desilia yang dalam bentuk ekstreem pantai timur australie, lalu pantai selatannya seperti pantai selatan indonesia, memasukkan pantai bali sampai papua nugini sebagai pantai utaranya dan mendesain pantai baratnya dengan rangkaian mitos selat sunda dengan hiasan kisah cinta bidadari VIII aku bingung bahasanya.

Ketika aku tulis dalam plot jadi ancur. Padahal dalam imajinasiku gak gitu. Keindahan dan keangkeran, kek mitos di rinjani, parang tritis, dan mejikuhibiniu melingkari desilia, kota utopiana yang futuristik tapi visualnya klasik.....

Kalau yang punya saran silahkan....
kalau dirimu kesulitan memindahkan imajinasi kamu ntuh ke tulisan, mending gini aja: perbanyak membaca buku atau cerita yang mirip dengan cerita yg sedang kamu garap. khususna genre yg sama. selebihnya, tentu riset lebih jauh lagi. apalagi mengenai tempat-tempat tertentu. saia pikir googling lumayan membantu. cari gambar2 gitu, cil. hehehe. pastinya ini udah kamu lakukan kan? trus nulisnya gak harus dari awal ke akhir gitu. coba aja tulis bagian mana yg paling kamu suka, sambil ngikutin plotna. hehehe.

dan lagi, tentunya dirimu punya penulis favorite kan, yg kamu idolakan karena ceritanya, gayanya, selera humornya, dsb. belajar dari cerita2 idola kamu itu aja. bagaimanapun caranya. hehehe. karena yg penting kamu bisa mulai dan selesaikan semuanya. setelah itu baru dinilai bagus tidaknya, cil.

kalau ngajak kolabs seperti yg dibilang Canon di atas, saia gak bisa niy. mungkin yg lain. silahkan. ahak hak hak.
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #6  
Old 05-27-2011, 07:48 AM
cilang's Avatar
cilang cilang is offline
Kisanak
Join Date: Mar 2010
Location: Villa Melati, (bersama Gadis Langit Utara dan Bidadari VIII)
Posts: 544
Send a message via Yahoo to cilang
Default

wah, thanks Shin. Aku udah coba itu. Yah, browsing info dan artikel kebudayaan kuno, UFO, situs purbakala misterius, Mythology kontroversial dan banyak lagi yang udah aku kumpulin.

kalau penulis yang aku gandrungi...... yang nulis Mahabharata, "International Joe", Primbon, hehhehehe..... aku penggemar buku kuno. kalau buku baru LOTR, ama buku Ilmiah, Politik gitu Shin. buku lama kebanyakan anonim, gaya penceritaan menguras energi dan konsentrasi. *tapi kalau primbon asmara dan perjodohan kayaknya kagak....xixixiixixixi

Cannon.... kalau colabs..... ntar duluw deh. Tapi kalau mau, ada materi. banyak malah. Bagian dari Candra-Kirana juga. Tetapi udah aku beri label "Character's Line Story".

Kisah cinta duo utopiana (Lintang - Tata) akan jadi menarik kalau penulisnya pandai menggambarkan emosi. Sahabat yang bertemu ketika dekat dengan ajal, berbagi segalanya, bahkan berbagi suami juga. terus lintang menghabiskan hidup di rumah sakit karena cedera pertarungan ketika hamil muda, sedang Tata menghabiskan hidupnya merawat anak kembar Lintang. Dan mereka memiliki alasan yang berbeda dan prinsipil. Pegabdian, Cinta, Persahabatan.

hahhhhh gak tahu kapan cerita-cerita itu akan aku tulis. cerita utamanya aja belum kelar.
__________________
Code:
<jika>
       <1>Menginginkan kamu itu dosa</1>
       <2>Merindukan kamu itu dosa</1>
<jika>
<maka>
       <1>Melupakan kamu itu keharusan</1>
       <2>Membunuh hati ini perlu</1>
<maka>
Reply With Quote
  #7  
Old 05-27-2011, 08:44 AM
145's Avatar
145 145 is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2008
Posts: 92
Default

kalau susah dituliskan, digambarkan saja, atau difilmkan
Reply With Quote
  #8  
Old 05-27-2011, 10:53 AM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

pelan2 aja di tulis, satu persatu mulai dari yg paling ringan. fokus aja, cil.
gw jg lagi sibuk sama proyek sendiri,
gw bantu doa aja ya hehehe ...
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #9  
Old 05-27-2011, 10:54 AM
cilang's Avatar
cilang cilang is offline
Kisanak
Join Date: Mar 2010
Location: Villa Melati, (bersama Gadis Langit Utara dan Bidadari VIII)
Posts: 544
Send a message via Yahoo to cilang
Default

Quote:
Originally Posted by 145 View Post
kalau susah dituliskan, digambarkan saja, atau difilmkan
wow...... Siapa mau gambarkan to filmkan. Aku bisa ceritakan secara lisan..... Hehehehe.....
__________________
Code:
<jika>
       <1>Menginginkan kamu itu dosa</1>
       <2>Merindukan kamu itu dosa</1>
<jika>
<maka>
       <1>Melupakan kamu itu keharusan</1>
       <2>Membunuh hati ini perlu</1>
<maka>
Reply With Quote
  #10  
Old 05-27-2011, 01:23 PM
Alfare's Avatar
Alfare Alfare is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2007
Posts: 63
Default

Aku pernah ngalamin masalah kayak gini. Buat novelku juga. Judulnya LCHI. Daripada masalah ngebayangin plot, aku mentoknya lebih karena masalah-maalah emosi. Apa yang pengen kuangkat lewat cerita ini adalah hal-hal yang sangat pribadi bagiku, jadi selalu ada kesulitan buat menyampaikannya dengan cara yang aku inginkan. Ditambah lagi selama itu selalu ada ketimpangan dengan nuansa cerita yang kuharapkan dengan situasi kehidupan yang tengah kujalanin pada waktu yang sama. Padahal ini cerita drama teenlit dengan alur yang amat sederhana loh. Pokoknya ada banyak rasa pahit, amarah, sesal, dan kebimbangan.

Aku mulai nyusun ini semenjak SMA, dan udah ngalamin revisi yang udah enggak kehitung banyaknya. Aku sempet ngira novel ini udah ga ada artinya aku lanjutin. Hingga aku bahkan mutusin buat ninggalin pengerjaannya dan nulis cerita-cerita lain semasa kuliah. Baru belakangan aja aku nyadar bahwa bukan cuma masalah skill, sebagai individu, aku juga masih belum cukup dewasa buat ngerjain. Selama itu aku belajar nulis sungguh-sungguh. Aku mendalami berbagai macam cerita, baik lewat buku atau film. Aku coba bereksperimen menulis dengan berbagai gaya, semata-mata buat nemuin gaya yang cocok buatku. Aku juga berlatih untuk bisa menulis secara rutin.

Sampai suatu waktu, Panah Hujan (anggota kcom) yang pernah kukirimin draft cerita asalnya, meminta secara pribadi agar aku menuntaskan cerita ini. Dan entah gimana, ternyata kali ini aku sanggup melakukannya. Jadilah aku mulai ngerjain LCHI lagi. Aku udah keseringan melanggar janji untuk menuntaskannya, tapi itu karena aku beneran ngerjainnya dengan hati-hati. Sedikit demi sedikit, jumlah kata yang kutulis makin bertambah (meski berkurang cepat juga bersama setiap revisi). Aku agak sadis dalam merevisinya, karena beberapa kali aku terpaksa sampai memotong bagian-bagian ceritanya sampai berbab-bab. Tapi aku selalu menyimpan baik-baik bagian-bagian cerita yang kupotong dan aku berhasil mastiin ga ada ide cerita yang kebuang.

Jadi saranku buat Cilang adalah: kamu beneran mesti bersabar. Kamu ENGGAK BOLEH mikir 'aku pengen ceritanya kayak gini' pada saat kamu lagi enggak nulis. Kamu cuma boleh mikir gitu pada saat kau sungguh-sungguh lagi nulis. Yang BOLEH kamu pikirin pada saat kamu nulis adalah 'apa ya, yang sesungguhnya aku inginin?' Niscaya nanti kata-kata yang kamu butuhin bakal muncul sendiri.

Um. Semoga.
__________________
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 05:15 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.