Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG SANTAI > Ngobrol Santai
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 04-27-2012, 12:33 PM
Gitta-chan Gitta-chan is offline
Anak Muda
Join Date: Sep 2011
Posts: 65
Default Tema-tema yang Banyak Dipergunakan di dalam Novel/Cerpen Romance

Halo, semua. Selamat malam~ (berhubung saya nulisnya malem)

Ehem, kali ini saya mau membahas tentang tema-tema yang banyak dipergunakan penulis dalam suatu cerpen atau novel. Saya cuma akan bahas novel-novel atau cerpen-cerpen bergenre romance, teenlit, dan lainnya (berhubung saya seringnya baca yang bergenre itu).

Oke, langsung aja.

(Tema-tema di bawah nggak sesuai urutan ya)

1. Cinta segitiga

Tema kayak gini memang udah banyak banget beredar. Entah di novel, cerpen, sinetron, bahkan komik. Tema cinta segitiga mengangkat kisah tentang cewek yang dikejar-kejar maupun dicintai oleh dua cowok atau lebih (bisa juga kebalikannya). Bagi kalian yang sering membaca novel teenlit/metropop, pasti mengerti maksud saya, kan? Untuk contoh novelnya, saya nggak bisa sebutkan satu persatu—berhubung banyak banget novel yang memakai tema ini.

2. Genderbend (Cewek Nyamar jadi Cowok atau Kebalikannya)

Kalau tema seperti ini, memang lebih banyak dipakai dalam komik. Tapi tak jarang novel/cerpen memakai tema seperti ini. Tema di atas menceritakan tentang cewek yang menyamar jadi cowok (atau sebaliknya). Biasanya karena suatu alasan. Alasan yang paling banyak saya temui sih biasanya, adalah karena si tokoh utama ingin bersekolah di sekolah khusus cowok/cewek, entah karena keinginan sendiri (misalnya ingin dekat dengan cewek/cowok yang diincar), karena paksaan, ataupun karena ketidak-sengajaan. Saya nggak tahu novel-novel apa aja yang mengusut tema ini, tapi ada satu komik yang saya tahu, yaitu Ouran High School Host Club-nya Bisco Hatori

3. Incest (?)

Tema yang saya maksud adalah tema yang mengangkat cerita tentang si tokoh utama yang jatuh cinta pada seorang cewek/cowok. Dan setelah bla-bla-bla, akhirnya mereka jadian (atau apapun lah itu. Bisa mengetahui saling menyukai, dan lain-lain. Intinya, happy ending). Dan karena ‘sesuatu’, mereka mengetahui bahwa mereka adalah saudara kandung (entah apapun yang penulis sajikan sebagai alasannya). Kalian mengerti maksud saya? Sebagai contoh, novel berjudul Autumn In Paris karya Ilana Tan.

4. Tokoh Utama Berpenyakit Berat

Ya, kalian tahu. Entah apa cerita yang disajikan, pada akhirnya kita mengetahui bahwa si tokoh utama (atau tokoh pembantu yang berpengaruh pada jalan cerita) memilik penyakit yang berat. Mau tahu seperti apa? Yang paling banyak saya temui adalah penyakit kanker darah, kanker otak atau penyakit jantung. Tema seperti ini banyak saya temui.

5. Cerita cinta yang nyaris berakhir bahagia, namun tiba-tiba tokoh utama mati

EDIT: Tambahan dari Kak Herjuno
Quote:
6. Reverse Harem

Tokoh utama adalah cewek biasa yang dikejar-kejar sama serombongan cowok cakep. Biasanya ngambil setting di sekolah mewah.

7. Kedua protagonis awalnya ribut terus, tapi endingnya jadian

8. Cowok/cewek yang amnesia, lupa dengan siapa dirinya dan pacarnya.

9. Pindah tubuh.

EDIT: Tambahan dari Kak Nekoman

Quote:
10. The Classical, Star Crossed lover (Romeo-Julliet, Siti nurbaya style)

11. Kawin kontrak.

12. Damsel in Distress - You may safe the bride. (Ramayana)

13. Perjodohan.

14. Genji Plan (Hikayat genji, dimana sang tokoh megasuh jodohnya)

15. Cinta terlarang (klasik, ini bisa dibagi beberapa jenis).

16. Second hope (Biasanya tokohnya cerai, atau pacarnya mati).

17. Misterious Girlfriend fall from the sky.

18. Love-hate relation/Dua pasangan yang berseberangan.

19. Akibat seks pranikah (Khas indo)
EDIT: Tambahan dari Kak Nadiire

Quote:
20. Cinta Bertepuk Sebelah Tangan (One-Side Love)

Last edited by Gitta-chan; 12-30-2014 at 07:47 AM.
Reply With Quote
  #2  
Old 04-27-2012, 03:36 PM
dansou's Avatar
dansou dansou is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2011
Location: Solo
Posts: 138
Default

Hohohoho
__________________
Can't you see that I am the one who understands you?

You Belong With Me

Kunjungi cerita saya di sini
Reply With Quote
  #3  
Old 04-27-2012, 10:16 PM
Aletheia_agatha's Avatar
Aletheia_agatha Aletheia_agatha is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2011
Location: Pati-Semarang
Posts: 140
Default

Tema-tema yang banyak digunakan yah? hm... punyaku masuk yang mana??


kayaknya nggak ada deh di situ
Reply With Quote
  #4  
Old 04-27-2012, 11:08 PM
Rusty Wilson Rusty Wilson is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 14
Default

Nah, itu dia. Kadang mau bikin cerita, tapi temanya udah sering. Jadi idenya terkubur dalam-dalam. Hahahaha......
Karena itu juga jadi posting ceritanya jarang-jarang. .______.
Reply With Quote
  #5  
Old 04-29-2012, 01:06 AM
dansou's Avatar
dansou dansou is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2011
Location: Solo
Posts: 138
Default

Quote:
Originally Posted by Rusty Wilson View Post
Nah, itu dia. Kadang mau bikin cerita, tapi temanya udah sering. Jadi idenya terkubur dalam-dalam. Hahahaha......
Karena itu juga jadi posting ceritanya jarang-jarang. .______.
Enggak apa-apa. Tulis aja lagi Saya termasuk orang yang tidak percaya dengan originalitas karya mengingat sudah banyaknya karya yang terbit saat ini. Jadi, enggak apa-apa kalau bikin cerita yang ide dasarnya sama
__________________
Can't you see that I am the one who understands you?

You Belong With Me

Kunjungi cerita saya di sini
Reply With Quote
  #6  
Old 04-29-2012, 01:45 AM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

yang nomer 3 mungkin bisa termasuk dalam kategori Star crossed lover.
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #7  
Old 04-29-2012, 03:41 PM
yuu_sara yuu_sara is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2012
Posts: 16
Default

Quote:
Originally Posted by dansou View Post
Enggak apa-apa. Tulis aja lagi Saya termasuk orang yang tidak percaya dengan originalitas karya mengingat sudah banyaknya karya yang terbit saat ini. Jadi, enggak apa-apa kalau bikin cerita yang ide dasarnya sama
setujuuu...
yang penting kan, gimana cara kita nyampeinnya.. bener ga??
Reply With Quote
  #8  
Old 04-30-2012, 10:43 PM
herjuno's Avatar
herjuno herjuno is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2010
Location: Jogja
Posts: 459
Default

Nambahin:
5. Tokoh utama adalah cewek biasa yang dikejar2 sama serombongan cowok cakep. Biasanya ngambil setting di sekolah mewah (istilah luas untuk ini adalah "reverse harem").

6. Kedua protagonis awalnya ribut terus, tapi ending2nya jadian --> Ini udah sering banget muncul.

7. Cowok/cewek yang amnesia, lupa dengan siapa dirinya dan pacarnya.

8. Pindah tubuh.

9. Ada yang mau nambahin lagi?
__________________
"Scribo Ergo Sum"

I Write, Therefore I Am
Reply With Quote
  #9  
Old 04-30-2012, 11:45 PM
neko-man neko-man is offline
Anak Muda
Join Date: May 2008
Location: jogja
Posts: 195
Default

Ada kucing mau nambah... tapi bukan novel kadang, bisa jadi subplot romance

1. The Classical, Star Crossed lover (Romeo-Julliet, Siti nurbaya style)

2. Kawin kontrak.

3. damsel in distress - You may safe the bride. (Ramayana)

4. Perjodohan.

5. Genji Plan (Hikayat genji, dimana sang tokoh megasuh jodohnya)

6. Cinta terlarang (klasik, ini bisa dibagi beberapa jenis).

7. Second hope (Biasanya tokohnya cerai, atau pacarnya mati).

8. Misterious Girlfriend fall from the sky.

9. Love-hate relation/Dua pasangan yang berseberangan.

10. Akibat seks pranikah (Khas indo)
Reply With Quote
  #10  
Old 05-01-2012, 02:31 PM
NADIIRE NADIIRE is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2011
Location: in eternity
Posts: 40
Default

Kalau cinta bertepuk sebelah tangan~?
Itu termasuk tema bukan yah?
*soalnya banyak banget saya baca yang begitu*
Reply With Quote
Reply

Tags
novel/cerpen, romance, tema, tulisan

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 10:24 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.