Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Tentang Penulis
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #11  
Old 01-04-2012, 09:36 AM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by Canon Bender View Post
yang ini kayaknya menuju profesional nih
belom ada yg mau bayarin niy, om. ahak hak hak. bdw, itu profesionalisme merujuk kepada melabeli diri dengan harga, bukan siy? -____-" #pertanyaanngaco saia jadi takut2 niy jika pengen melangkah (halah) menjadi profesional. abisan, takutna saia nggak bisa bertanggung jawab. makanya, amateur muluk dari kapan tau gitu. ahak hak hak.
bdw, nais inpoh
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #12  
Old 01-04-2012, 10:32 AM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

mungkin. kalau label jadi ada royalti nya kan?

yang kutau, profesional itu melakukan"nya" demi memperoleh nafkah,
amatir baru sekadar menjalankan hobi.

gampangnya gitu kayaknya
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #13  
Old 01-04-2012, 10:59 AM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by Canon Bender View Post
mungkin. kalau label jadi ada royalti nya kan?

yang kutau, profesional itu melakukan"nya" demi memperoleh nafkah,
amatir baru sekadar menjalankan hobi.

gampangnya gitu kayaknya
tampaknya saia mau nyarik nafkah dari jalan lain aja deh
ahak hak hak
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #14  
Old 01-04-2012, 12:23 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

ow ic. amatir. good luck then

btw, "profesional" dari kata "profesi"
dan "amatir" dari kata "amour" artinya "cinta"
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #15  
Old 01-04-2012, 12:56 PM
herjuno's Avatar
herjuno herjuno is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2010
Location: Jogja
Posts: 459
Default

Haha. Itulah kenapa saya lebih suka menggunakan kata "pemula", yakni orang yang belum memiliki banyak pengalaman.
__________________
"Scribo Ergo Sum"

I Write, Therefore I Am
Reply With Quote
  #16  
Old 01-04-2012, 04:28 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

dan saya gak tau darimana bisa mendadak orang mengatakan "wah dia hebat, udah profesional" menjadi sebuah pujian seperti "wah dia hebat, pakar nya"
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
  #17  
Old 01-04-2012, 05:37 PM
Rea_sekar Rea_sekar is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2011
Posts: 238
Default

I couldn't agree more. Saia pernah ngomongin hal ini di dunia nyata, tapi ketika itu saia gak nemu etimologinya amatir.

Nice share, nice share.
__________________
Remember:
RIDICULOUSLY
BIG
SIGNATURE

=

small d*ck
Reply With Quote
  #18  
Old 01-19-2012, 04:08 AM
NodiX's Avatar
NodiX NodiX is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2012
Location: Pinggir Jalan
Posts: 3
Default

saya pernah denger kata pro
itu masuk ke profesional gk ya?
soalnya biasanya orang yg nyebut dirinya pro hebat" (terutama dalam gaming)
Reply With Quote
  #19  
Old 01-26-2012, 03:59 PM
someonefromthesky's Avatar
someonefromthesky someonefromthesky is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2007
Location: Bandung
Posts: 627
Default

Setuju dengan Canon Bender. Amatir memang berarti orang melakukan sesuatu atas dasar kesukaan atau hobi. Sementara profesional adalah orang yang menjadikannya profesi (untuk mencari nafkah). Sebenarnya status itu nggak ada hubungannya dengan tingkat kemampuan, tapi kadang ada pergeseran makna yang membuat "amatir" terkesan memiliki kemampuan lebih rendah dari "profesional", mungkin karena sebagian amatir cuma melakukan bidang itu sebagai selingan dari profesinya.

Dari situ, terjadi pergeseran makna lebih jauh lagi, sehingga amatir = pemula, dan pro = berpengalaman. Saya nggak setuju sih dengan pemaknaan ini. Apa iya kemampuan seseorang dalam suatu bidang ditentukan dari apakah ia mendapatkan uang atau nggak dari bidang itu? Nggak tuh.
__________________
"Tinta itu hitam, Jenderal."

Last edited by someonefromthesky; 01-26-2012 at 04:01 PM.
Reply With Quote
  #20  
Old 01-26-2012, 08:44 PM
Canon Bender's Avatar
Canon Bender Canon Bender is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 412
Default

Quote:
Originally Posted by NodiX View Post
saya pernah denger kata pro
itu masuk ke profesional gk ya?
soalnya biasanya orang yg nyebut dirinya pro hebat" (terutama dalam gaming)
pro gamer berarti dia menjadikan gaming world sebagai dunianya. mungkin bikin walkthrough atau ikut turnamen2 game biar dapet uang dan hidup dari sana.

tapi kalau dia menyebut diri gamer pro cuma karena dia lebih jago dari orang lain dan gak dapet penghasilan secara profesi dari game ... menurutku dia bukan profesional.

seperti yang dijelaskan kembali dengan baik oleh seseorang dari langit di atas postingan ini
__________________

this eye has emotion which talks deeper than words

I saw heaven, but I skipped it
I tried hell, but I didn't like it there

Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 06:49 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.