Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Cerpen
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 06-07-2013, 12:01 AM
sefa ayu sefa ayu is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2011
Posts: 77
Default tulooooonggg... :D

Salam.

Permisi yak,
aku mau nanya nih sobat2 kekom.
gmana ya.. cara penulisan dialog dua orang yang percakapan mereka tuh melalui tulisan.
Jadi kalau misalnya mereka tuh ngomongnya melalui sms or chatting gitu, dan isi percakapan mereka kita mau critain melalu cerpen.
gmana ya caranya?
kalau dialog langsung kan mesti pake tanda petik "...." nah, kalau dialog tulisan yang mau dicritain, aturan EYD nya kyak gmana yah??
udah gugling nih tpi ga nemu2..

mhon bntuannya ya.. buat yg ngerti aturan EYD nya n kalau bisa sih beserta link sumbernya kalau ada ..

oke, makasih banyak buat answernya..
salam.
Reply With Quote
  #2  
Old 06-07-2013, 10:31 PM
sefa ayu sefa ayu is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2011
Posts: 77
Default

ga ada yg ngertikah?
atau udah prnah bhas topik ini sebelumnya?
mhon linknya buat yg tau..

butuh.butuh.butuh

makasih sblumnya
Reply With Quote
  #3  
Old 06-08-2013, 11:45 AM
centuryno centuryno is offline
Anak Muda
Join Date: Mar 2011
Location: bandung
Posts: 88
Send a message via Yahoo to centuryno
Default

klo saya sih gini aja. misal

Zein menerima sebuah pesan misterius di handphonenya yang bertuliskan "Pergilah ke gedung no 15 sendirian"

jadi untuk tulisan itu pakai tanda petik dan pakai huruf miring
Reply With Quote
  #4  
Old 06-10-2013, 11:04 PM
sefa ayu sefa ayu is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2011
Posts: 77
Default

oh mesti pake tnda petik juga ya??
oke deh centuryno.

makasih bnget ya buat responnya..
Reply With Quote
  #5  
Old 06-18-2013, 09:34 AM
timbuktu's Avatar
timbuktu timbuktu is offline
Anak Muda
Join Date: Sep 2007
Location: kitsilano
Posts: 48
Default

Quote:
Originally Posted by sefa ayu View Post
oh mesti pake tnda petik juga ya??
oke deh centuryno.

makasih bnget ya buat responnya..
Kalo tanda petik iya. Tapi untuk hurup miring tidak ada aturan bakunya.
Reply With Quote
  #6  
Old 06-18-2013, 09:35 AM
timbuktu's Avatar
timbuktu timbuktu is offline
Anak Muda
Join Date: Sep 2007
Location: kitsilano
Posts: 48
Default

Quote:
Originally Posted by sefa ayu View Post
oh mesti pake tnda petik juga ya??
oke deh centuryno.

makasih bnget ya buat responnya..
Kalo tanda petik iya. Tapi untuk hurup miring setau saya tidak ada aturan bakunya.
Reply With Quote
  #7  
Old 08-14-2013, 01:06 PM
someonefromthesky's Avatar
someonefromthesky someonefromthesky is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2007
Location: Bandung
Posts: 627
Default

Aturan yang paling mendekati dalam Pedoman EYD adalah menggunakan tanda petik.

Quote:
J. Tanda Petik (" ")
1. Tanda petik dipakai untuk mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan, naskah, atau bahan tertulis lain.
Misalnya:
Pasal 36 UUD 1945 menyatakan, "Bahasa negara ialah bahasa Indonesia. "
Ibu berkata, "Paman berangkat besok pagi. "
"Saya belum siap," kata dia, "tunggu sebentar!"
Sumber

Namun dalam buku (fiksi, populer, non-ilmiah), banyak juga yang menuliskan potongan koran, SMS, atau email dengan menggunakan paragraf baru yang dibedakan dengan jenis font khusus atau menggunakan huruf miring. Ini cuma masalah gaya aja sih, yang penting tetap konsisten dalam satu buku.
__________________
"Tinta itu hitam, Jenderal."

Last edited by someonefromthesky; 08-14-2013 at 01:09 PM.
Reply With Quote
  #8  
Old 08-14-2013, 01:40 PM
hamdan15's Avatar
hamdan15 hamdan15 is offline
Anak Muda
Join Date: Jun 2011
Posts: 19
Default

klo dr buku yang ane baca sih,

kalo chattingnya dia pake

[name a]: --------
[name b]: pppp
Reply With Quote
  #9  
Old 12-07-2013, 11:37 PM
muncumunyu muncumunyu is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2013
Posts: 2
Default

kalo saya pernah diajari untuk masalah kaya gitu pake kalimat tidak langsung, misalnya : Andi menerima sms dari Joko, isi sms itu menyatakan bahwa Joko sedang menunggu Andi di bawah pohon.
Reply With Quote
  #10  
Old 12-08-2013, 12:56 PM
Addinta Bunga's Avatar
Addinta Bunga Addinta Bunga is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2013
Location: Yogyakarta
Posts: 14
Default

kalau katanya dosenku, untuk masalah penulisan dalam bahasa indonesia, memang banyak versinya. sebenarnya terserah kita mau menggunakan yang mana asalkan kita konsisten dalam penggunaannya.
semoga membantu
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:55 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.