Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > RUANG DISKUSI > Cerpen
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 04-18-2014, 08:26 PM
nicelin nicelin is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2014
Posts: 10
Question [ASK] Memangnya salah bikin cerpen sad ending?

Haiiii temen - temennnn!!! ^O^
pertama salam kenal dulu yah~ aku Nicelin ^O^

ok langsung aja,
jadi gini nih, kemarin aku kasih cerpen judulnya '2 Muka' ke temen aku. ( http://www.kemudian.com/node/275674 *bukan promosi yah, cuma mau kasih aja.. siapa tau ada yang penasaran sama ceritanya )

seperti biasa, aku minta kritik dan saran dari dia tentang cerpen itu. menurut ku dia itu orang yang tepat, karna kesamaan hobi kita yaitu menulis.

dan hari yang aku nantikan tiba.
dia ngasih kritik atau saran (jujur aku gak ngerti)
yang isinya gini :
Quote:
dari keseluruhan isi cerpen lu yg judulnya 2 Muka, udh bagus, tapi ada yg kurang dari epilognya, kok si tokoh utamanya mati gantung diri? harusnya nih kalo saran gua, happy ending aja, misalkan menikah kek atau apa lah gitu. pokoknya agak dirubah aja
yang jadi pertanyaan aku :
1. memangnya dalam sebuah cerita (khususnya cerpen) tokoh utama gak boleh mati?
2. memangnya Ending dari sebuah cerpen harus happy ending?


ettiiss,, temen - temen jangan salah sangka dulu, aku uda berusaha bertanya kok! dan kalau mau tau ini nih dialognya :
N: Nicelin (Aku)
A: Temen
Quote:
A: ya udh. langsung aja ya gua komentarin, ehem bismillah..
dari keseluruhan isi cerpen lu yg judulnya 2 Muka, udh bagus, tapi ada yg kurang dari epilognya, kok si tokoh utamanya mati gantung diri? harusnya nih kalo saran gua, happy ending aja, misalkan menikah kek atau apa lah gitu. pokoknya agak dirubah aja

N: emang salah ya van, kalau tokoh utamanya gantung diri?

A: bkn begitu, tapi ada kalanya diubah aja epilognya, gua takut ga akan yg mau baca.

N: emangnya kenapa kok g ada yang mau baca?

A: mksudnya takut garing atau semacamnya gitu, itu aja..

N:jadi cerpen aku garing?

A: nggak sih, kan pendapat pembacanya berbeda, sebaiknya diubah aja endingnya. kalo awal cerita udh bagus

N: ohh gitu, ok makasih van

inget ya teman - teman, aku disini NYARI JAWABAN ..
jadi jangan ada yang ngejudge, kita diskusi aja.
kalau aku salah, lemot, atau orang yg bodoh susah ngerti arti dari kata temen aku, maklum ya ya namanya juga baru terjun kedunia ini...

ok deh, ditunggu respon, pendapat, dan balasan kalian~ !!!
Reply With Quote
  #2  
Old 04-18-2014, 09:03 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

dari penggunaan kata "sad ending" di judul thread ini, saya bisa pastikan kamu tahu apa itu sad ending. itu istilah yg umum dalam kepenulisan. jadi, sangat konyol rasanya kamu mempertanyakan boleh tidaknya itu dibuat dalam tulisan. saya menjudge, sepertinya.
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #3  
Old 04-18-2014, 09:40 PM
nicelin nicelin is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2014
Posts: 10
Default

Quote:
Originally Posted by Shinichi View Post
dari penggunaan kata "sad ending" di judul thread ini, saya bisa pastikan kamu tahu apa itu sad ending. itu istilah yg umum dalam kepenulisan. jadi, sangat konyol rasanya kamu mempertanyakan boleh tidaknya itu dibuat dalam tulisan. saya menjudge, sepertinya.
maaf tidak menjawab pertanyaan saya
Reply With Quote
  #4  
Old 04-18-2014, 09:44 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by nicelin View Post
maaf tidak menjawab pertanyaan saya
itu menjawab kok. tapi ya kamunya yang sepertinya nggak mengerti.
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #5  
Old 04-18-2014, 09:45 PM
nicelin nicelin is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2014
Posts: 10
Default

Quote:
Originally Posted by Shinichi View Post
itu menjawab kok. tapi ya kamunya yang sepertinya nggak mengerti.
jelasin dong T^T
Reply With Quote
  #6  
Old 04-18-2014, 09:49 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

saya nggak menjelaskan hal-hal seperti ini. tunggu Kemudianers yang lain aja ikut berkomentar.
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #7  
Old 04-18-2014, 10:05 PM
finarara finarara is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2014
Location: Semarang, INA
Posts: 2
Default

hai nicelin, salam kenal
sad ending? salah? saya rasa enggak. saya bahkan paling sering bikin cerpen dengan sad ending sampai teman saya, bahkan ibu saya pun, protes itu hak penulis dan yg saya rasa tdk melulu happy ending yg bisa membuat tulisan itu bagus. semuanya bergantung ke tulisannya, mau sad atau happy

nah protes ibu san teman saya ttg sad ending, saya tahu bahwa pembaca cenderung lebih suka happy ending dan dengn mematikan tokoh utama yagn diharapkan punya ending yg tetap hidup meski tidak happy *halah ribet* saya rasa bisa dipikirkan lagi.
saya tidak menyalahkan, tapi gini, saya pernah baca lupa dimana, intinya ketika menulis pun seorang penulis harus paham dengan pasar, dalam arti tema yang ada di kalangan pembaca itu apa, seorang penulis harus tahu. dan ketika toko utama 'dimatikan', itu agak mengecewakan pembaca dan notabene pembaca itu tidak hanya dari lingkungan yg 'tahu' tulis menulis, ttp juga mereka yang sekadar baca umumnya tulisan dg ending yg happy. tapi ya itu tadi, bergantung pada cara ceritanya. kalau memang cerita tetap bisa spektakuler dengan mematikan toko utamanya, tidak ada masalah.

sudah itu saja, nanti bisa nyaningin komennya momod
Reply With Quote
  #8  
Old 04-18-2014, 10:13 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Quote:
Originally Posted by finarara View Post
hai nicelin, salam kenal
sad ending? salah? saya rasa enggak. saya bahkan paling sering bikin cerpen dengan sad ending sampai teman saya, bahkan ibu saya pun, protes itu hak penulis dan yg saya rasa tdk melulu happy ending yg bisa membuat tulisan itu bagus. semuanya bergantung ke tulisannya, mau sad atau happy

nah protes ibu san teman saya ttg sad ending, saya tahu bahwa pembaca cenderung lebih suka happy ending dan dengn mematikan tokoh utama yagn diharapkan punya ending yg tetap hidup meski tidak happy *halah ribet* saya rasa bisa dipikirkan lagi.
saya tidak menyalahkan, tapi gini, saya pernah baca lupa dimana, intinya ketika menulis pun seorang penulis harus paham dengan pasar, dalam arti tema yang ada di kalangan pembaca itu apa, seorang penulis harus tahu. dan ketika toko utama 'dimatikan', itu agak mengecewakan pembaca dan notabene pembaca itu tidak hanya dari lingkungan yg 'tahu' tulis menulis, ttp juga mereka yang sekadar baca umumnya tulisan dg ending yg happy. tapi ya itu tadi, bergantung pada cara ceritanya. kalau memang cerita tetap bisa spektakuler dengan mematikan toko utamanya, tidak ada masalah.

sudah itu saja, nanti bisa nyaningin komennya momod
mulai deh.
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #9  
Old 04-18-2014, 11:31 PM
nicelin nicelin is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2014
Posts: 10
Default

Quote:
Originally Posted by finarara View Post
hai nicelin, salam kenal
sad ending? salah? saya rasa enggak. saya bahkan paling sering bikin cerpen dengan sad ending sampai teman saya, bahkan ibu saya pun, protes itu hak penulis dan yg saya rasa tdk melulu happy ending yg bisa membuat tulisan itu bagus. semuanya bergantung ke tulisannya, mau sad atau happy

nah protes ibu san teman saya ttg sad ending, saya tahu bahwa pembaca cenderung lebih suka happy ending dan dengn mematikan tokoh utama yagn diharapkan punya ending yg tetap hidup meski tidak happy *halah ribet* saya rasa bisa dipikirkan lagi.
saya tidak menyalahkan, tapi gini, saya pernah baca lupa dimana, intinya ketika menulis pun seorang penulis harus paham dengan pasar, dalam arti tema yang ada di kalangan pembaca itu apa, seorang penulis harus tahu. dan ketika toko utama 'dimatikan', itu agak mengecewakan pembaca dan notabene pembaca itu tidak hanya dari lingkungan yg 'tahu' tulis menulis, ttp juga mereka yang sekadar baca umumnya tulisan dg ending yg happy. tapi ya itu tadi, bergantung pada cara ceritanya. kalau memang cerita tetap bisa spektakuler dengan mematikan toko utamanya, tidak ada masalah.

sudah itu saja, nanti bisa nyaningin komennya momod


terima kasih
jawaban finarara bisa saya terima dan aku mengerti


terima kasih ^O^
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:43 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.