Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Belajar Menulis
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 04-10-2014, 09:07 PM
rifkaazzahra rifkaazzahra is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2013
Location: Yogyakarta
Posts: 14
Smile saat kamu jenuh menulis

saya sedang jenuh menulis. selama tiga bulan yang saya lakukan hanya menulis sampai badan bosan, padahal ide bertebaran. ngenesnya lagi, tulisan selama tiga bulan itu tidak ada yang memuaskan. haha. sekarang saya perlu menjauh dulu dari kegiatan menulis agar badan (jari-jari saya, omg) dan pikiran lebih fresh. setelah jenuh pergi, baru saya menulis lagi. saya akan pergi nonton, membeli dan membaca novel, internetan random, belajar *cieelah*, main game, nongkrong sama teman-teman, pokoknya apa saja selain menulis (kecuali menulis jurnal harian. ini sudah jadi kebiasaan. mood gak mood pasti menulis di buku ini).

pernahkah kamu merasa jenuh karena terlalu sering menulis? atau jenuh pada caramu menulis?
apa yang kamu lakukan untuk me-refresh diri?

sharing yuk
__________________
writer's life:
every day is a busy writing day
every day is a busy reading day
every day is a busy researching day
and having fun
Reply With Quote
  #2  
Old 04-10-2014, 10:45 PM
pecundang jalanan pecundang jalanan is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2011
Posts: 13
Default

gw kbetulan sgt suka menulis meskipun bukan penulis handal...haha...maklum masih tidak mengerti dengan EYD....

selain EYD gw juga belum begitu handal dalam pemilihan diksi maklum orang daerah jadi kosa-kata bahasanya masih minim untuk ukuran seorang penulis...

jadi alasan pertama gw dlm kejenuhan adalah karena udah nyerah duluan...,

Untuk refresh otak yang juga kelelahan dulu saya pake jurus ninja ngopi dan rokok tp skrng cm bisa bengong sambil cicip permen alhasil jenuh karena tidak ada aktifitas saya buka note dan menulis apa saja.....
Reply With Quote
  #3  
Old 04-10-2014, 11:11 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

saya cenderung nggak pernah jenuh menulis karena memang jarang menulis. katakanlah relatif dan bukannya bermaksud nyombong atau gimana. tiap bulan, saya pasti menulis, baik puisi maupun cerita. yang mampir aja yang kagak ada. ahak hak hak. dalam arti, menulis yang serius itu menulis yang memang ingin menghasilkan karya. tiap hari menulis, mungkin. saya nggak begitu.

faktor utama yang membuat saya nggak jenuh menulis itu sepertinya karena memang saya nggak sering menulis. ahak hak hak. btw, sering menulis bukan ukuran buat saya jadi saya menulis hanya ketika ide ada atau ketika ingin mengemas ide yang tiba-tiba terpikirkan (dan selalu sangat bergantung dengan situasi). selain itu, kegiatan saya yang pengangguran ini cukup beragam: menekuni menulis dengan nggak begitu tekun (sampai segala aspek hidup melulu tentang kepenulisan), saya juga bermusik, menggambar, dan tertawa-tawa dengan lingkungan sosial saya (sosmed). meski tiap hari saya hampir selalu di Kemudian, kegiatan-kegiatan tadi membantu saya nggak jenuh dengan menulis. tapi kalau hal lain, ya saya jenuh. semisal: saya jenuh menjadi pengangguran. ahak hak hak. kira-kira begitu saja.
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #4  
Old 04-11-2014, 01:26 AM
Balter's Avatar
Balter Balter is offline
Anak Muda
Join Date: Mar 2014
Posts: 11
Default

kalo bosen gue main game. emang bener, jalan2 ke tempat baru bisa ngasih inspirasi.
Reply With Quote
  #5  
Old 04-11-2014, 11:19 AM
cahya cahya is offline
Anak Muda
Join Date: Mar 2010
Posts: 1
Default

Jenuh menulis yah, klo boleh share biasanya klo lagi jenuh nulis aku diskusi sama temen2 di kemudian ini, bikin tantangan yang seru, seperti tema tertentu, kata kunci tertentu atau interpretasi gambar, supaya memancing ide dan menghilangkan kejenuhan. selain itu kita biasanya diskusi bongkar2 makna puisi (karena ga bs nulis cerita), apa yg tersirat dan apa yg tersurat. gitu siy, xixixixi
salam
cahya
Reply With Quote
  #6  
Old 04-11-2014, 03:21 PM
rifkaazzahra rifkaazzahra is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2013
Location: Yogyakarta
Posts: 14
Default

Quote:
Originally Posted by pecundang jalanan View Post

selain EYD gw juga belum begitu handal dalam pemilihan diksi maklum orang daerah jadi kosa-kata bahasanya masih minim untuk ukuran seorang penulis...
banyak membaca dong kk biar kosakatanya bertambah
__________________
writer's life:
every day is a busy writing day
every day is a busy reading day
every day is a busy researching day
and having fun
Reply With Quote
  #7  
Old 04-11-2014, 03:25 PM
rifkaazzahra rifkaazzahra is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2013
Location: Yogyakarta
Posts: 14
Default

Quote:
Originally Posted by Shinichi View Post
saya cenderung nggak pernah jenuh menulis karena memang jarang menulis. katakanlah relatif dan bukannya bermaksud nyombong atau gimana. tiap bulan, saya pasti menulis, baik puisi maupun cerita. yang mampir aja yang kagak ada. ahak hak hak. dalam arti, menulis yang serius itu menulis yang memang ingin menghasilkan karya. tiap hari menulis, mungkin. saya nggak begitu.

faktor utama yang membuat saya nggak jenuh menulis itu sepertinya karena memang saya nggak sering menulis. ahak hak hak. btw, sering menulis bukan ukuran buat saya jadi saya menulis hanya ketika ide ada atau ketika ingin mengemas ide yang tiba-tiba terpikirkan (dan selalu sangat bergantung dengan situasi). selain itu, kegiatan saya yang pengangguran ini cukup beragam: menekuni menulis dengan nggak begitu tekun (sampai segala aspek hidup melulu tentang kepenulisan), saya juga bermusik, menggambar, dan tertawa-tawa dengan lingkungan sosial saya (sosmed). meski tiap hari saya hampir selalu di Kemudian, kegiatan-kegiatan tadi membantu saya nggak jenuh dengan menulis. tapi kalau hal lain, ya saya jenuh. semisal: saya jenuh menjadi pengangguran. ahak hak hak. kira-kira begitu saja.
jenuh jadi pengangguran? -w-

sudah! kerja dulu sana!
__________________
writer's life:
every day is a busy writing day
every day is a busy reading day
every day is a busy researching day
and having fun
Reply With Quote
  #8  
Old 04-11-2014, 05:58 PM
Shin Elqi Shin Elqi is offline
Anak Muda
Join Date: Jun 2011
Posts: 6
Talking

kalau aku lebih ke arah jenuh membaca dan merevisi...hehehe
hal paling sering yang aku lakukan ketika jenuh menulis adalah mendengarkan musik. Musik bukan sembarang musik, tetapi musik yang energik, membangkitkan semangat...yang paling sering aku dengar akhir-akhir ini adalah BoA Atlantis Princess (promosi-promosi...). Soalnya aku ingin menulis cerita yang rada puitis, tetapi langsung jenuh setelah beberapa kalimat, alih-alih paragraf.
Selain itu, untuk menghilangkan kejenuhan aku membaca, intip-intip kemudian, tertawa dan ngusilin teman FB, makan camilan dan main game RPG. Tapi yang terakhir ini kadang-kadang (ralat : sering kali) keasyikan dan malah tak menulis...DON'T TRY IT AT HOME
Reply With Quote
  #9  
Old 04-11-2014, 10:35 PM
cherryblossoms's Avatar
cherryblossoms cherryblossoms is offline
Anak Muda
Join Date: Jun 2013
Location: depok
Posts: 22
Default

jenuh menulis... kayaknya ngga (karena emang jarang nulis sekarang #plak). dan saat lagi sering nulis ya saat lagi seneng2nya nulis..saat lg banyak ide..jadi ga jenuh jg. menulis justru jadi wadah untuk menghilangkan kejenuhan :3 tapi jujur..sekarang emang lagi jarang banget2 nulis kegiatan menulis sudah seperti dianaktirikan..jadi merasa bersalah -_-"

tapi memang selalu ada saat2 dimana kita (setidaknya untukku) yg cuma ingin membaca..tidak ingin menulis. baca2 novel..cerpen (termasuk mampir2 ke kemudian) menurutku bisa membantu. me-refresh pikiran juga menyadarkan kita akan tujuan ato hal yg kita sukai sejak awal: menulis. pasti pengen dong menghasilkan karya lagi sebagus cerita yg kita baca
__________________
the cherry blossom fall..fluttering down~
and i walk out into the spring. i clutch the dream i promised that spring tightly to my chest ..
the cherry blossom dance ♥
Reply With Quote
  #10  
Old 04-12-2014, 07:31 AM
cnt_69 cnt_69 is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2011
Posts: 95
Default

sampai bulan Februari kemarin, saya masih dalam keadaan jenuh menulis. (bisa dikatakan sampai hari ini sih).
sudah 2 tahun lebih saya mengalami kejenuhan menulis. sebenarnya ingin sekali menulis, tapi entah kenapa pada saat menuangkan isi pikiran dalam tulisan saya merasa tulisan saya sangat tidak layak dipublikasikan. saat itu saya akan menyerah. biasanya memendam dulu ide saya, tapi tidak lama kemudian saya melupakan ide tsb karena tidak bisa memperbaikinya. #sigh
walau sebulan kemarin saya sudah mulai menulis dan akhirnya menelurkan beberapa puisi dengan bantuan cahya (nunjuk orangnya di atas) yang memberi saya PR tantangan, saya masih jenuh sih. kalau tidak dipaksakan saya cenderung memilih untuk tidak menulis, tapi dipaksakan pun saya masih merasa tidak puas dengan tulisan2 saya. -_-
hal yang saya lakukan untuk me-refresh membaca buku sampai jenuh, saking jenuhnya sudah setahun lebih saya hanya membaca novel2 tipis ( itupun banyak yang re-read) plus beberapa komik dari aplikasi HP. sekarang lebih banyak nonton dvd atau internetan. tapi bagi saya, hal tsb tidak pernah menghilangkan kejenuhan menulis. -_-
#wahcurcolsemua #ngumpetdikolong
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 07:35 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.