Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Belajar Menulis
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 08-19-2009, 07:22 PM
addang13's Avatar
addang13 addang13 is offline
Anak Muda
Join Date: Mar 2008
Location: Hotspot Kampus Unhas
Posts: 32
Default naming sense >.<

ada yang bisa ngasih tips cara buat cari nama g???

wa suka bingung cara cari nama yang bagus >.>
Reply With Quote
  #2  
Old 08-19-2009, 09:43 PM
just_hammam's Avatar
just_hammam just_hammam is offline
Kisanak
Join Date: Jul 2008
Location: sementara di Palu
Posts: 877
Send a message via Yahoo to just_hammam
Default

pake nama orang yang ada di sekitar kamu aja...
__________________
dadio migunani tumraping liyan
visit Penerbit Ndok Asin
Reply With Quote
  #3  
Old 08-20-2009, 10:56 AM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

Yap! Setuju. Klo mau lebiy narsis, pakek nama sendiri aja. Penggal hurufna, kreasikan, atau kata Brown, anagramkan.

Tapi usahakan gak terlalu memaksa. Beberapa orang membuat nama karakternya dengan bahasa Inggris, Jepang, dsb, di dalam cerita dengan setting lokal. Terkesan apa gitu, mungkin ingin membuat apa gitu. Walau, beberapa genre cerita, seperti teenlit, saia perhatikan nama-nama mereka lumayan nge"wah". Nama-nama lokal, seperti Budi, Wati, Tono, dan lainnya yang lebih sederhana buat saia lebih natural, ngeklop dengan selera pembaca lokal.

Ato, jangan2 ada hubunganna dengan genre cerita yang dilakoni tokohna? Any idea?
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1


Last edited by Shinichi; 08-20-2009 at 10:59 AM.
Reply With Quote
  #4  
Old 08-20-2009, 06:50 PM
hirokakkuen hirokakkuen is offline
Anak Muda
Join Date: Jul 2008
Posts: 5
Default

Hiro ga pinter ngasih nama xixixixixi jadinya sering muter2 disitu aja, palingan awalnya ngambil dari huruf vokal, aiueo abis itu ngambil dari kamus kamus...kadang kadang nemu kata kata indah dari kamus Indonesia dijadiin nama deh.
Reply With Quote
  #5  
Old 08-20-2009, 07:56 PM
addang13's Avatar
addang13 addang13 is offline
Anak Muda
Join Date: Mar 2008
Location: Hotspot Kampus Unhas
Posts: 32
Default

wogh.,.,., thanx atas sarannya senior ^^
Reply With Quote
  #6  
Old 08-21-2009, 03:54 PM
someonefromthesky's Avatar
someonefromthesky someonefromthesky is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2007
Location: Bandung
Posts: 627
Default

Dulu saya pernah diprotes pembaca karena menggunakan nama-nama tokoh yang terlalu biasa. Bagi mereka, nama itu menggambarkan sifat tokohnya. Saya tidak setuju, nama itu memang menggambarkan latar belakang budaya dan kehidupan si tokoh, tapi tidak berarti mewakili sifatnya. Saya boleh-boleh saja menggunakan nama Hasan untuk seorang pemerkosa anak kecil (meskipun nama Hasan artinya "baik", tapi ayolah, buka mata lihat kenyataan). Dengan merayakan stereotip semacam : Bram sudah pasti laki-laki gagah perkasa, Udin sudah pasti laki-laki sederhana, Jupri sudah pasti lelaki yang humoris, Nabila sudah pasti wanita cantik dan anggun, berarti kita telah terlalu banyak merancang cerita kita, tidak alami lagi jadinya, tidak realistis. Jadi, nama bisa apa saja, tidak ada hubungannya dengan sifat karakter, namun lebih berhubungan dengan latar belakang kehidupannya.
__________________
"Tinta itu hitam, Jenderal."
Reply With Quote
  #7  
Old 08-22-2009, 10:25 AM
dirgita's Avatar
dirgita dirgita is offline
Sesepuh
Join Date: Jan 2008
Posts: 1,466
Default

Setuju sama Kakak Sinichi dan someonefromthesky. Jangan bikin nama karakter yang terlalu "wah" kecuali tujuannya memang untuk cerita "ngaco".

Untuk mencari nama karakter, biasanya aku mulai mencari nama-nama standar. Misalnya, Hamid, Halim, Udin, Dina, dan lain-lain. Nah, jika dirasa nama-nama itu kurang cocok dengan karakter yang dimiliki, aku mencoba mengambil kata sifat/karakteristiknya dan mengubah menjadi nama.

Contoh:
Sistemia, seorang gadis yang bertanggung jawab atas jaringan komputer di sebuah stasiun ruang angkasa. Cocok, ga?
Reply With Quote
  #8  
Old 08-22-2009, 11:29 PM
jayhawkerz's Avatar
jayhawkerz jayhawkerz is offline
Kisanak
Join Date: Nov 2008
Location: jekardda
Posts: 569
Send a message via Yahoo to jayhawkerz
Default

Kalo ayu sih suka ngasih nama dari tokoh-tokoh Jawa. Contoh Satria, tambahin nama wayang Jawa. Jadi Satria Wiwaha. Contoh lagi, Dita, tambahin nama sinden Jawa jadi Dita Prasanti. Nggak tau kenapa, suka banget sama ornamen Jawa!
__________________
"Berbagi waktu dengan alam, kau akan tau siapa dirimu yang sebenarnya. Hakikat Manusia."


About Me ~ Aksara Maya ~ Kemudian ~ Deviantart ~ Twitter ~ Goodreads ~ Rumah Sketsa
Reply With Quote
  #9  
Old 08-23-2009, 06:28 AM
dirgita's Avatar
dirgita dirgita is offline
Sesepuh
Join Date: Jan 2008
Posts: 1,466
Default

Perasaan, itu semua dari bahasa Sanskerta, yach?
Hm..., aku ada sebuah proyek novel. Isinya akan dipenuhi oleh karakter-karakter dengan nama berbau Sanskerta. Jalan ceritanya tentunya mendukung nama-nama itu^^

Yah, sesuai saran dari kakak-kakak di atas. Mau pilih nama yang mana pun boleh-boleh saja, tetapi sesuaikan dengan isi cerita, karakter mereka, dan tujuan cerita. Untuk cerita yang memang sengaja dibikin ngawur, bisa, tuh, pake nama Antonio untuk seorang pemuda lepek yang kerjaannya ngecengin cewek.

Last edited by dirgita; 08-23-2009 at 06:30 AM.
Reply With Quote
  #10  
Old 09-12-2009, 08:07 AM
icchan-chan's Avatar
icchan-chan icchan-chan is offline
Anak Muda
Join Date: Sep 2009
Posts: 46
Default

Quote:
Originally Posted by Shinichi View Post
Yap! Setuju. Klo mau lebiy narsis, pakek nama sendiri aja. Penggal hurufna, kreasikan, atau kata Brown, anagramkan.

Tapi usahakan gak terlalu memaksa. Beberapa orang membuat nama karakternya dengan bahasa Inggris, Jepang, dsb, di dalam cerita dengan setting lokal. Terkesan apa gitu, mungkin ingin membuat apa gitu. Walau, beberapa genre cerita, seperti teenlit, saia perhatikan nama-nama mereka lumayan nge"wah". Nama-nama lokal, seperti Budi, Wati, Tono, dan lainnya yang lebih sederhana buat saia lebih natural, ngeklop dengan selera pembaca lokal.

Ato, jangan2 ada hubunganna dengan genre cerita yang dilakoni tokohna? Any idea?
setuju bgt ma shinichi ... kadang-kadang pas pen bc crita jd down duluan gara-gara liad nama tokohnya ... kaya gimana gitu (semriwing).

tapi kadang bikin nama lokal juga malah tambah ilfill .. lha bingung mamuju (maju mundur jurang). jadinya bikin nama yang nendang sekaligus gak norak gimana ya ... bingung juga.

(*jadi inget jaman-jaman jahiliyah dulu ... bikin tokoh namanya dimensia .. kalo ditanya orang kemampuannya apa, jwb : berkenala dimensi ... tak tak tak drum roll ... garingggggggggggggggggggggg!!!?
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 11:35 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.