Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Belajar Menulis
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 06-21-2012, 01:06 PM
tsukiya_arai's Avatar
tsukiya_arai tsukiya_arai is offline
Anak Muda
Join Date: Oct 2010
Posts: 137
Default bagaimana kamu memperkenalkan tokohmu

saat mengawali sebuah cerita. hal pertama yang kita lakukan adalah memperkenalkan tokoh kita entah menggunakan POV1 ataupun POV3. jika menggunakan POV3 tentunya deskripsi lebih mudah tapi kadang jadi membosankan.

Quote:
ex :
nama gadis itu adalah Yui, meski tubuhnya kecil tapi antusiasmenya dalam liburan ini sangatlah besar. Yui adalah gadis mungil berambut sebahu dengan dua bagian yang dikuncir.
anda bisa membayangkannya tapi jadinya tidak menarik dan cerita tidak terasa berjaln (IMO, btw). akhirnya saya berpikir sedikit dan menemukan cara lain.
Quote:
Ex : Yui menjulurkan kepalanya dari jendela mobil yang ia tumpangi. Rambutnya yang panjang sepunggung berkibar terkena angin. Pantai terlihat lebih indah saat dilihat dari dalam kendaraan. Gadis bertubuh pendek itu berteriak menyerukan kekagumannya.
atau

Quote:
Ex : gadis itu --Yui- menjulurkan kepalanya dari jendela [sisanya ikut contoh di atas ]
apakah kalian punya cara lain memperkenalkan tokoh kalian?

beda lagi dengan POV1. bentuk perkenalan paling membosankan dari POV1 adalah dengan PDnya memperkenalkan diri ke pembaca.
Quote:
Ex : namaku Yui. aku memiliki rambut sepunggung dan tubuh yang mungil.
biasanya saya mengakalinya dengan memasukkan perkenalan ke kejadian.

Quote:
"Yui!!"
aku menoleh saat seseorang memanggilku. ah~ kenapa anak ini ada di sini. setiap dia ada di dekatku aku selalu mendongak untuk melihatnya. duh...kenapa dia ada di sini sih?
"kenapa kau?" anak itu menatapku sambil berjongkok, "maaf, aku tidak bermaksud merendahkanmu, hanya saja..." kalimatnya terputus oleh ledakan tawa, "eh...kenapa rambutmu?"
e? kenapa? aku menyentuh rambutku yang sepunggung dan tidak menemukan apa-apa. aku menatap anak itu marah.
"kau menipuku lagi?"
dan ia meledakkan tawanya.
bagaimana menurut kalian? bagaimana kalian memperkenalkan tokoh kalian dengan POV1 ?
__________________
Tsukiya Arai

also known as
The Gardener Of Le Château de Phantasm


My Profile

My Facebook

My Fake Facebook

My Story
Reply With Quote
  #2  
Old 06-21-2012, 01:28 PM
dansou's Avatar
dansou dansou is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2011
Location: Solo
Posts: 138
Default

Saya enggak pernah memperkenalkan tokoh 'aku' sendiri. Pasti ada orang lain yang memperkenalkan tokoh 'aku' saya. Rasanya aneh aja kalo ada kalimat:
Namaku... Aku....
__________________
Can't you see that I am the one who understands you?

You Belong With Me

Kunjungi cerita saya di sini
Reply With Quote
  #3  
Old 06-21-2012, 01:48 PM
makkie's Avatar
makkie makkie is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2010
Posts: 12
Default

"aku" yang saia tulis,,, pede aja tuh ngenalin diri,,, liat aja di FF2011 ma FF2012 saia...

tapi untuk yang ringan, perkenalan "aku" lebih ke arah implisit (untuk sifat dan sikap) daripada terang2an,,,

untuk fisik,,ya bisa di akali dengan macam,,,bisa saat bercermin, memikirkan apa yang dilihat, dengar oleh lawan bicara "aku"..

ya banyak cara bagi saia,,,

smoga ini tidak membantu
__________________
I Invite You To The Realm of Deva..walk side by side on a long journey, to find the flame of truth, to conquer Erde, and to seek justice
Reply With Quote
  #4  
Old 06-21-2012, 04:05 PM
Ann Raruine's Avatar
Ann Raruine Ann Raruine is offline
Anak Muda
Join Date: Mar 2010
Location: somewhere in the dark
Posts: 89
Default

Quote:
Seorang dari kalian (manusia) menempelkan kelima jarinya di kaca kamarku—aku menyebutnya kamar, sedangkan kalian menyebut aquarium. (Aquarium adalah tempat untuk ikan dan aku tidak mau disamakan dengan ikan.)
Quote:
Aku ini amfibi—menurut bahasa kalian, aku lebih suka di air, terutama air laut, namun aku dipaksa menjalani hidup seperti kalian—di darat. Selama di darat selaput biru-merah-ku yang indah tidak muncul dan kulitku menjadi kering, namun aku bisa tahan selama setengah hari dengan minum banyak.
ahaha, draft ff yg gak diterusin. XD
__________________

Ann is here and her freaking gallery.
Reply With Quote
  #5  
Old 06-21-2012, 04:51 PM
field.cat's Avatar
field.cat field.cat is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2011
Location: Bogor, Indonesia
Posts: 53
Send a message via Yahoo to field.cat
Default

Di FF 2012 saya juga "aku" memperkenalkan diri sendiri... )
__________________
Reply With Quote
  #6  
Old 06-27-2012, 01:12 PM
Shinichi's Avatar
Shinichi Shinichi is offline
Panglima
Join Date: Aug 2007
Location: London, Tokyo, Daneldram
Posts: 2,166
Send a message via Yahoo to Shinichi
Default

ahak hak hak.
memperkenalkan diri sndiri pada POV1 emang najong dah. lucu. hihihi. tapi nggak salah kok. namanya juga kenalan. pede itu indah.
ahak hak hak
__________________
Shinichi bersabda,
marilah kita membaca, menulis dan mengapresiasi di situs kemudian.com,
lalu
Jadilah pembaca yang budiman, penulis yang tekun dan pengkritik yang santun. Peristiwa 1:1

Reply With Quote
  #7  
Old 07-03-2012, 03:13 PM
luna.love's Avatar
luna.love luna.love is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2012
Location: solo
Posts: 69
Default Memperkenalkan tokoh POV 1

Saya lebih suka dengan "aku" kalau beberapa cerpen yang saya tlis menggunakan tokoh lain juga bisa

semua tergantung pada penulisnya
Reply With Quote
  #8  
Old 08-02-2012, 07:55 PM
Popy RiLvia Luchan Popy RiLvia Luchan is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2012
Posts: 31
Default

Apapun hasilnya, itu adalah karyamu yg bernilai sangat tinggi..
Reply With Quote
  #9  
Old 10-31-2014, 08:54 PM
puTrI_keg3lapaN's Avatar
puTrI_keg3lapaN puTrI_keg3lapaN is offline
Anak Muda
Join Date: Feb 2011
Location: Masih betah di Yogyakarta
Posts: 61
Send a message via MSN to puTrI_keg3lapaN Send a message via Yahoo to puTrI_keg3lapaN
Default

Karena saia pencinta PoV 3rd jadi saia lebih sering pake yang pertama sama kedua, kadang si tokoh memperkenalkan diri via percakapan juga sih... Tapi jarang
__________________

"A byssus abyssum incitavit... Kehancuran yang satu membangkitkan kehancuran yang lain."
Reply With Quote
  #10  
Old 01-08-2016, 05:15 PM
nia agustin nia agustin is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2015
Posts: 92
Default

boleh nggak ya kalo aku mau nampilin tokohku dengan sebutan sebut saja melati atau sebut saja bunga











Jual Sofa Jakarta | Layanan SEO Profesional
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 11:30 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.