Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com  

Go Back   Forum Kners adalah forum diskusi tentang kepenulisan. Dibuat untuk media diskusi para member yang bergabung di situs kemudian.com > Artikel > Belajar Menulis
Register Forgot Password

Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 11-04-2014, 08:47 AM
Monox D. I-Fly Monox D. I-Fly is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2011
Posts: 244
Default Tanya Tentang Bahasa Baku

Nah, sekarang aku tanya. Kan aku baca di pedoman penulisan EYD kalau kata sekali dan sekali-kali artinya beda. Di situ disebutkan kalau kata sesekali bermakna sama dengan sekali-sekali, yaitu kadang-kadang, tidak kerap, tidak sering, atau tidak selalu. Selain itu, kata sesekali (sekali-sekali) berarti coba-coba.

Kemudian di bawahnya tertulis bahwa sebaliknya, kata sekali-kali mempunyai arti sama sekali, sedikit pun tidak, atau sedikit pun jangan. Di situ diberikan 2 contoh kalimat:
1. Sekali-kali pemerintah tidak boleh mengecewakan rakyat.
2. Pejabat jangan sekali-kali membohongi masyarakat.

Pada kalimat pertama, jika sekali-kali diartikan sebagai sedikit pun jangan, bukankah arti kalimat 1 menjadi "Sedikit pun jangan pemerintah tidak boleh mengecewakan rakyat.". Berarti pemerintah harus mengecewakan rakyat? Sedangkan pada kalimat kedua, jika sekali-kali diartikan sebagai sedikit pun tidak, arti kalimat 2 akan menjadi "Pejabat jangan sedikit pun tidak membohongi masyarakat.". Berarti pejabat kadang-kadang harus membohongi masyarakat dong? Berarti sebenarnya makna sekali-kali itu apa?
Reply With Quote
  #2  
Old 12-23-2014, 03:01 PM
dones33 dones33 is offline
Anak Muda
Join Date: Dec 2014
Posts: 11
Default

yang nyusun kalimatnya anak masih baru belajar bahasa Indonesia ya? kok kacau banget penyusunan kalimatnya







Rental Plotter HP | Tas Branded Terbaru
Reply With Quote
  #3  
Old 01-12-2015, 08:37 AM
vava44 vava44 is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2015
Posts: 15
Default

Ternyata gw masih harus banyak belajar berbahasa Indonesia yang baik dan benar
Reply With Quote
  #4  
Old 03-11-2015, 10:28 AM
samuel11 samuel11 is offline
Anak Muda
Join Date: Mar 2015
Posts: 5
Default

Gara-gara mempelajari bahasa inggris, jadi lupa EYD bahasa indonesia yang benar
Reply With Quote
  #5  
Old 04-07-2015, 01:50 PM
Monox D. I-Fly Monox D. I-Fly is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2011
Posts: 244
Default

Makanya itu... Padahal itu buku panduan EYD lho...
Reply With Quote
  #6  
Old 04-30-2015, 11:34 PM
macseo macseo is offline
Anak Muda
Join Date: Apr 2015
Posts: 4
Default

Pas baca secara detail, jadi diam sejenak......
bener juga ya, gw jadi pusing sendiri neh....
Reply With Quote
  #7  
Old 06-16-2015, 11:45 PM
Monox D. I-Fly Monox D. I-Fly is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2011
Posts: 244
Default

Berarti itu emang panduannya yang salah ya?
Reply With Quote
  #8  
Old 01-05-2016, 08:39 AM
nia agustin nia agustin is offline
Anak Muda
Join Date: Nov 2015
Posts: 92
Default

coba tanya aja ke guru SD bidang mapel bahasa indonesia aja gan, pasti betul.











Tour Murah Pulau Derawan | [Harga Alat USG jakarta
Reply With Quote
  #9  
Old 07-15-2016, 11:49 AM
Monox D. I-Fly Monox D. I-Fly is offline
Anak Muda
Join Date: Jan 2011
Posts: 244
Default

Quote:
Originally Posted by nia agustin View Post
coba tanya aja ke guru SD bidang mapel bahasa indonesia aja gan, pasti betul.
Saya nggak punya kenalan guru SD mapel bahasa Indonesia...
Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 07:31 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.1
Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.